Bentuk Kandang Unggas Petelur

Posted on

Jika Anda tertarik memelihara ayam petelur di rumah, salah satunya adalah menentukan ukuran kandang yang tepat. Berikut ini adalah beberapa contoh desain dan ukuran kandang ayam petelur yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

1. Ukuran Kandang Ayam Petelur Model 2×2

Ukuran Kandang Ayam Petelur Model 2x2

Ukuran kandang ayam petelur terkecil adalah 2×2 meter. Kandang ini cocok dipakai untuk peternak kecil yang mengawinkan ayam secara tradisional. Pada kandang dengan ukuran ini, peternak biasanya memelihara ayam sebanyak 25 sampai 30 ekor.

2. Kandang Ayam Petelur Model 2,5×3 Meter

Ukuran Kandang Ayam Petelur Model 2,5x3 Meter

Jenis kandang ini memiliki ukuran yang cukup besar dan biasanya digunakan oleh peternak yang ingin memulai bisnis ayam petelur dalam jumlah yang lebih besar. Ukuran kandang ayam petelur ini biasa digunakan untuk memelihara ayam dalam jumlah 80 hingga 100 ekor.

3. Kandang Ayam Petelur Model 3×6 Meter

Ukuran Kandang Ayam Petelur Model 3x6 Meter

Ukuran kandang ayam petelur model 3×6 meter cocok untuk Anda yang ingin membuka bisnis yang lebih besar. Pada kandang dengan ukuran ini, biasanya peternak akan memelihara ayam hingga 200 ekor.

4. Kandang Ayam Petelur Model 4×8 Meter

Ukuran Kandang Ayam Petelur Model 4x8 Meter

Kandang ayam petelur dengan ukuran 4×8 meter digunakan oleh peternak dalam pemeliharaan ayam petelur dalam jumlah yang lebih banyak. Jumlah ayam yang dapat ditempatkan pada kandang ini antara 300-400 ekor.

5. Kandang Ayam Petelur dengan Ukuran yang Fleksibel

Selain kandang ayam petelur dengan ukuran khusus, ada juga kandang dengan ukuran yang lebih fleksibel. Anda dapat menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah ayam yang akan dipelihara. Kandang ini sering disebut juga kandang modular yang dipasarkan oleh sejumlah produsen peternakan.

Baca juga  Kandang Ayam Potong Sederhana

Kesimpulannya, memilih ukuran kandang ayam petelur harus mempertimbangkan jumlah ayam yang akan dipelihara. Pastikan kandang memiliki ukuran yang cukup untuk merawat setiap ayam dengan nyaman. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha ayam petelur di rumah.

Temukan postingan lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *