Ayam Lintang

Posted on

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang biasa diolah menjadi berbagai macam hidangan enak dan lezat. Berbicara mengenai ayam, ada banyak sekali jenis ayam yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan membahas tentang 30+ jenis ayam populer beserta gambarnya. Yuk, simak artikel berikut ini!

Ayam Kampung

Ayam Kampung

Ayam kampung atau yang biasa disebut juga ayam buras merupakan jenis ayam yang hidup di lingkungan pedesaan. Ayam kampung memiliki daging yang lebih kenyal dan rasanya lebih gurih jika dibandingkan dengan ayam broiler. Ayam kampung sering diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat seperti ayam goreng, ayam bakar, dan masih banyak lagi.

Ayam Broiler

Ayam Broiler

Ayam broiler atau ayam petelur adalah jenis ayam yang biasanya dikembangkan dalam jumlah yang sangat banyak untuk memenuhi permintaan pasar. Daging ayam broiler cenderung lebih empuk dan dagingnya lebih tipis jika dibandingkan dengan ayam kampung. Karena dagingnya yang empuk, ayam broiler sering digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan ayam geprek, ayam goreng, dan lain sebagainya.

Ayam Bangkok

Ayam Bangkok

Ayam bangkok atau ayam aduan adalah jenis ayam yang biasanya dipelihara untuk dijadikan sebagai ayam aduan dalam ajang adu ayam. Ayam bangkok memiliki karakteristik yang unik dari segi bentuk tubuhnya, yaitu memiliki tulang punggung dan tunggir yang panjang dan kokoh. Namun, sayangnya memelihara ayam bangkok sebagai ayam aduan masih dianggap sebagai tindakan yang tidak etis.

Ayam Serama

Ayam Serama

Ayam serama merupakan jenis ayam khas dari Malaysia yang memiliki ukuran tubuh kecil namun memiliki beberapa keunikan, di antaranya adalah memiliki bulu yang tebal dan halus dan gerakan yang gesit dan lincah. Ayam serama umumnya dipelihara sebagai hewan peliharaan atau untuk diikutkan dalam lomba kecantikan ayam.

Baca juga  Resep Nasi Goreng Sederhana Tanpa Telur

Ayam Cemani

Ayam Cemani

Ayam cemani merupakan jenis ayam asli Indonesia yang memiliki ciri khas berupa bulu dan daging yang berwarna hitam. Ayam cemani sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai produk olahan makanan yang unik dan menarik.

Ayam Kalkun

Ayam Kalkun

Ayam kalkun atau turkey adalah jenis ayam yang berasal dari Amerika Utara. Daging ayam kalkun memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang sangat gurih. Ayam kalkun sering diolah menjadi hidangan spesial pada saat perayaan-perayaan tertentu seperti Natal atau Thanksgiving.

Ayam Burung-Dara

Ayam Burung-Dara

Ayam burung-dara atau pigeon adalah jenis ayam yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai produk olahan makanan yang unik dan menarik. Daging ayam burung-dara biasanya memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang gurih.

Ayam Hutan

Ayam Hutan

Ayam hutan atau junglefowl adalah jenis ayam asli Indonesia yang hidup di hutan-hutan tropis. Daging ayam hutan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan rasanya lebih gurih. Namun, karena jarang ditemukan, harga daging ayam hutan cenderung lebih mahal.

Ayam Pelung

Ayam Pelung

Ayam pelung merupakan jenis ayam khas dari Indonesia yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Ayam pelung memiliki karakteristik yang unik dari segi suaranya yang merdu dan terus-menerus. Ayam pelung sering dipelihara untuk diikutsertakan dalam lomba keindahan suara ayam.

Ayam Kedu

Ayam Kedu

Ayam kedu atau ayam bekisar adalah jenis ayam asli dari Indonesia yang hidup di pulau Jawa. Ayam kedu memiliki daging dan telur yang sangat lezat. Ayam kedu biasanya dibudidayakan di daerah Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Kedu.

Ayam Aseel

Ayam Aseel

Ayam aseel atau asil adalah jenis ayam aduan asli dari India yang memiliki tubuh yang kekar dan kokoh. Ayam aseel sering dijadikan sebagai ayam aduan dalam ajang adu ayam atau sebagai hewan peliharaan.

Baca juga  Kebab Ayam Crispy

Ayam Hias

Ayam Hias

Ayam hias adalah jenis ayam yang dipelihara karena memiliki bulu-bulu yang indah dan banyak variasi warna dan bentuknya. Ayam hias sering dikembangbiakkan untuk menghasilkan jenis-jenis ayam hias yang baru. Ayam hias juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai koleksi.

Ayam Croad Langshan

Ayam Croad Langshan

Ayam croad langshan adalah salah satu jenis ayam yang berasal dari China. Ayam croad langshan memiliki ukuran tubuh yang besar dan kokoh. Ayam croad langshan sering dipelihara sebagai hewan peliharaan atau digunakan sebagai produk olahan makanan yang unik.

Ayam Rhode Island Red

Ayam Rhode Island Red

Ayam rhode island red adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Rhode Island, Amerika Serikat. Ayam rhode island red memiliki bulu berwarna merah kecoklatan dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Australorp

Ayam Australorp

Ayam australorp adalah jenis ayam petelur asal Australia. Ayam australorp memiliki daging yang lembut dan rasanya yang sangat gurih. Selain itu, ayam australorp juga terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Leghorn

Ayam Leghorn

Ayam leghorn adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Italia. Ayam leghorn memiliki bulu berwarna putih dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang besar dan berkualitas baik.

Ayam Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock

Ayam plymouth rock adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam plymouth rock memiliki bulu yang indah dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Sussex

Ayam Sussex

Ayam sussex adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Inggris. Ayam sussex memiliki daging yang sangat lezat dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Ameraucana

Ayam Ameraucana

Ayam ameraucana adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam ameraucana memiliki telur yang berwarna biru atau hijau, yang membuatnya menjadi salah satu jenis ayam petelur yang paling unik.

Baca juga  Agar Pakan Ayam Tidak Tercecer

Ayam Jersey Giant

Ayam Jersey Giant

Ayam jersey giant adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam jersey giant mempunyai ukuran tubuh yang besar dan biasanya dipelihara sebagai ayam petelur atau sebagai hewan peliharaan.

Ayam Orpington

Ayam Orpington

Ayam orpington adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Inggris. Ayam orpington memiliki bulu yang indah dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Brahma

Ayam Brahma

Ayam brahma adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam brahma mempunyai ukuran tubuh yang besar dan biasanya dipelihara sebagai ayam petelur atau sebagai hewan peliharaan.

Ayam Wyandotte

Ayam Wyandotte

Ayam wyandotte adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam wyandotte memiliki bulu yang indah dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Marans

Ayam Marans

Ayam marans adalah jenis ayam petelur yang berasal dari Prancis. Ayam marans mempunyai daging dan telur yang sangat lezat. Ayam marans sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai produk olahan makanan yang unik.

Ayam Cochin

Ayam Cochin

Ayam cochin adalah jenis ayam petelur yang berasal dari China. Ayam cochin mempunyai bulu yang sangat indah dan terkenal akan kemampuannya dalam menghasilkan telur yang berkualitas baik.

Ayam Sultan

Ayam Sultan

Ayam sultan adalah jenis ayam hias yang berasal dari Turki. Ayam sultan mempunyai bulu-bulu yang indah dan elegan sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai koleksi.

Ayam Poland

Ayam Poland

Ayam poland adalah jenis ayam hias yang berasal dari Polandia. Ayam poland mempunyai bulu yang indah dan elegan sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai koleksi.

Ayam Silkie

Ayam Silkie

Ayam silkie adalah jenis ayam hias yang berasal dari Asia Timur. Ayam silkie mempunyai bulu yang halus dan terkesan seperti bulu-bulu sutra sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai koleksi.

Itulah 30+ jenis ayam populer beserta gambarnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu mengenai dunia ayam.

Simak artikel lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *