Ayam Lado Mudo

Posted on

Serba salah deh kalau udah dateng ke rumah temen dan dia nawarin makanan yang ga kita kenal. Tapi tenang aja, ada resep kok buat yang belum pernah coba Ayam Lado Mudo ini.

Gambar Resep Ayam Lado Mudo

foto resep Ayam Lado Mudo

Gimana nih? Keliatan enak banget kan? Gak perlu khawatir kalau masih gaptek masak, resep ini simple kok! Yuk, langsung aja disimak.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam, potong sesuai selera
  • 5 buah cabai merah besar, iris tipis
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 buah tomat besar, potong kotak atau dadu
  • 100 ml air
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Aceh seasoning (bisa dibeli di toko bahan masakan)
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak Ayam Lado Mudo

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan bawang putih dan bawang merah. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan cabai merah dan rawit, aduk hingga merata.
  4. Masukkan daun salam dan serai yang telah dimemarkan.
  5. Tambahkan air, garam, gula pasir, dan Aceh seasoning secukupnya. Aduk rata.
  6. Masukkan tomat yang telah dipotong kotak atau dadu, aduk sebentar, lalu tutup wajan.
  7. Masak hingga bumbu meresap dan ayam matang sempurna.
  8. Sajikan Ayam Lado Mudo dengan nasi putih dan sayur favorit.

Nah, gampang banget kan? Cara pembuatannya simpel tapi rasa dari Ayam Lado Mudo ini tidak bisa diragukan lagi. Makan langsung bersama keluarga atau teman tentunya akan menjadi pengalaman yang berbeda.

Baca juga  Bumbu Tabur Ayam Bawang

Mengenal Ayam Lado Mudo

Ayam Lado Mudo merupakan masakan khas Aceh, bahkan sudah terkenal hingga ke luar daerah, loh. Rasa pedas dari cabai yang digunakan diimbangi dengan aroma rempah yang cukup kuat. Biasanya, Ayam Lado Mudo disajikan bersama nasi putih dan sayur favorit, seperti lalapan atau capcai. Buat yang belum pernah mencoba, cobain yuk!

Catatan Tambahan

Bila tidak menyukai rasa pedas, bisa mengurangi jumlah atau tidak menggunakan cabai rawit. Namun tetap menggunakan cabai merah sebagai bahan utama penyedap. Nutrisi dari Ayam Lado Mudo juga tidak kalah bagus lho, sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Selamat mencoba dan berkreasi dengan masakanmu sendiri!

Simak tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *