Anatomi Ayam

Posted on

Sahabat Pet Lovers,

Kali ini DOKTER HEWAN ingin membahas mengenai anatomi ayam. Di dalam tubuh ayam terdapat berbagai macam jenis tulang yang memiliki fungsi masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami anatomi ayam agar dapat merawat ayam dengan lebih baik.

Tulang Belakang

Anatomi Ayam

Tulang belakang pada ayam terdiri dari beberapa vertebrae yang berjumlah sekitar 20-23. Fungsinya adalah sebagai penyangga tubuh dan tempat melekatnya tulang rusuk serta leher ayam.

Tulang Kepala

Anatomi Ayam

Tulang kepala ayam memiliki beberapa bagian, antara lain piala otak, paruh, dan orbita (tempat mata berada). Piala otak berfungsi sebagai pelindung otak dan sistem saraf pusat ayam. Sedangkan paruh dan orbita berfungsi sebagai sarana untuk mencari makanan dan melihat lingkungan sekitar.

Tulang Sayap

Anatomi Ayam

Tulang sayap ayam terdiri dari beberapa bagian, antara lain humerus, radius, dan ulna. Fungsinya adalah sebagai alat bantu terbang serta alat pertahanan dari bahaya yang datang.

Tulang Kaki

Anatomi Ayam

Tulang kaki ayam terdiri dari beberapa bagian, antara lain femur, tibia, dan fibula. Fungsinya adalah sebagai alat bantu berjalan serta menopang tubuh ayam.

Itulah beberapa bagian dari anatomi ayam yang perlu kita ketahui. Dalam merawat ayam, kita harus memperhatikan posisi dan kesehatan tulang-tulang tersebut. Jangan sampai tulang ayam patah atau terkilir karena akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan produksi telur ayam.

Bagaimana sahabat Pet Lovers? Apakah Anda sudah memperhatikan anatomi ayam dengan tepat? Mari kita jaga kesehatan ayam dengan merawat mereka dengan baik dan benar.

Baca artikel lainnya seputar Ayam

Baca juga  Ayam Bangkok Sering Jatuh Saat Di Adu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *