Ukuran Meja Makan Minimalis

Posted on

Saat ini, meja makan minimalis semakin populer di masyarakat. Meja makan ini memiliki desain yang simpel dan elegan, sehingga cocok untuk berbagai jenis interior. Namun, sebelum membeli meja makan minimalis, kita perlu tahu seperti apa ukuran yang ideal, jenis-jenisnya, dan juga manfaatnya. Artikel ini akan membahas secara detail tentang meja makan minimalis.

Meja Makan Minimalis Beserta Tinggi Dan Lebarnya Yang Ideal

Ukuran meja makan minimalis bervariasi tergantung pada jumlah kursi yang akan digunakan. Berikut ini adalah ukuran yang direkomendasikan untuk meja makan minimalis berdasarkan jumlah kursi:

  • 2 kursi: 60 cm x 100 cm
  • 4 kursi: 80 cm x 120 cm
  • 6 kursi: 90 cm x 150 cm
  • 8 kursi: 100 cm x 200 cm

Ukuran tersebut merupakan ukuran minimum dan dapat diperbesar sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada juga hal penting yang perlu diperhatikan yaitu tinggi dan lebar meja makan.

Tinggi meja makan minimalis ideal adalah antara 75-80 cm. Hal ini sesuai dengan tinggi kursi meja makan yang umumnya antara 42-45 cm. Sedangkan lebar meja makan minimalis ideal adalah antara 90-100 cm. Hal ini memberikan ruang yang cukup bagi masing-masing orang saat makan.

Ukuran Meja Makan Minimalis Beserta Tinggi Dan Lebarnya Yang Ideal

Jadi, pastikan anda mempertimbangkan faktor-faktor tersebut saat memilih meja makan minimalis yang paling ideal untuk rumah anda.

Meja Makan Minimalis Beserta Tinggi Dan Lebarnya Yang Ideal

Meja makan minimalis tersedia dalam berbagai jenis, tergantung pada desain dan bahan yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis meja makan minimalis yang perlu diketahui:

Baca juga  Meja Makan Putar Kaca
  • Meja makan minimalis kayu
  • Meja makan minimalis besi
  • Meja makan minimalis marmer
  • Meja makan minimalis kaca

Meja makan minimalis kayu adalah jenis meja makan yang paling umum digunakan. Meja makan berbahan dasar kayu memberikan kesan hangat serta elegan sehingga cocok untuk segala tipe ruangan. Kayu memiliki berbagai jenis, seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu trembesi, dan masih banyak lagi. Kayu jati adalah bahan yang paling populer karena tahan lama dan kuat serta tampilannya yang eksotis.

Meja makan minimalis extension lipat 200 cm - 250cm kayu jati

Selain kayu, meja makan minimalis juga tersedia dalam bahan besi. Meja makan ini memiliki tampilan modern dan minimalis yang cocok untuk interior yang lebih urban. Meja makan besi biasanya memiliki warna hitam atau putih dan dapat dilengkapi dengan kaca sebagai penutupnya. Meja makan minimalis besi mudah dibersihkan dan tahan lama.

Meja makan minimalis marmer memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Namun, meja makan berbahan dasar marmer memerlukan perawatan khusus karena mudah rusak. Namun, jika dijaga dengan baik, meja makan marmer bisa bertahan lama dan menjadi investasi yang tepat.

Meja makan minimalis - - Gandis Furniture Jepara

Terakhir, meja makan minimalis kaca menghasilkan tampilan yang modern dan menjadikan ruangan terlihat lebih luas. Meja makan kaca biasanya dilengkapi dengan bingkai logam atau kayu agar lebih kokoh. Namun, meja makan kaca tidak cocok jika anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.

Cara Pemeliharaan Meja Makan Minimalis

Setiap jenis meja makan minimalis memerlukan perawatan yang berbeda-beda agar tetap tahan lama dan terlihat seperti baru. Berikut ini adalah beberapa tips pemeliharaan meja makan minimalis:

  • Cuci meja makan dengan air dan sabun ringan setiap kali selesai digunakan.
  • Avoid menghentakkan barang berat pada meja makan untuk menghindari goresan.
  • Lakukan polish secara berkala untuk meja makan kayu agar tampilannya tetap terjaga.
  • Hindari terpapar sinar matahari langsung untuk meja makan berbahan dasar marmer agar tidak mudah rusak.
Baca juga  Meja Makan Sekaligus Lemari

Keuntungan Meja Makan Minimalis

Meja makan minimalis memiliki banyak keuntungan dibandingkan meja makan konvensional. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan meja makan minimalis:

  • Desain simpel dan elegan yang cocok untuk segala tipe ruangan.
  • Memakan ruang yang lebih sedikit, sehingga lebih cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas.
  • Memudahkan dalam membersihkan meja makan.
  • Berbagai pilihan desain dan bahan.
  • Harga yang lebih terjangkau dibanding meja makan konvensional.

Manfaat Meja Makan Minimalis

Tidak hanya memberikan keuntungan dalam hal desain dan penggunaan ruang, meja makan minimalis juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kehidupan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan meja makan minimalis:

  • Membantu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
  • Membantu meningkatkan kualitas waktu bersosialisasi keluarga karena tidak ada kehadiran elektronik.
  • Membantu meningkatkan kesadaran akan pola makan sehat dan seimbang, karena menegaskan pentingnya saat makan dengan santai dan tertib.
  • Meningkatkan kualitas lingkungan rumah karena mendukung keharmonisan antaranggota keluarga untuk berinteraksi dan melakukan berbagai aktivitas karena adanya meja makan.

Begitulah, meja makan minimalis memiliki berbagai keuntungan dan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kehidupan kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *