Sayur Ayam Kuning

Posted on

Siapa yang tidak pernah merasakan aneka masakan sayur yang enak dari nusantara? Salah satu masakan sayur yang enak adalah sayur acar kuning. Selain rasanya yang nikmat, sayur acar kuning juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran jika sayur ini disebut makanan bergizi yang bisa menjaga imunitas tubuh agar tetap baik.

Mari Mencoba Resep Sayur Acar Kuning

Sayur Acar Kuning

Sayur acar kuning bisa menjadi menu andalan bagi yang ingin makan sayur yang lebih segar dan sehat. Berikut adalah resep sayur acar kuning yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

Bahan-bahan:

  • 1 bonggol kol/kubis, iris tipis
  • 2 buah wortel, iris korek api
  • 2 buah mentimun, buang bijinya dan iris korek api
  • 100 gram ekor udang, kupas
  • 4 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 gelas air
  • 1 buah kelapa muda, ambil dagingnya
  • 3 lembar daun salam

Bumbu yang perlu dihaluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 1 ruas jari kunyit, kupas dan iris tipis
  • 1 ruas jari jahe, kupas dan iris tipis
  • 3 batang sereh, ambil bagian putihnya dan iris tipis
  • 5 buah cabai

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan, bersama dengan daun salam hingga harum.
  2. Tambahkan air, aduk rata dan didihkan.
  3. Tambahkan kol, wortel, mentimun dan udang, aduk rata dan tutup panci. Masak dengan api kecil hingga air mengering dan sayuran menjadi layu.
  4. Setelah air mengering, tambahkan gula merah, air jeruk nipis, dan kecap manis. Aduk rata.
  5. Tambahkan kelapa muda dan bawang merah goreng secukupnya, aduk rata dan angkat.
Baca juga  Modal Usaha Mie Ayam

Setelah sayur acar kuning siap, Anda bisa menyantapnya dengan selera Anda. Sayur acar kuning ini pastinya akan membuat Anda ketagihan dan ingin makan lagi. Dan yang pasti, karbohidrat yang terkandung di dalam sayur akan memberikan energi bagi tubuh.

Manfaat Sayur Acar Kuning

Kelebihan dari sayur acar kuning salah satunya adalah kandungan serat yang sangat tinggi, yang membuat pencernaan Anda lebih sehat dan lebih lancar, sehingga bisa menciptakan keseimbangan antara asupan makanan dan kebutuhan tubuh. Selain itu, sayur acar kuning juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, dan mineral seperti kalsium dan besi.

Vitamin A dalam sayur acar kuning dapat membantu menjaga kesehatan mata, mengatasi infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam sayur acar kuning sangat penting untuk menjaga kesehatan konsuspiensi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin K dalam sayur acar kuning dapat membantu membentuk dan memperbaiki tulang dan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat dalam tubuh, sayur acar kuning juga mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh untuk membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Mengkonsumsi sayur acar kuning secara rutin di dalam makanan Anda akan membantu menambah pasokan serat dalam tubuh dan mengurangi kadar kolesterol yang tinggi, sehingga bisa meminimalisasi risiko terkena penyakit jantung.

Terlepas dari manfaat kesehatan fisik yang ditawarkan oleh sayur acar kuning, ada juga manfaat psikologi yang bisa Anda dapatkan dengan menyantap makanan ini. Rasa nikmat dan segar dari sayur acar kuning dapat meningkatkan mood positif Anda dan membuat Anda merasa senang dan bahagia.

Menjadikan Sayur Acar Kuning sebagai Pilihan Makan Sehat

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang lebih memilih makanan cepat saji dengan bahan-bahan yang tidak sehat, daripada makanan tradisional yang mengandung nutrisi seperti sayur acar kuning. Padahal menjadikan sayur sebagai bagian dalam pola makan secara teratur justru dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya pada tubuh Anda.

Baca juga  Ayam Kambing Dan Sapi Dihasilkan Dari

Meskipun sulit untuk mengubah kebiasaan makan yang sudah ada, namun mengganti makanan cepat saji dengan makanan tradisional yang bergizi seperti sayur acar kuning tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Cukup dengan memasukkan sayur acar kuning ke dalam menu makanan Anda, maka Anda sudah bisa merasakan manfaat positif dari sayur ini.

Sayur acar kuning bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin makan makanan bergizi yang bisa menjaga imunitas tubuh agar tetap baik. Agar hasilnya optimal, pastikan untuk memasukkan sayur acar kuning ke dalam menu makanan sehari-hari Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang berbahaya.

Simak postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *