Sate Ayam Madura H Umar

Posted on

Selamat datang di ResepKoki! Kali ini kami punya resep spesial dari Pulau Madura, yaitu Sate Ayam Madura. Siapa yang tak kenal dengan sate ayam Madura yang khas dengan bumbu kacangnya yang gurih dan pedas?

Bahan-bahan:

sate ayam madura

1 kg daging ayam fillet

20 tusuk sate

Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

5 butir kemiri

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

1 sdt ketumbar

1 sdt garam

Bahan sambal kacang:

200 gram kacang tanah

3 siung bawang merah, dicincang halus

3 siung bawang putih, dicincang halus

10 buah cabai merah keriting, dihaluskan

2 1/2 sdt gula merah

2 1/2 sdt garam

1 1/2 sdm air asam jawa

300 ml air

Langkah pertama, siapkan bahan-bahan dan haluskan bumbu. Setelah itu, potong daging ayam menjadi ukuran kecil dan tajamkan tusuk sate ke dalam daging ayam. Siapkan wajan dan goreng bumbu halus sampai matang menggunakan minyak goreng. Setelah itu, angkat dan campurkan bumbu dengan daging ayam. Tunggu kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap. Jangan lupa, celupkan tusuk sate ke dalam air sebelum menusukkan daging ayam ke tusuk sate agar sate tidak mudah gosong saat dipanggang.

Setelah satu jam, siapkan bara api dan panggang sate di atas bara api. Agar lebih mudah, panggang sate pada jarak yang cukup jauh agar tidak gosong dan setiap beberapa menit, bolak-balik sate agar sate matang merata. Setelah matang, sate siap disajikan bersama sambal kacang.

Untuk membuat sambal kacangnya, pertama siapkan bahan-bahannya. Siapkan wajan dan masak kacang tanah, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting dengan api kecil. Setelah itu, angkat dan tumbuk dengan cobek atau blender hingga halus. Campurkan air, gula merah dan garam, serta air asam jawa ke dalam tumisan kacang lalu masak dengan api kecil sampai matang.

Baca juga  Keranjang Ayam Motor

Itulah resep sate ayam Madura khas yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak, kamu juga bisa membuatnya dengan mudah dan praktis! Jangan lupa, sajikan juga sambal kacang pedas dan gurih sebagai pelengkap sate ayam Madura ini. Selamat mencoba!

Simak tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *