Perbedaan Wortel Buah Dan Wortel Sayur

Posted on

Berdasarkan gambar diatas, kita dapat melihat beberapa jenis sayuran yang memiliki akar yang berbeda-beda. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang akar pada tumbuhan.

Akar pada tumbuhan merupakan salah satu organ penting yang terdapat pada bagian bawah tumbuhan. Fungsinya adalah untuk menyerap air dan mineral dari tanah, serta berfungsi sebagai penyokong tumbuhan itu sendiri. Bentuk akar pada setiap tumbuhan bisa berbeda-beda, bergantung pada jenisnya. Ada beberapa jenis akar pada tumbuhan yaitu akar tunggang, akar serabut, dan akar cabang.

Akar Tunggang

akar tunggang

Jenis akar pertama adalah akar tunggang. Sesuai dengan namanya, akar ini adalah akar utama pada tumbuhan. Akar tunggang terletak lurus ke bawah langsung dari batang tumbuhan. Pada akar tunggang ini banyak cabang akar yang berasal dari akar utama tersebut. Akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan yang tingginya lebih dari dua meter seperti pohon, jagung, kacang hijau dan kapas.

Akar Serabut

akar serabut

Jenis akar kedua adalah akar serabut. Akar serabut pada tumbuhan ini berbentuk menyerupai rambut yang tersebar di tanah. Akar serabut biasa dimiliki oleh tumbuhan seperti padi, paku dan sebagainya. Fungsi akar serabut pada tumbuhan yaitu dapat menjaga agar tanah tetap lembab, karena akar serabut mampu menyerap air dengan baik. Selain itu, akar serabut juga dapat berfungsi sebagai penyokong tumbuhan, agar tumbuhan tetap kokoh dan tidak bergoyang.

Akar Cabang

akar cabang

Seperti namanya, akar cabang merupakan tipe akar yang terdapat pada cabang tumbuhan. Bentuk akar ini adalah kecil dan letaknya berdekatan dengan permukaan tanah. Akar cabang berfungsi sebagai penyerap air dan mineral yang terdapat di permukaan tanah. Tumbuhan yang memiliki akar cabang diantaranya adalah jagung dan terong.

Baca juga  Manfaat Tomat Untuk Rambut

Demikianlah penjelasan tentang bentuk akar pada beberapa jenis sayuran. Dengan mengetahui masing-masing jenis akar tumbuhan, maka kita dapat lebih memahami juga tentang fungsinya dalam bisa menumbuhkan sayuran.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *