Nama Ilmiah Buncis

Posted on

Siapa di antara kita yang tidak menyukai masakan sayur? Bagaimana dengan sayur buncis, apakah kamu juga menyukainya? Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, buncis juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Yuk, mari kita pelajari lebih lanjut mengenai buncis!

Buncis : Pengertian dan Jenis

Buncis atau dalam bahasa Latin disebut Phaseolus vulgaris L. merupakan jenis sayuran yang berasal dari keluarga kacang-kacangan. Buncis memiliki ciri khas berbentuk silinder dan mirip dengan kacang panjang.

Ada beberapa jenis buncis yang biasa kita temukan di pasaran diantaranya adalah:

  1. Buncis hijau
  2. Buncis kenari
  3. Buncis merah
  4. Buncis jepang
  5. Buncis polong

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang enak, buncis ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa manfaat buncis yang patut kamu ketahui:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
  2. Buncis mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

  3. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal
  4. Kandungan serat dalam buncis juga bisa membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu, buncis juga kaya akan vitamin B kompleks dan asam folat yang baik untuk kesehatan sel-sel tubuh.

  5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  6. Kandungan serat yang terdapat dalam buncis berfungsi untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat akan membantu mengikat air dan membuat tinja terbentuk menjadi lebih empuk, sehingga efeknya bisa mencegah sembelit dan wasir.

  7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  8. Buncis juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh dan berpotensi menyebabkan terjadinya inflamasi dan berbagai penyakit berbahaya.

Hidroponik Buncis

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, budidaya buncis juga semakin modern. Salah satu contoh budidaya modern adalah dengan menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan teknik penanaman tanaman dengan cara menggunakan air sebagai media tanam.

Budidaya hidroponik buncis memerlukan perangkat khusus yang terdiri dari tangki air, sistem pengairan, pemberian pupuk secara berkala, dan lampu LED sebagai pengganti sinar matahari. Meskipun terdengar sulit, budidaya hidroponik buncis mempunyai kelebihan dalam hal efisiensi air, rendahnya penggunaan pupuk dan tidak banyak memakan tempat.

Harga Buncis

Buncis memiliki harga yang bervariasi tergantung jenis buncis dan musim tanam. Harga buncis hijau berkisar antara Rp. 5.000,00 – Rp. 8.000,00 per kilogram. Sedangkan harga buncis jepang berkisar antara Rp. 20.000,00 – Rp. 25.000,00 per kilogram.

Resep Masakan Buncis

Buat kamu yang ingin mencoba membuat masakan buncis di rumah, berikut adalah salah satu resep yang bisa kamu coba.

Capcay Buncis Kuah

Bahan:

  • 250 gram buncis
  • 3 butir bawang merah
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 tangkai sawi hijau
  • 1 buah wortel potong serong
  • 1 buah jamur tiram iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 liter kaldu ayam
  • 1 sdt tepung maizena, Larutkan dengan air

Cara Memasak:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.
  2. Tumis bawang merah hingga harum. Tambahkan wortel dan jamur tiram, tumis hingga layu.
  3. Masukkan buncis dan sawi hijau. Aduk rata.
  4. Tambahkan kaldu ayam dan bumbu lainnya. Aduk rata.
  5. Jika kuah mulai mendidih dan bumbu meresap, masukkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan kuah.
  6. Campurkan semua bahan dalam satu wadah. Capcay Buncis Kuah siap disajikan.

Kesimpulan

Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, buncis juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, membantu menjaga berat badan ideal, meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buncis juga bisa dibudidayakan dengan metode hidroponik. Ada berbagai jenis buncis yang bisa kamu temukan di pasaran, dan mereka semua bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak. Jadi, ayo konsumsi buncis untuk menjaga kesehatan tubuhmu!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Baca juga  Cara Menanam Kangkung Dan Bayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *