Manfaat Bawang Putih Untuk Perkutut

Posted on

Sudah banyak yang mengenal manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh. Namun, masih jarang yang tahu bahwa bawang putih juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan telinga.

Bawang putih dapat membantu mengobati infeksi telinga

Manfaat Bawang Putih untuk Telinga

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu melawan bakteri dan virus penyebab infeksi telinga. Caranya adalah dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih, lalu memerasnya untuk menghasilkan ekstrak bawang putih.

Setelah itu, teteskan ekstrak bawang putih pada telinga yang sakit. Diamkan beberapa menit sebelum membersihkan sisa ekstrak bawang putih dengan kapas atau tisu yang bersih.

Bawang putih dapat membantu membersihkan telinga dari kotoran

Bawang Putih Bawang Merah

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab kotoran di telinga. Cara menggunakan bawang putih untuk membersihkan telinga adalah dengan menyiapkan satu atau dua siung bawang putih yang sudah diparut atau dihaluskan.

Lalu teteskan beberapa tetes jus bawang putih yang sudah diambil dari hasil parutan atau perasan pada daun telinga yang kotor. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan kotoran yang keluar dengan kapas atau tisu yang bersih.

Perlu diingat

Goggles

Sebelum melakukan pengobatan dengan bawang putih, pastikan bahwa tidak ada luka atau peradangan pada daun telinga. Konsultasikan juga terlebih dahulu dengan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi atau masalah pada telinga.

Untuk membersihkan kotoran di telinga, usahakan untuk tidak menggunakan cotton bud atau benda tajam lainnya yang dapat merusak daun telinga atau memendorong kotoran ke dalam telinga yang justru akan memperparah masalah.

Baca juga  Manfaat Makan Bawang Merah Goreng

Terakhir, pakailah goggles atau kacamata pelindung saat menghancurkan bawang putih untuk menghindari iritasi pada mata.

Dengan cara-cara yang tepat dan aman, bawang putih dapat memberikan manfaat untuk kesehatan telinga Anda. Namun, jika keluhan Anda berlangsung lama atau semakin parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Simak tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *