Litter Kandang Ayam

Posted on

Apakah Anda penggemar ayam bangkok? Jika ya, maka tentu saja Anda harus mempertimbangkan kandang ayam bangkok yang tepat untuk memastikan kesehatan dan produktivitas ayam bangkok Anda. Salah satu sistem kandang yang dapat dipertimbangkan adalah sistem litter.

Kandang Ayam Bangkok Sistem Litter

Kandang ayam bangkok sistem litter

Sistem litter adalah sistem kandang dengan lantai yang terbuka dan dilengkapi dengan bahan selubung (litter) seperti serbuk gergaji, kotoran jerami, atau bahan alami lainnya sebagai alas untuk ayam berkembang biak. Sistem ini memungkinkan ayam bangkok untuk berjalan bebas di dalam kandang dan dapat melakukan aktivitas yang lebih alami seperti penggalian tanah dan mencari makanan.

Salah satu keuntungan utama dari sistem kandang litter adalah penghematan biaya produksi. Sistem ini lebih hemat biaya karena tidak perlu menggunakan lantai beton atau semen, cukup menggunakan bahan litter yang lebih murah dan mudah didapatkan. Selain itu, sistem litter juga memudahkan dalam pengelolaan kotoran ayam, karena kotoran ayam bangkok yang jatuh dapat langsung diolah menjadi pupuk organik.

Kelebihan Sistem Kandang Litter

Indonesia adalah negara dengan populasi ayam bangkok terbesar di dunia. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kelebihan dari sistem kandang litter agar dapat mempertimbangkan sistem manakah yang paling sesuai untuk bisnis ayam bangkok Anda.

Baca juga  Ayam Untuk Pengesahan Psht

1. Lingkungan yang Lebih Sehat

Dalam sistem kandang litter, ayam bangkok dapat ditempatkan dalam densitas yang lebih rendah, sehingga lingkungan yang dihasilkan lebih sehat. Bahan litter seperti serbuk gergaji atau jerami akan menyerap air dan kotoran ayam, sehingga lingkungan di dalam kandang tetap kering dan bersih. Selain itu, litter juga menghasilkan panas yang dapat membuat ayam bangkok tetap hangat, terutama pada musim hujan atau dingin.

2. Kualitas Telur Lebih Baik

Dengan adanya lingkungan yang lebih sehat, ayam bangkok yang dihasilkan dari sistem kandang litter akan memiliki kualitas telur yang lebih baik. Telur ayam bangkok dari kandang litter cenderung lebih segar dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi karena ayam bangkok dapat mengambil makanan dengan lebih baik dan bebas dari stress.

3. Produktivitas Ayam Lebih Tinggi

Ayam bangkok di dalam sistem kandang litter dapat mencapai produktivitas lebih tinggi karena dapat bergerak dengan bebas dan melakukan aktivitas yang lebih alami. Aktivitas fisik yang lebih banyak akan membantu dalam perkembangan otot dan tulang ayam bangkok, sehingga ayam bangkok dapat tumbuh lebih cepat dan memiliki berat badan yang lebih ideal.

4. Lebih Ramah Lingkungan

Sistem kandang litter lebih ramah lingkungan karena memaksimalkan penggunaan bahan alami dan menghasilkan pupuk organik yang dapat digunakan untuk membantu kesehatan tanaman. Selain itu, sistem ini juga mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya seperti antibiotik atau obat-obatan yang tidak diperlukan.

Cara Merawat Kandang Ayam Bangkok Sistem Litter

Merawat kandang ayam bangkok sistem litter memang mudah dan menyenangkan. Selain menghemat biaya produksi, sistem kandang litter juga menghemat waktu dan tenaga. Berikut ini beberapa tips untuk merawat kandang ayam bangkok sistem litter.

Baca juga  15+ Squishy Telur

1. Jaga Kebersihan Kandang

Jaga kebersihan kandang ayam bangkok sistem litter dengan membersihkan kotoran ayam secara teratur. Kotoran ayam dapat diambil menggunakan penggaruk dan diajukkan ke tempat pembuangan yang telah disediakan. Selain itu, bahan litter seperti serbuk gergaji atau jerami juga perlu diperbarui secara teratur agar tidak menimbulkan bau tidak sedap di dalam kandang.

2. Berikan Makanan dan Minuman yang Cukup dan Berkualitas

Pemberian makanan dan minuman yang cukup dan berkualitas sangat penting dalam merawat ayam bangkok. Berikan makanan yang sehat dan bergizi seperti biji-bijian, serangga, ulat, dan makanan hijauan. Pastikan pula bahwa air minum selalu tersedia di dalam kandang dan terhindar dari kontaminasi.

3. Menjaga Suhu Kandang

Suhu kandang harus dijaga agar tetap stabil dan nyaman bagi ayam bangkok. Selalu periksa suhu kandang dan pastikan bahwa suhu di dalam kandang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Penambahan lampu inframerah atau lampu pijar pada waktu yang tepat juga diperlukan untuk membantu mengatur suhu di dalam kandang.

4. Memastikan Kesehatan Ayam Bangkok

Memastikan kesehatan ayam bangkok sangat penting agar ayam bangkok dapat tumbuh optimal dan produktif. Pastikan ayam bangkok mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang rutin dan diobati jika terinfeksi penyakit. Perawatan ayam bangkok dapat dilakukan sendiri atau dengan mengundang dokter hewan yang berpengalaman.

Kesimpulan

Sistem kandang ayam bangkok litter memang sangat cocok untuk Anda yang ingin menghasilkan ayam bangkok yang lebih produktif dan sehat. Selain hemat biaya, sistem ini juga lebih ramah lingkungan dan akan memberikan banyak keuntungan dalam hal kualitas telur ayam bangkok dan produktivitas ayam itu sendiri. Jangan lupa untuk selalu merawat kandang ayam bangkok sistem litter untuk memastikan kesehatan dan kebersihan kandang sekaligus kesehatan ayam bangkok Anda.

Baca juga  Ayam Brand Baked Beans

Baca tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *