Keterangan Bawang Putih

Posted on

Ketika kita berbicara mengenai bumbu dapur, Bawang Putih adalah salah satu yang tidak dapat kita lewatkan. Bawang Putih adalah bahan masakan yang sering digunakan dalam berbagai masakan, baik di rumah atau restoran.

Tampilan Bawang Putih

Gambar Bawang Putih

Tampilan dari bawang putih ini terlihat berbeda dengan bahan masakan lainnya yang umumnya berwarna hijau atau merah. Bawang putih ini berwarna putih dan memiliki bentuk bulat atau oval kecil dengan ukuran sekitar 1-2 cm.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, mangan, selenium, serat, serta senyawa sulfur dan antioksidan lainnya. Bawang putih juga mengandung allicin, senyawa yang memberikan aroma kuat pada bawang putih.

Manfaat Bawang Putih

Berikut adalah beberapa manfaat dari bawang putih :

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Melindungi kesehatan jantung.
  • Meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.
  • Melawan bakteri, virus, dan jamur.
  • Mencegah kanker.
  • Menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki hipertensi.
  • Mencegah stroke.

Cara Penggunaan Bawang Putih di Dapur

Bawang putih dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan.

1. Tumis

Bawang putih dapat digunakan dalam membuat masakan tumis. Caranya yaitu dengan menumis bumbu halus terlebih dahulu seperti bawang merah dan cabai, setelah itu masukkan bawang putih yang sudah diiris tipis ke dalam tumisan tersebut.

2. Tumis Sayur

Bawang putih dapat digunakan untuk memberikan rasa pada sayuran yang di tumis. Caranya yaitu dengan menumis bawang putih terlebih dahulu, kemudian tambahkan sayuran yang sudah dipotong kecil ke dalam tumisan tersebut.

Baca juga  Tanaman Kangkung Air

3. Bumbu Masakan

Selain itu, bawang putih juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Caranya yaitu dengan menumbuk bawang putih, bawang merah dan cabai dengan sedikit garam hingga halus.

Kesimpulan

Bawang putih bukan hanya digunakan sebagai bahan masakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak dapat diabaikan. Jangan lupa untuk selalu menambahkan sedikit bawang putih pada setiap masakan yang kita buat di rumah supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *