Kandang Kucing 3 Tingkat Dari Kayu

Posted on

Hai teman-teman! Kucing memang menjadi hewan peliharaan yang amat populer. Pemilik kucing biasanya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk peliharaannya, salah satunya adalah memberikan kandang yang nyaman dan aman. Nah, kali ini saya akan berbagi cara membuat kandang kucing sendiri yang bisa kamu buat dari pipa, kayu, atau besi. Simak yuk!

Kandang Kucing Dari Pipa

Kandang Kucing Dari Pipa

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang kamu butuhkan, yaitu pipa PVC dengan diameter 3/4 inch, kisi-kisi besi atau rangka jaring, kain wiremesh, gerinda tangan, cutter, lem besi, dan gunting. Untuk kisi-kisi atau rangka jaring bisa kamu buat sendiri atau membeli yang sudah jadi di toko bangunan.

Langkah pertama adalah membuat rangka kandang dari pipa PVC. Potong pipa dengan ukuran sebagai berikut: 4 batang pipa dengan panjang 40 cm sebagai kaki kandang, 4 batang pipa dengan panjang 50 cm sebagai sisi kandang, dan 4 batang pipa dengan panjang 60 cm sebagai atas dan bawah kandang. Setelah itu, perluas ujung pipa menggunakan gerinda tangan agar kisi-kisi besi atau rangka jaring bisa dipasang.

Langkah kedua adalah mengunci rangka kandang dengan ujung pipa yang telah diperluas. Jangan lupa, pasang juga kisi-kisi besi atau rangka jaring di bagian sisi dan atas kandang dengan menggunakan lem besi dan gunting.

Langkah ketiga adalah membuat pintu masuk kandang. Potong pipa PVC dengan ukuran 2 batang pipa dengan panjang 30 cm, 1 batang pipa dengan panjang 50 cm, dan 1 batang pipa dengan panjang 20 cm. Kemudian, satukan pipa sesuai ukuran dan pasang kain wiremesh sebagai pintu masuk.

Baca juga  Desain Kandang Ayam Sederhana

Terakhir, kamu bisa menambahkan aksesoris untuk kandang seperti gantungan mainan atau tempat tidur yang digantung di dalam kandang. Dengan begitu, kucingmu akan betah berada di kandang yang nyaman dan aman tersebut.

Kandang Kucing Dari Kayu

Kandang Kucing Dari Kayu

Untuk membuat kandang kucing dari kayu, kamu akan membutuhkan bahan-bahan seperti kayu, kisi-kisi besi atau rangka jaring, kain wiremesh, palu, paku, meteran, gergaji, dan sekrap. Berikut langkah-langkahnya!

Langkah pertama adalah membuat rangka kandang dari kayu. Potong kayu menjadi 4 batang dengan ukuran 60 cm dan 4 batang dengan ukuran 40 cm. Kemudian, satukan kayu menjadi rangka kandang.

Langkah kedua adalah memasang kisi-kisi besi atau rangka jaring pada sisi dan atas kandang dengan menggunakan palu, paku, dan sekrap. Pastikan kisi-kisi besi atau rangka jaring terpasang dengan kuat dan rapi.

Langkah ketiga adalah membuat pintu masuk kandang. Potong kayu menjadi 2 batang dengan ukuran 30 cm dan 1 batang dengan ukuran 50 cm. Kemudian, satukan kayu sesuai ukuran dan pasang kain wiremesh sebagai pintu masuk.

Terakhir, kamu bisa menambahkan aksesoris untuk kandang seperti tempat tidur yang empuk dan mainan kucing agar kucingmu betah berada di kandang.

Kandang Kucing Dari Besi

Kandang Kucing Dari Besi

Untuk membuat kandang kucing dari besi, kamu akan membutuhkan bahan-bahan seperti besi hollow, kisi-kisi besi atau rangka jaring, kain wiremesh, palu, paku, meteran, gergaji, dan sekrap. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

Langkah pertama adalah membuat rangka kandang dari besi hollow. Potong besi hollow menjadi 4 batang dengan ukuran 1 meter sebagai kaki kandang, 4 batang dengan ukuran 50 cm sebagai sisi kandang, dan 4 batang dengan ukuran 60 cm sebagai atas dan bawah kandang. Kemudian, satukan besi sesuai ukuran menjadi rangka kandang.

Baca juga  Kandang Puyuh Petelur

Langkah kedua adalah memasang kisi-kisi besi atau rangka jaring pada sisi dan atas kandang dengan menggunakan palu, paku, dan sekrap. Pastikan kisi-kisi besi atau rangka jaring terpasang dengan kuat dan rapi.

Langkah ketiga adalah membuat pintu masuk kandang. Potong besi hollow menjadi 2 batang dengan ukuran 30 cm dan 1 batang dengan ukuran 50 cm. Kemudian, satukan besi sesuai ukuran dan pasang kain wiremesh sebagai pintu masuk.

Terakhir, kamu bisa menambahkan aksesoris untuk kandang seperti tempat tidur yang empuk dan mainan kucing agar kucingmu betah berada di kandang.

Nah, itu dia cara membuat kandang kucing sendiri dari pipa, kayu, atau besi. Pastikan kamu membuat kandang yang aman dan nyaman untuk kucingmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca tulisan lainnya tentang Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *