Kandang Burung Dari Besi Holo

Posted on

Bagi para pecinta burung, tentunya membuat kandang yang aman dan nyaman untuk burung kesayangan sangatlah penting. Salah satu jenis kandang yang bisa digunakan adalah kandang burung besi. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kandang burung besi yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Gambar 1

Kandang burung besi

Ini adalah gambar kandang burung besi yang akan kita buat pada tutorial kali ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Besi hollow ukuran 40 x 40 mm
  • Wiremesh ukuran 1 cm²
  • Baut dan mur
  • Plat besi untuk dasar kandang
  • Palu
  • Obeng
  • Gergaji besi
  • Pisau gunting

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum Anda memulai membuat kandang burung besi.

Langkah-langkah pembuatan

1. Hitung ukuran besi yang diperlukan

Ketahui ukuran burung yang akan ditempatkan di dalam kandang. Hitunglah ukuran kandang yang akan dibuat. Potong besi hollow sesuai ukuran yang telah dihitung.

2. Potong wiremesh

Potong wiremesh sesuai dengan ukuran kandang yang telah dihitung. Pastikan Anda memotong wiremesh sedikit lebih besar daripada ukuran kandang agar nanti bisa dipasang dengan mudah.

3. Pasang besi hollow menjadi rangka kandang

Pasang besi hollow sesuai dengan ukuran yang telah dihitung. Gunakan baut dan mur untuk mengikatkan ketiga bagian tersebut. Pastikan rangka kandang sudah cukup kuat dan stabil.

4. Pasang wiremesh pada rangka kandang

Pasang wiremesh dengan memanfaatkan baut dan mur serta obeng. Pastikan wiremesh terpasang dengan kuat dan rapi. Gunakan pisau gunting untuk memotong sisa wiremesh yang tidak digunakan pada tepian kandang.

Baca juga  Kandang Mas Bengkulu

5. Pasang pintu kandang

Potong besi hollow sepanjang 75 cm x 40 cm dan pasang sebagai pintu pada kandang. Gunakan engsel dan kancing pintu agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

6. Buat dasar kandang

Potong plat besi ukuran 40 cm x 50 cm dan pasang pada bagian dasar kandang. Gunakan baut dan mur untuk mengikatkan plat besi tersebut pada rangka kandang.

7. Pasang palang pada bagian atas kandang

Potong besi hollow sepanjang 80 cm x 40 cm dan pasang pada bagian atas kandang. Palang ini berguna untuk memberikan kestabilan pada kandang. Gunakan baut dan mur untuk mengikatkan palang tersebut pada rangka kandang.

8. Selesai

Kandang burung besi sudah selesai dibuat. Pastikan kandang tersebut sudah cukup kuat dan aman untuk diisi dengan burung kesayangan Anda. Jangan lupa untuk membersihkan kandang secara rutin agar burung bisa hidup nyaman di dalamnya.

Demikianlah cara membuat kandang burung besi yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Selamat mencoba!

Temukan artikel lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *