Jus Kacang Panjang

Posted on

Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Makanan Rendah Oksalat

Yuk, mulai perbaiki pola makan agar terhindar dari kolesterol dan batu ginjal! Berikut ini ada beberapa makanan rendah oksalat yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan.

1. Kentang

Kentang

Tidak hanya nikmat untuk dipanggang, kentang juga rendah oksalat. Kaya akan vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Wortel

Wortel

Dalam segenggam wortel terdapat kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Selain itu, wortel juga mengandung serat dan vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

3. Kacang Merah

Kacang Merah

Dengan kandungan lemak dan kolesterol yang rendah, kacang merah dapat menjadi alternatif protein bagi mereka yang sedang melakukan diet rendah kalori. Kandungan seratnya yang tinggi juga akan membantu kesehatan pencernaan.

4. Apel

Apel

Terkenal dengan pepatah ‘sebutir apel sehari, dokter tidak perlu dijumpai’, apel mengandung vitamin C, serat, serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

5. Brokoli

Brokoli

Tidak hanya terkenal sebagai sayuran super, brokoli juga tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

6. Melon

Melon

Buah segar ini dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Melon juga mengandung banyak air dan elektrolit yang baik untuk hidrasi tubuh.

Baca juga  Daun Bawang Merah Berbentuk

7. Alpukat

Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang sehat untuk kesehatan jantung, serta kaya akan vitamin C, vitamin E, kalium, dan serat yang membantu menjaga kesehatan pencernaan.

8. Bayam

Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin A, magnesium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, bayam juga membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

9. Jagung Manis

Jagung Manis

Dalam satu cup jagung manis, terdapat kandungan serat, protein, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, jagung manis juga rendah oksalat.

10. Labu

Labu

Buah ini mengandung berbagai macam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, folat, kalium, dan serat. Labu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mencegah berbagai penyakit kronis.

11. Kiwi

Kiwi

Buah asal Selandia Baru ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Kandungan serat dan pektin dalam kiwi juga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

12. Jamur

Jamur

Jamur rendah kolesterol dan lemak, serta tinggi akan protein. Terdapat berbagai macam jenis jamur yang dapat dibakar, direbus, atau dijadikan olahan lainnya.

13. Labu Siam

Labu Siam

Labu siam mengandung serat larut yang cukup tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, labu siam juga rendah oksalat dan dapat diolah dengan berbagai macam masakan.

14. Tomat

Tomat

Buah segar ini mengandung lycopene dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan melawan radikal bebas dalam tubuh. Tomat juga mengandung serat yang membantu pencernaan.

15. Bawang Merah dan Putih

Bawang Merah dan Putih

Bukan hanya sebagai bahan masakan, bawang merah dan putih juga terkenal akan kandungan senyawa sulfur yang membantu melawan berbagai penyakit. Kandungan ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga  Manfaat Bayam Berduri

16. Kubis

Kubis

Dalam sebuah studi, diketahui bahwa kubis mengandung senyawa yang dapat membantu melawan kanker. Kubis juga mengandung vitamin C dan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

17. Pepaya

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu pencernaan, serat, vitamin C, dan antioksidan. Buah ini juga dapat membantu menyehatkan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melancarkan pencernaan.

18. Talas

Talas

Terakhir, ada talas. Buah ini mengandung serat, kalium, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk tubuh. Talas juga dapat diolah dengan berbagai macam masakan, seperti direbus atau dibuat menjadi sayuran tumis.

Demikianlah beberapa makanan rendah oksalat yang baik untuk kesehatan Anda. Yuk, cobalah untuk memasukkan makanan-makanan tersebut dalam pola makan sehari-hari Anda. Selamat mencoba!

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *