Dosis Pupuk Cabai Per Pohon

Posted on

Wah, tahu nggak, teman-teman? Ternyata kita bisa menanam cabai di dalam pot atau polybag lho! Nggak kalah yah dengan yang menanam di pekarangan rumah. Nah, kali ini akan kita bahas gimana cara pemupukan cabai dalam pot atau polybag agar hasilnya maksimal.

Pertama, Siapkan Media Tanam yang Bagus

pot cabai

Media tanam yang bagus adalah media yang gembur, kaya akan bahan organik, mudah menyerap air dan bisa meloloskan air dengan baik. Nah, contoh media tanam yang bagus untuk cabai dalam pot atau polybag adalah campuran antara tanah, pupuk kandang, sekam, kompos, dan zeolit.

Kedua, Pilih Bibit Cabai yang Bagus

bibit cabai

Pemilihan bibit cabai yang baik akan sangat mempengaruhi hasil yang akan kita dapatkan. Pilihlah bibit cabai yang sehat, segar, dan berakar baik. Jangan sampai memilih bibit yang layu atau kerdil. Lebih baik membelinya di tempat yang terpercaya atau bisa membeli secara daring di tokopedia atau shopee.

Ketiga, Lakukan Pemupukan Secara Teratur

pemupukan cabai

Untuk menghasilkan cabai yang maksimal, pemupukan secara teratur sangatlah diperlukan. Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk NPK dengan kandungan nitrogen tinggi yaitu 16-16-16. Lakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali. Jangan lupa untuk memberikan pupuk daun agar pertumbuhan cabai semakin subur. Pupuk daun bisa diaplikasikan setiap 1-2 minggu sekali.

Keempat, Pastikan Penyiraman yang Cukup

penyiraman cabai

Penyiraman tanaman cabai yang baik dan cukup akan membuat tanaman cabai lebih subur. Penyiraman yang baik adalah pada saat tanah terlihat mulai kering. Air yang diperlukan adalah air yang dapat meresap ke dalam tanah dan tidak cepat menguap. Disarankan untuk menyiram tanaman cabai 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Baca juga  Cara Menanam Bawang Merah Di Gelas Aqua

Terakhir, Lakukan Pengendalian Hama dan Penyakit

hama cabai

Pengendalian hama dan penyakit menjadi hal yang perlu diperhatikan agar tanaman cabai yang kita tanam selalu sehat dan subur. Ada beberapa jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman cabai yaitu ulat grayak, kutu kebul, dan penyakit anthracnose. Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan penggunaan pestisida alami atau menggunakan pestisida kimia yang aman bagi lingkungan.

Nah, itu dia cara pemupukan cabai dalam pot atau polybag yang mudah dan sederhana. Yuk, kita coba tanam cabai di dalam pot atau polybag di rumah kita.

Temukan tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *