Dada Ayam 100 Gram

Posted on

Sudah menjadi takdir bagi manusia untuk memanfaatkan hewan sebagai sumber protein. Salah satu hewan yang sering dikonsumsi adalah ayam. Ayam bisa diolah menjadi beragam jenis hidangan dan bagian-bagian tertentu yang bisa dijadikan bahan pokok dalam membuat masakan. Salah satu bagian yang sering digunakan adalah dada ayam utuh.

Keunggulan Dada Ayam Utuh

Dada Ayam Utuh

Dada ayam utuh memiliki keunggulan dibanding dengan bagian ayam lainnya. Keunggulan yang pertama adalah kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Protein dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan pembangun sel. Selain itu, protein juga dibutuhkan sebagai bahan penyusun otot dan jaringan tubuh lainnya. Dengan mengonsumsi dada ayam utuh, kandungan protein dalam tubuh akan terpenuhi dan membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

Keunggulan selanjutnya adalah kandungan lemaknya yang relatif sedikit namun tetap mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Asam lemak omega 3 dan omega 6 merupakan lemak yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Kandungan lemak yang rendah pada dada ayam utuh juga membuatnya lebih cocok untuk dikonsumsi bagi yang melakukan program diet atau sedang menjalani gaya hidup sehat.

Kandungan nutrisi lain pada dada ayam utuh adalah zat besi dan vitamin B12. Zat besi dibutuhkan tubuh sebagai bahan pembentuk sel darah merah, sedangkan vitamin B12 berperan penting dalam fungsi syaraf dan pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi dada ayam utuh secara rutin, kebutuhan akan zat besi dan vitamin B12 akan terpenuhi.

Cara Mengolah Dada Ayam Utuh

Ada beragam cara untuk mengolah dada ayam utuh. Salah satunya adalah dengan cara dipanggang. Cara membuat dada ayam utuh panggang sangat mudah. Pertama, lumuri dada ayam utuh dengan sedikit minyak zaitun, lada hitam, dan garam. Letakkan dada ayam di atas loyang dan panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan suhunya selama 10 menit. Setelah 10 menit, balik dada ayam dan panggang kembali selama 10 menit. Dada ayam panggang siap disajikan dan bisa dinikmati sebagai hidangan utama atau sebagai lauk-pauk untuk makan siang.

Baca juga  Ayam In English

Selain dengan cara dipanggang, dada ayam utuh juga bisa diolah dengan cara lain seperti direbus atau digoreng. Namun, cara mengolahnya harus diperhatikan agar tetap sehat dan bergizi.

Kesimpulan

Dada ayam utuh merupakan bagian ayam yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dengan lemak yang lebih rendah dibandingkan bagian ayam lainnya. Dada ayam utuh juga bisa diolah dengan beragam cara yang mudah dan praktis. Dengan mengonsumsi dada ayam utuh secara rutin, kebutuhan nutrisi dan protein tubuh akan tercukupi sehingga tubuh lebih sehat dan kuat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengolah dada ayam utuh menjadi hidangan yang lezat dan sehat.

Temukan artikel lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *