Ciri Ciri Telur Asin Yang Berkualitas Tinggi

Posted on

Telur asin merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Tidak heran jika banyak orang yang suka memasak dengan bahan ini. Namun, tidak sembarangan telur asin yang bisa dipilih. Kualitas harus menjadi pertimbangan utama untuk menghindari penipuan.

Telur Asin yang Berkualitas

telur asin berkualitas

Telur asin berkualitas memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali dengan mudah. Pertama, telur asin berkualitas memiliki kuning telur yang berwarna merah tua. Selain itu, kuning telur tersebut juga terkesan lembut dan mengalir saat dipotong.

Ciri-ciri telur asin lainnya yang berkualitas adalah kulit telur yang tipis dan mudah ditembus. Bagian putih telur tidak terlalu keras dan bagian kuning telur tidak terlalu padat. Telur asin yang berkualitas juga tidak memiliki bau yang tidak sedap.

Cara Membedakan Telur Asin Berkualitas dengan Telur Asin Biasa

telur asin biasa

Untuk membedakan telur asin berkualitas dengan telur asin biasa, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Pertama, kuning telur pada telur asin berkualitas akan terlihat lebih merah ketimbang kuning telur pada telur asin biasa.

Kedua, telur asin berkualitas tidak memiliki bau yang tidak sedap, sedangkan telur asin biasa terkadang memiliki bau asam yang tidak sedap.

Ketiga, kulit telur pada telur asin berkualitas lebih tipis dan lembut ketimbang kulit telur pada telur asin biasa yang cenderung keras dan sulit ditembus.

Manfaat Telur Asin

telur asin manfaat

Telur asin memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Telur asin mengandung protein yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang ingin menambah massa otot.

Baca juga  Ayam Red Bull

Telur asin juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti kalsium, potasium, dan fosfor. Kandungan vitamin dan mineral pada telur asin dapat membantu dalam proses pembentukan sel dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Telur asin juga mengandung lemak yang lebih sedikit ketimbang telur biasa, sehingga dianjurkan bagi orang yang ingin menjaga berat badannya atau menurunkan berat badan.

Membuat Telur Asin Sendiri

membuat telur asin

Jika ingin membuat telur asin sendiri, caranya cukup mudah. Pertama, siapkan telur ayam yang dingin atau suhu ruang. Kemudian, rendam telur dalam air garam selama 2-3 jam.

Setelah itu, cuci telur dengan air bersih dan keringkan. Taburi telur dengan garam kasar dan diamkan selama 1-2 hari agar kulit telur menjadi kaku.

Langkah selanjutnya adalah merebus telur asin dalam air dengan api kecil selama 30-45 menit hingga matang. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin. Telur asin siap disajikan.

Demikianlah informasi mengenai telur asin yang berkualitas dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Simak tulisan lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *