Biaya Pembuatan Kandang Sapi 5 Ekor

Posted on

Kalian pasti sering dengar kan kalau ternak kambing itu menguntungkan? Ya, memang sih. Tapi, jangan terlalu senang dulu kalau belum tahu cara membuat kandang kambing yang mudah. Nanti jadi ribet dan malah bikin kalian makin stres.

Jangan sampai kandangnya kalah sama kandang di kebun binatang

Kandang kambing yang keren abis

Wah, bahasanya ‘mudah’ tapi kok malah keliatan rumit ya? Tenang, jangan sampai kebun binatang iri sama kandang kambingmu. Jadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang kambing yang mudah.

Pilihlah bahan yang sesuai agar kandang kambing tidak mudah roboh

Kandang kambing minimalis

Kalau bikin kandang, mending pilih bahan yang tahan lama biar ga gampang roboh. Kayu atau besi, semua bisa jadi pilihan. Tapi kalo yang mau yang praktis dan awet, mending pilih besi galvanis deh. Ga perlu repot-repot ngecat lagi dan pastinya tahan lama.

Jangan sampai kambingmu ngiler kalo ngeliat kandang tetangga

Kandang kambing yang kece abis

Wiiih, kece abis kandang kambing itu. Bukannya malah bikin kambingmu tambah ngiler kalo liat tuh kandang? Kalo mau bikin kandang kambing, ga usah keren-kere nan elegan. Yang penting bisa menjaga kambingmu dan tentunya sesuai dengan dana yang tersedia.

Perhatikan ukuran kandang agar kambingmu merasa nyaman

Kandang kambing yang nyaman

Bukan cuma manusia aja yang butuh tempat tinggal yang nyaman, kambing juga perlu tau! Pastikan ukuran kandangnya memadai agar kambingmu bisa merasa nyaman. Ukuran ideal untuk satu kambing adalah 1,5-2 meter panjangnya dan setinggi 1-1,5 meter. Semakin besar kambingnya, semakin luas juga ruang gerak yang dibutuhkan.

Baca juga  Kandang Burung Dari Besi Holo

Bingung desain kandang yang cocok? Ini beberapa contoh gambar kandang kambing

Contoh kandang kambing

Kalo malu sama tetangga karena kandangnya jelek, tenang. Kalian bisa cari referensi gambar kandang kambing di internet. Ada banyak kok yang bagus-bagus seperti di atas. Tapi, jangan lupa sesuaikan dengan kondisi keuangan ya. Kalo kurang mampu, yang simpel dan murah aja yang penting menjaga kambingmu tetap sehat!

Pastikan kandang mudah dibersihkan dan didekorasi

Kandang kambing yang rapi

Nggak ada yang suka kandang yang berantakan dan kotor. Pastikan kandangmu mudah dibersihkan dan didekorasi agar tetap indah dilihat. Kalian bisa tambahkan saluran air agar kandang mudah dibersihkan ataupun menambahkan aksesoris seperti nampan untuk makanan dan minuman.

Jadi, gimana? Masih mikir sulit apa mudah cara membuat kandang kambing yang mudah? Jangan lupa jaga kambingmu dengan baik ya, kalo udah kepanasan atau kelaparan siapa yang nyerah? Kalian sama kambingmu pasti udah gabisa ngapain-ngapain. Happy farming, guys!

Baca tulisan lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *