Biaya Pembuatan Kandang Ayam Close House

Posted on

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memelihara burung, khususnya burung kenari adalah dalam memilih kandang. Kandang yang tepat akan membantu burung Anda merasa nyaman dan lebih mudah dalam menjaga kebersihannya. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas tentang biaya pembuatan kandang Close House 2020.

Close House vs Kandang Biasa

pembuatan kandang Close House

Sebelum membahas lebih lanjut tentang biaya pembuatan kandang Close House, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu kandang Close House dan apa bedanya dengan kandang biasa. Kandang Close House merupakan jenis kandang kenari yang dirancang khusus untuk melindungi burung dari serangan burung liar dan hewan pengganggu lainnya. Sedangkan kandang biasa merupakan kandang kenari yang dibuat dengan cara yang sederhana dan standar.

Kandang Close House dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan tahan lama seperti rangka besi, kawat baja, dan dinding plafon dari triplek yang diolah dengan teknologi modern. Sementara itu, kandang biasa dibuat dari bahan yang biasa saja seperti kayu dan kawat ayam. Kandang Close House juga dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik sehingga burung akan mendapatkan udara yang segar dan sehat di dalam kandangnya. Hal ini berbeda dengan kandang biasa yang terkadang kurang memiliki sistem ventilasi yang baik sehingga burung bisa terserang penyakit.

Biaya Pembuatan Kandang Close House 2020

Jika Anda memutuskan untuk membeli kandang Close House, berikut adalah perkiraan biaya pembuatannya. Harga bisa berbeda-beda tergantung dari daerah dan ukuran kandang yang akan dibuat.

Baca juga  Kandang Ternak Ayam Rumahan

Biaya Bahan

Bahan untuk membuat kandang Close House terdiri dari rangka besi, kawat baja, dinding plafon triplek, dan aksesoris lainnya seperti roda, tutup air, dan karet anti bocor. Berikut adalah perkiraan biaya bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang Close House dengan ukuran standar 100 cm x 60 cm x 150 cm (p x l x t).

  • Rangka besi: Rp 300.000
  • Kawat baja: Rp 250.000
  • Triplek: Rp 150.000
  • Aksesoris (roda, tutup air, karet anti bocor): Rp 100.000

Jadi, total biaya bahan untuk membuat kandang Close House adalah sekitar Rp 800.000.

Biaya Tenaga Kerja

Selain biaya bahan, Anda juga harus mempertimbangkan biaya tenaga kerja. Biaya tenaga kerja ini tergantung dari wilayah Anda tinggal, tapi biasanya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000.

Total Biaya Pembuatan Kandang Close House

Jadi, total biaya pembuatan kandang Close House dengan ukuran standar 100 cm x 60 cm x 150 cm (p x l x t) adalah sekitar Rp 1.300.000 – Rp 2.800.000 tergantung dari daerah dan biaya tenaga kerja. Namun, jika Anda ingin melakukan pembuatan kandang sendiri, maka biaya yang diperlukan akan jauh lebih sedikit.

Kelebihan Kandang Close House

Selain dari segi tampilan yang lebih modern dan elegan, kandang Close House memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kandang biasa. Berikut adalah beberapa kelebihan kandang Close House:

  1. Perlindungan yang lebih baik
    Kandang Close House dilengkapi dengan sistem proteksi dari hewan pengganggu seperti kucing, tikus, dan burung liar. Hal ini berbeda dengan kandang biasa yang terkadang hanya dibuat dari kayu dan kawat ayam yang kurang mampu melindungi burung dari serangan hewan pengganggu.
  2. Aman dan nyaman
    Kandang Close House dirancang dengan kawat dan triplek yang rapat sehingga burung tidak bisa keluar dari dalam kandang dan terlindungi dari angin dan cuaca yang buruk. Selain itu, kandang ini juga dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik sehingga burung akan mendapatkan udara segar di dalamnya.
  3. Lebih mudah dalam perawatan
    Kandang Close House dilengkapi dengan laci kotoran dan lubang pembuangan air sehingga pemilik burung lebih mudah dalam menjaga kebersihan kandang. Hal ini berbeda dengan kandang biasa yang tidak memiliki sistem tersebut sehingga pemilik burung harus membersihkan kandang secara manual.
  4. Tahan lama
    Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kandang Close House seperti rangka besi, kawat baja, dan dinding plafon triplek membuat kandang ini lebih tahan lama dan lebih kuat daripada kandang biasa yang umumnya hanya dibuat dari kayu dan kawat ayam biasa.
Baca juga  Kandang Kucing Dari Kayu Simple

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai biaya pembuatan kandang Close House 2020. Meskipun beberapa kelebihan kandang Close House dibandingkan dengan kandang biasa, harga yang lebih mahal memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, jika Anda ingin memelihara burung kenari dengan sepenuh hati dan memberikan yang terbaik untuk mereka, kandang Close House layak dijadikan pilihan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih kandang yang tepat untuk burung kesayangan Anda.

Temukan postingan lainnya tentang Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *