Bawang Merah Belanda

Posted on

Bawang merah adalah salah satu bahan dapur yang tak bisa lepas dari masakan kita. Selain memberikan rasa yang khas pada masakan, bawang merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bawang merah adalah salah satu jenis bawang yang mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bawang putih. Namun meski begitu, jangan remehkan bawang merah karena kandungan yang dimilikinya mampu mengatasi banyak masalah kesehatan.

Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Bawang Merah

Bawang merah telah lama digunakan oleh masyarakat dalam berbagai masakan. Selain menjadikan masakan lebih gurih, bawang merah ternyata mengandung senyawa sulfur yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Bawang merah mempunyai kandungan flavonoid seperti quercetin dan kaempferol yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan mampu mengatasi radikal bebas dan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit. Selain itu, bawang merah juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan senyawa sulfur dalam bawang merah dapat memperbaiki fungsi jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar.

Bawang merah juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Senyawa allicin yang terdapat dalam bawang merah dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat enzim yang memecah gula dan karbohidrat di dalam usus.

Cara Pengolahan Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan dalam banyak masakan baik itu tumis sayur atau olahan daging. Meski cenderung lebih berbau daripada bawang putih, namun bawang merah memiliki rasa yang lebih manis sehingga cocok untuk masakan yang membutuhkan rasa yang agak manis seperti sup atau bubur.

Baca juga  Mesin Kupas Kentang

Secara umum, bawang merah cukup mudah diolah. Anda hanya perlu mengupas kulit luarnya dan gunting pangkalnya. Kemudian untuk memudahkan pengolahan, bawang merah dapat diiris tipis atau dihaluskan.

Resep Masakan dengan Bawang Merah

Tumis Buncis Bawang Merah

Salah satu masakan favorit dengan bawang merah adalah tumis buncis. Masakan ini sangat mudah dan cocok untuk menu sehari-hari. Berikut adalah resepnya :

Bahan :

  • Buncis segar 500 gram
  • Bawang merah 5 siung
  • Minyak goreng 2 sdm
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat :

  1. Cuci bersih buncis, potong sesuai selera dan rebus hingga matang.
  2. Panaskan minyak goreng di dalam wajan yang sudah dipanaskan
  3. Tumis bawang merah hingga layu lalu masukkan buncis.
  4. Tambahkan garam dan gula, aduk hingga buncis merata tercampur bawang merah.
  5. Tumis selama kurang lebih 5 menit hingga buncis telihat layu namun tidak terlalu lembek.
  6. Tumis buncis siap disajikan.

Demikianlah beberapa manfaat dan cara pengolahan bawang merah. Anda dapat mencoba resep Tumis Buncis Bawang Merah diatas dan rasakan sensasi kelezatannya. Semoga bermanfaat.

Simak artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *