Ayam Bangkok Kandang Mutiara

Posted on

Banyak peternak ayam yang berlomba-lomba untuk dapat membuat kandang ayam yang sehat dan nyaman untuk unggas mereka ternakkan. Salah satu jenis ayam yang banyak digemari oleh para peternak adalah ayam Bangkok. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat kandang ayam Bangkok yang baik dan nyaman untuk unggas Anda:

Cara Membuat Kandang Ayam Bangkok

Kandang ayam Bangkok

1. Lokasi Kandang

Pertimbangkan aspek lokasi sebelum membangun kandang ayam Bangkok. Pastikan lokasi kandang terlindungi dari angin, air hujan dan gangguan binatang lainnya. Terlebih lagi, dalam memilih lokasi kandang, terdapat persyaratan harus jauh dari area hunian warga. Hal ini pertimbangan penting agar tidak terjadi masalah dengan masyarakat sekitar.

2. Ukuran Kandang

Ukuran kandang ayam Bangkok yang baik tak perlu terlalu besar, namun tak juga terlalu kecil. Perhitungkan jumlah ayam yang akan Anda ternakkan di dalam kandang dan buatlah ukuran kandang yang sesuai dengan jumlah ayam tersebut. Pastikan juga kandang memiliki ruang yang cukup agar ayam Bangkok dapat bergerak dengan leluasa di dalamnya. Hindari membuat kandang yang terlalu padat karena hal ini dapat memicu penyebaran penyakit pada ayam.

3. Bahan Bangunan Kandang

Pertimbangkan bahan bangunan yang akan digunakan sebelum memulai membangun kandang ayam Bangkok. Pastikan bahan tersebut tahan terhadap cuaca dan nyaman untuk ayam. Sebaiknya, gunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan agar tidak membahayakan kesehatan ayam Bangkok dan lingkungan sekitar.

4. Sirkulasi Udara

Pengaturan sirkulasi udara yang baik dapat membuat kandang tetap sejuk dan sehat untuk ayam Bangkok. Jendela kandang harus diletakan di atas agar udara serta sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang. Dengan adanya jendela di kandang, maka ayam akan terhindar dari kelembaban yang berlebihan yang dapat menyebabkan penyakit pada ayam Bangkok

Baca juga  Dikandangkan Atau Dibebaskan

5. Suhu Kandang

Suhu kandang yang cukup adalah penting untuk menjaga agar ayam tetap sehat. Pastikan suhu kandang berkisar antara 20-24 derajat celcius. Cara mudah memantau suhu kandang, yaitu dengan memasang thermometer di bagian tengah kandang. Dengan monitor suhu kandang, Anda dapat menyesuaikan suhu kandang Anda secara tepat dan menghindari risiko musim hujan.

6. Penerangan Kandang

Penerangan kandang ayam adalah penting untuk membuat ayam Bangkok nyaman dan tidak mengganggu aktivitas mereka di dalam kandang. Sebaiknya, gunakan lampu merah atau kuning saat memberi penerangan di dalam kandang. Karena lampu berwarna kuning dan merah tidak mudah merusak mata ayam. Hindari lampu putih karena warna cahaya ini bisa membuat ayam menjadi saraf otaknya menjadi cepat lelah.

7. Perawatan Kandang

Perawatan kandang ayam Bangkok sangat penting agar kandang tetap bersih dan sehat. Bersihkan kandang secara rutin dan ganti serutan pada lantai kandang dengan serutan baru setelah beberapa hari atau pada saat terlihat kotor. Perhatikan juga kesehatan ayam Bangkok Anda dan jangan lupa untuk memberikan makanan dan minuman yang cukup untuk menjaga kesehatan ayam Anda.

8. Kelengkapan Kandang

Beberapa kelengkapan yang harus ada di dalam kandang ayam Bangkok antara lain yaitu bak makan dan minum, tempat tidur, ayunan, dan sandaran. Kelengkapan tersebut dapat membuat ayam Bangkok menjadi lebih nyaman dan tetap sehat.

9. Persiapan Pengkawinan

Jika Anda merencanakan untuk membiakkan ayam Bangkok, maka harus menyiapkan kandang ayam khusus untuk indukan dan anak ayam. Beri jarak pada kandang indukan ayam pada kandang anak-anak ayam sekitar 50 cm untuk menghindari serangan ayam dewasa kepada anak ayam.

10. Ciri-ciri Kandang Ayam Bangkok yang Sehat

  • Ayat ayam sehat secara fisiknya dengan bulu yang halus, mata cerah, dan kotoran yang tidak berlebihan
  • Kandang yang bersih dan terawat
  • Makanan dan minuman yang cukup
  • Tersedia ruangan yang cukup agar ayam dapat bergerak dengan leluasa
  • Memiliki sirkulasi udara yang baik dan suhu yang masih dalam kisaran yang aman
Baca juga  Kandang Perkutut Besi

Penutup

Membuat kandang ayam Bangkok yang sehat dan nyaman memang membutuhkan perencanaan dan usaha yang cukup. Namun, dengan melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka kandang ayam Bangkok yang sehat dan nyaman pun dapat terwujud. Tetap jaga dan rawat kandang ayam secara rutin untuk menjaga agar ayam Bangkok tetap sehat dan nyaman di dalam kandang.

Temukan tulisan lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *