Cara Pasang Kandang Hamster

Posted on

Apakah Anda seorang pemilik hamster yang baru atau sudah lama, kandang yang nyaman, aman dan menyenangkan adalah kunci bagi hewan peliharaan Anda untuk hidup yang sehat dan bahagia. Membuat kandang hamster sendiri bisa jadi cara yang menyenangkan dan ekonomis untuk memastikan hamster Anda mendapatkan tempat tinggal yang sempurna. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat kandang hamster dengan sederhana dan mudah.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Membuat Kandang Hamster Sendiri dengan Sederhana

Beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat kandang hamster antara lain:

  • Kawat mesh
  • Alat pemotong kawat
  • Kain jaring
  • Plat kayu atau karton tebal
  • Wood glue
  • Sikat cat
  • Cat air
  • Jalur PVC
  • Jalur aluminium
  • Jalur kayu
  • Tali raffia atau benang biasa
  • Gunting
  • Pengukur

Langkah 1: Merencanakan Desain Kandang

Merencanakan Desain Kandang

Sebelum mulai membuat kandang hamster, pertama-tama anda perlu merencanakan desain kandang yang diinginkan. Ukuran kandang biasanya tergantung pada jenis hamster yang anda miliki dan juga jumlah hamster yang ditempatkan di dalam kandang. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin kandang tersebut memiliki banyak level atau hanya satu level.

Langkah 2: Potong Bagian Kandang dari Kain Jaring

Potong Bagian Kandang dari Kain Jaring

Setelah rencana desain sudah dibuat, langkah berikutnya adalah memotong kain jaring menjadi ukuran yang diinginkan. Anda bisa memotong kain jaring dengan menggunakan gunting dan mencoba memotong segaris mungkin. Selain itu, anda bisa memotong sisa jaring untuk digunakan sebagai “pintu” pada salah satu sisi kandang.

Baca juga  Ukuran Kandang Sapi Yang Ideal

Langkah 3: Potong Bagian Kandang dari Kawat Mesh

Potong Bagian Kandang dari Kawat Mesh

Setelah kain jaring dipotong, langkah selanjutnya adalah memotong kawat mesh sebagai pengganti dinding dan atap kandang. Anda bisa memilih kawat mesh dengan berbagai ukuran lubang yang berbeda, namun pastikan ukurannya cukup kecil agar hamster tidak lolos melalui lubang tersebut.

Langkah 4: Potong dan Sambung Jalur PVC

Potong dan Sambung Jalur PVC

Kemudian, potong dan sambung jalur PVC sesuai dengan ukuran dan bentuk kandang yang diinginkan. Gunakan pisau atau pemotong khusus untuk memotong jalur PVC sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Sebelum menyambung jalur PVC, pastikan untuk membersihkan ujung-ujung jalur tersebut untuk memastikan sambungan yang lebih baik. Setelah itu, gunakan lem PVC untuk menyambung jalur tersebut.

Langkah 5: Potong dan Sambung Jalur Aluminium dan Kayu

Potong dan Sambung Jalur Aluminium dan Kayu

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan jalur aluminium dan kayu. Anda bisa memotong dan menyambungnya sesuai dengan ukuran dan bentuk kandang yang diinginkan. Gunakan alat pemotong sesuai dengan bahan yang ingin dipotong. Pada bagian kayu, anda bisa menggunakan lem kayu untuk menyambungkan potongan kayu tersebut.

Langkah 6: Pasang Kain Jaring pada Jalur PVC

Pasang Kain Jaring pada Jalur PVC

Selanjutnya, pasang kain jaring pada jalur PVC. Gunakan tali raffia atau benang biasa untuk mengikat kain jaring pada jalur PVC. Jangan lupa mencoba mengaitkan kain jaring tersebut pada lubang jalur PVC agar kain jaring bisa lebih teratur dan rapi.

Langkah 7: Pasang Kawat Mesh pada Kandang Hamster

Pasang Kawat Mesh pada Kandang Hamster

Setelah jalur PVC dan kayu selesai dipersiapkan, selanjutnya pasang kawat mesh pada kandang hamster tersebut. Gunakan alat pemotong kawat untuk memotong kawat mesh dengan ukuran yang sesuai. Setelah itu, gunakan kawat pengikat atau kawat penjepit untuk memasang kawat mesh pada jalur PVC dan kayu.

Baca juga  Wisata Kandangan Pare

Langkah 8: Pasang Plat Kayu atau Karton Tebal

Pasang Plat Kayu atau Karton Tebal

Anda bisa memilih plat kayu atau karton tebal sebagai lantai kandang hamster. Pastikan lantai tersebut kuat dan aman untuk digunakan oleh hamster. Setelah itu, gunakan lem kayu untuk memasang lantai tersebut pada jalur PVC yang sudah dipersiapkan.

Langkah 9: Finishing dan Cat Kandang

Finishing dan Cat Kandang

Setelah semua komponen kandang sudah terpasang, langkah terakhir adalah memberikan finishing dan mewarnai kandang. Anda bisa menggunakan cat air untuk melukis kandang tersebut. Pastikan menggunakan cat yang tidak berbahaya untuk hewan peliharaan Anda. Setelah kandang selesai dicat, biarkan mengering selama beberapa jam sebelum digunakan.

Sekarang, kandang hamster Anda siap untuk digunakan! Pastikan untuk membersihkan kandang secara rutin dan memberikan tempat yang nyaman dan aman bagi hamster Anda. Dengan membuat kandang hamster sendiri, Anda bisa menghemat uang dan juga merancang kandang yang sesuai dengan kebutuhan hamster Anda.

Simak tulisan lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *