Batang Kangkung

Posted on

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang sering dijumpai di pasar tradisional maupun modern. Dalam budidaya, kangkung dibagi menjadi dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara menanam kangkung darat di polybag.

Kangkung Darat

Kangkung Darat

Kangkung darat biasanya tumbuh subur di lahan yang tergenang air. Namun, jika tidak memungkin, kangkung darat juga dapat ditanam pada polybag. Pada dasarnya, kangkung darat dapat ditanam pada polybag berukuran 35×35 cm atau lebih. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan kangkung darat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

Pemilihan Polybag

Polybag

Polybag yang digunakan untuk menanam kangkung darat sebaiknya berwarna hitam atau coklat tua karena bisa menyerap panas dari matahari sehingga rood plant atau akar kangkung bisa tumbuh dengan baik. Pilih polybag yang memiliki ketebalan minimal 4 mm agar tidak mudah sobek atau rusak. Sebelum digunakan, polybag harus dicuci terlebih dahulu dengan air bersih dan detergen untuk menghilangkan bakteri atau kotoran yang menempel di permukaannya.

Persiapan Media Tanam

Media Tanam

Untuk menanam kangkung darat di polybag, media tanam yang digunakan harus memiliki sifat gembur dan subur. Gabungan antara tanah dengan kompos atau pupuk kandang dapat menjadi media tanam yang bagus. Namun, jika tidak tersedia, bisa diganti dengan menggunakan campuran tanah dengan arang sekam dan vermikulit.

Penyemaian

Setelah melakukan persiapan media tanam dan polybag, tahap selanjutnya adalah penyemaian bibit kangkung darat. Pertama, isikan polybag dengan media tanam hingga 2/3 bagian. Berikan pupuk kandang atau kompos dan aduk merata dengan media tanam. Kemudian, tanam bibit kangkung darat pada tengah media tanam yang telah disiapkan. Kemudian, tutup bagian atas polybag dengan sisa media tanam hingga bagian atas bibit tertutup rapat.

Baca juga  Tumis Labu Siam Wortel

Pemeliharaan Tanaman

Agar kangkung darat dapat tumbuh subur di polybag, perlu dilakukan pemeliharaan rutin dan tepat waktu. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain menyiram tanaman secara teratur, memberikan pupuk secara berkala, memotong daun-daun yang telah tua atau rusak, dan membersihkan polybag dari tanaman pengganggu seperti rumput liar atau semak belukar. Selain itu, pastikan media tanam tetap lembab dan tidak terlalu basah agar tanaman kangkung dapat tumbuh dengan baik.

Demikianlah cara menanam kangkung darat di polybag yang dapat Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *