Ayam Betutu Men Tempeh Ferry

Posted on

Pagi-pagi gini, aku udah kelaperan liat makanannya Bali nih. Tahu nggak? Bali punya 12 makanan khas yang kalau kamu datang ke sana, wajib dicoba! Yuk, kita cek satu-satu.

Pertama ada ayam betutu. Duh, gambarnya aja udah bikin ngiler. Kayak ayam panggang, tapi dengan bumbu rempah yang bikin lidah kamu bergoyang. Aku bisa bayangin rasanya, hmm enak banget pasti.

Next, ada bebek betutu. Ini juga sama-sama pakai bumbu rempah. Tapi bedanya, bebeknya dipanggang dengan daun pisang. Kayaknya resepnya udah dijaga rahasia banget ya, soalnya rasanya kayaknya udah terkenal di seluruh dunia!

Trus ada juga sate lilit. Ini beda banget dari sate-sate yang biasa kamu makan di luar Bali. Sate lilit ini pakai daging cincang, campur dengan kelapa parut, dan dibentuk seperti ulat pada bambu. Hahahaha, lucu ya bentuknya. Tapi jangan salah, rasa dagingnya bener-bener enak. Beneranlah.

Gado-gado Bali juga nggak kalah unik. Beda dari gado-gado di Jakarta yang banyak pakai bumbu kacang, di Bali gado-gado ini pakai bumbu yang agak kecut, mirip asam urat gitu. Coba aja bayangin, campurin sayuran segar dengan bumbu yang asam, pasti jadi kombinasi yang tak terlupakan.

Kalau kamu suka mie, coba deh mie goreng. Tapi jangan bayangin mie goreng seperti di warung-warung selain Bali. Mie goreng Bali ini beda banget. Pakai mie kuning, bacon, telur, dan bumbu rempah Bali. Setelah disajikan, baru ditambahin irisan bakso dan kerupuk. Mungkin udah biasa, tapi kalau udah mencobanya, kamu bakalan bilang “uangku buat mie goreng Bali ini habis semua nggak papa deh”.

Nasi campur Bali juga nggak boleh ketinggalan. Tapi kalo di Jawa nasi campur udah biasa pakai lauk apa aja, di Bali lauknya ini jauh lebih beragam. Ada jeroan, sate lilit, olahan ayam, dan lain-lain. Pokoknya kalau kamu makan nasi campur Bali, pasti nggak akan bosen.

Baca juga  Pesan Ayam

Sambal matah juga wajib dicoba. Ini beda dari sambal yang biasa kamu makan. Pakai bawang putih, daun jeruk, dan irisan cabai yang segar-segar. Cocok banget buat kamu yang suka pedas, tapi berbeda dari sambal pedas yang lain.

Satu lagi yang buat aku nggak sabar buat nyobain adalah brem. Brem itu fermentasi beras ketan pakai ragi. Terus hasil fermentasinya dijadikan minuman keras. Kalau kamu nggak suka minuman keras, tenang aja, ada brem manis yang pakai kelapa muda. Enak banget buat disantap pas panas-panas.

Seporsi bubur sumsum juga nggak boleh ketinggalan. Buburnya lembut, trus dicampur dengan sirup gula merah dan taburan kelapa parut. Jadi ngakalan banget pas dimakan pagi-pagi.

Jangan lupa nasi jinggo. Nasi jinggo ini udah jadi favorit di kalangan muda-mudi Bali. Kenapa? Karena kecil-kecil dan harganya super murah. Trus ditambah dengan lauk atau krupuk, wah pasti jadi makanan favoritmu juga.

Nah, udah terakhir nih. Tahu dengan lawar? Lawar ini beda dari sambal matah lho ya. Lawar beda karena pakai daging cincang, kelapa, bumbu rempah, dan bahan-bahan yang lain. Trus resepnya juga masih disimpan rapi sama orang Bali, soalnya rasanya udah terkenal di dunia.

Gimana, kamu udah makin ngiler bukan setelah baca ini? Aku sih udah nggak sabar pengen nyobain semua makanan ini. Jadi, kalau kamu ke Bali, jangan lupa coba semua makanan ini ya. Pasti jadi pengalaman yang nggak terlupakan!

Simak postingan lainnya tentang Ayam

Baca juga  Ciri Ciri Ayam Pakhoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *