Wortel Lemes

Posted on

Wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya akan nutrisi dan dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah. Namun, untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, dibutuhkan cara menanam wortel yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti untuk menanam wortel dengan sukses:

Gambar Cara Menanam Wortel Yang Baik Dan Benar

Cara Menanam Wortel Yang Baik Dan Benar

Pertama, tentukan varietas wortel yang ingin ditanam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekitar. Beberapa varietas umum yang ditanam di Indonesia antara lain wortel merah, wortel kuning, dan wortel baby. Pastikan juga memilih bibit wortel yang sehat dan bebas dari penyakit.

Kedua, siapkan lahan tanam yang memenuhi persyaratan. Tanah harus cukup gembur dan memiliki pH yang ideal antara 6.0-6.8. Jika tanah di sekitar rumah kurang subur, maka bisa dibuatkan bedengan atau ditanami di polybag atau pot.

Gambar Bedengan Memanjang

Cara Menanam Wortel di Bedengan Bercocok Tanam Memanjang

Ketiga, lakukan persiapan tanam dengan melakukan pengolahan lahan untuk membuat lubang tanam sekitar 1-2 cm dalam dan 1 cm lebar. Jarak antar lubang tanam disesuaikan dengan ukuran wortel yang ditanam. Pastikan juga jarak antar baris tanam wortel sekitar 25-30 cm agar memudahkan akses saat merawat atau panen nantinya.

Keempat, taburkan bibit wortel yang sudah disiapkan ke dalam lubang tanam. Satu lubang biasanya diisi dengan 1-2 biji bibit wortel. Kemudian, tutup kembali lubang tanam dengan tanah yang diambil tadi hingga rapat dan rata. Pastikan bibit wortel ditanam di kedalaman yang tepat, yaitu sekitar 3-4 cm dari permukaan tanah.

Baca juga  Daun Bawang Termasuk Dikotil Atau Monokotil

Gambar Menabur Benih Wortel

Menabur Benih Wortel

Kelima, beri penyiraman kepada bibit wortel secara rutin. Pastikan air yang digunakan dalam penyiraman bersih dan sebaiknya diarahkan ke bagian tanah yang basah. Begitu juga dengan intensitas penyiraman, tergantung kondisi lingkungan sekitar, bukan sekadar rutin atau sesekali saja. Ketika tidak ada hujan, disarankan untuk melakukan penyiraman setiap 2-3 hari sekali.

Keenam, beri pupuk dengan dosis yang cukup untuk mendukung pertumbuhan bibit wortel. Sebaiknya, menggunakan pupuk organik atau pupuk kandang, karena lebih ramah lingkungan dan dapat membantu menjaga kesuburan tanah. Biasanya, bibit wortel perlu diberi pupuk sekitar dua kali dalam periode 1 sampai 2 bulan setelah penanaman.

Gambar Pemupukan Tanaman Wortel

Pemupukan Tanaman Wortel

Ketujuh, jaga kebersihan lingkungan sekitar tanaman wortel. Hapus gulma yang tumbuh di sekitar permukaan tanah secara rutin supaya tanaman wortel tidak terganggu pertumbuhannya. Hal ini juga dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur atau penyakit lain pada tanaman wortel.

Kedelapan, lakukan pemangkasan daun wortel secara berkala. Saat wortel sudah besar, merah atau kuning (tergantung jenis variannya), biasanya bisa diambil setelah 4-5 bulan. Untuk memastikan masa panen wortel, bisa melihat ciri-ciri bagiannya seperti bagian ujung atau ujung teratas yang tampak merah atau kuning, tanda bahwa wortel sudah matang dan siap untuk dipanen.

Gambar Panen Wortel

Panen Wortel

Itulah beberapa tips cara menanam wortel yang baik dan benar. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat menghasilkan panen wortel yang melimpah. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *