wirausaha sukses di bidang kerajinan

Wirausaha Sukses Di Bidang Kerajinan

Posted on

wirausaha sukses di bidang kerajinan

Wirausaha sukses di bidang kerajinan – Kerajinan merupakan salah satu bidang yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu bidang usaha yang hadir di kalangan milenial sekarang ini. Dengan semakin berkembangnya dunia kerajinan ini, membuat bidang ini menjadi salah satu usaha yang bisa di kembangkan.

Baca Juga: Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer Untuk 

Wirausaha Sukses di Bidang Kerajinan

Lalu siapa saja orang-orang yang sukses di bidang kerajinan dan menjadi orang yang terkenal di bidang ini. Berikut adalah daftarnya:

Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan

  1. Komang Adi
  2. Diah Rahmalita
  3. Dewi Tanjung Sari

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses di Luar Negeri

  1. Erin Garcia
  2. Camilla Westergaard
  3. Radhika AJ

Tokoh Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan

Komang Adi

wirausaha sukses di bidang kerajinan

Sejak masih anak-anak, Komang Adi sudah menekuni hobi melukis yang ia miliki. Dengan serius, ia melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Bulan Batu, Sukawati setelah tamat dari SMP. Setamatnya dari SMSR terhadap 1997, Komang Adi segera terjun ke dunia usaha bidang seni lukis.

Pada waktu itu, peminat lukisan masih belum banyak, dan Komang pun menyambi usahanya dengan menjual beraneka aneka pigura atau bingkai foto dan lukisan. Sembari menjual pigura foto dan lukisan, Komang senantiasa melatih kapabilitas melukisnya sambil mengamati pasar lukisan.

Di tahun 2000, Komang memasarkan lukisannya dengan disiplin dan konsisten. Mulai dari menjual satu sampai dua lukisan, lantas berkembang sampai ia mempunyai galeri lukisan sendiri yang dinamai Komang Adi Galeri. Usaha kerajinan lukisan Komang pun berlanjut sampai ia sukses menjual lukisannya ke luar negeri, yang mana tiap 3 bulan ia mampu mengekspor sekitar 300 lukisan ke beraneka negara. Lukisan Komang diminati negara-negara lain dari Australia, Amerika Serikat, Jerman, sampai Perancis.

Kini, omzet yang diperoleh komang sudah mencapai Rp. 175 juta rupiah per bulan, dengan setiap lukisan di galerinya yang ia hargai mulai dari Rp. 50 ribu sampai Rp. 45 juta rupiah.

Diah Rahmalita

wirausaha sukses di bidang kerajinan

Diah mengawali usaha kerajinan berbahan limbahnya terhadap tahun 2007 dengan modal awal yang cuma sebesar Rp. 1 juta rupiah. Dengan melihat peluang yang ada, yaitu mencampurkan kapabilitas melukisnya dengan pemakaian bahan limbah seperti piring, gelas, sampai botol beling diah berani mengawali usaha kerajinannya.

Ia pun berani mengambil alih risiko dengan memastikan resign dari pekerjaannya dan fokus untuk mengembangkan usahanya. Modal ketekunan dan keseriusan dalam menggarap kerajinan seni yang membuat perubahan limbah sampah tak punya nilai menjadi karya seni yang mempunyai nilai ini membawa Diah Rahmalita kepada kesuksesan.

Usahanya pun sukses menarik perhatian pemerintah untuk memberinya bimbingan dan akses pemasaran yang lebih luas dengan turut ke beraneka pameran secara gratis.

Dewi Tanjung Sari

wirausaha sukses di bidang kerajinan

Usaha Dewi Tanjung Sari diawali disaat ia berkuliah di Universitas Brawijaya terhadap tahun 2003. Saat itu, Dewi mendapatkan sebuah gagasan untuk membuat usaha kerajinan dengan menggunakan sampah daun bekas. روليت كازينو Dengan modal awal sebesar Rp. 50 ribu rupiah, Dewi memproduksi sampah dedaunan yang dipungutnya di halaman Universitas Brawijaya menjadi sebuah pigura foto, kotak pensil, undangan, dan kerajinan lainnya.

Dewi pun lantas memasarkan produknya dengan membuat pameran sebagai layanan promosi dan menjual kerajinannya. Kemudian, usaha yang dilakoni Dewi berkembang dan membuat kerajinan berbahan dasar limbah. Berkembangnya usaha Dewi konsisten memuncak yang mana sampai terhadap tahun 2005, kerajinan yang dibuatnya dilirik customer dari negara lain.

Kerajinan yang dibikin oleh Dewi pun sukses di ekspor ke beraneka negara seperti Australia, Hong Kong, Malaysia, dan Jerman. Saat sempat mengalami krisis terhadap tahun 2009, Dewi memastikan untuk membuat franchise terhadap bisnisnya dengan nama De Tanjung. Ide brilian Dewi pun sukses membuat bisnisnya bertahan dari krisis, dan mampu konsisten berkembang setelah krisis.

Tokoh Wirausahawan di Bidang Kerajinan yang Sukses di Luar Negeri

Selain dari dalam negeri, terdapat juga wirausahawan di bidang kerajinan dari luar Indonesia yang mampu anda melihat dan pelajari kisah suksesnya, dan bisa anda terapkan beberapa pelajarannya ke usaha kerajinan yang anda miliki.

Erin Garcia

wirausaha sukses di bidang kerajinan

Wirausahawan kerajinan dari San Francisco, Amerika Serikat ini mengawali bisnisnya terhadap tahun 2011. Saat itu ia baru lulus dari SMA dan teman-temannya menolong Erin untuk menjual hasil kerajinannya yaitu berupa kartu ucapan dan hiasan dinding.

Erin yang mempunyai kegemaran untuk membuat kerajinan tangan pun mengikuti anjuran teman-temannya untuk menjual kerajinan yang dibuatnya. Alhasil, berkat kegigihannya, kerajinan Erin dilirik oleh banyak pemilik toko kerajinan dan produk Erin dijajakan di toko tersebut.

Setelah itu, Erin memberikan merk dagang terhadap produk miliknya dengan nama Feed the Fish co dan menjual produknya sendiri secara lebih luas. Kemudian Erin berlanjut dengan menjual produknya secara online melalui situs dan membranding mereknya dengan berbagi tutorial membuat kerajinan tangan.

Camilla Westergaard

Gadis Britania Raya ini mengawali usahanya yang terkait dengan kerajinan di Sheffield, Inggris. Dia sendiri tumbuh di rumah yang penuh dengan hasil kerajinan tangan hasil karya ibunya yang merupakan seorang pembuat tembikar dan hal berikut membuat Camilla jatuh cinta terhadap kerajinan tangan.

Hingga suatu waktu ia terpikirkan gagasan untuk membuat suatu platform yang menghimpun para pembuat kerajinan tangan untuk menjual produknya. Meskipun fokus Camilla bukan terdapat terhadap membuat kerajinan, tetapi ia melihat tantangan disaat melihat banyak pengrajin yang cuma fokus terhadap kreativitasnya, supaya mereka susah untuk menjual produknya.

Folksy dibentuk oleh Camilla dan menjadi sebuah platform berupa e-commerce yang menghimpun para pengrajin di Inggris yang menghendaki memperkenalkan dan menjual karyanya ke pasar yang lebih luas secara online.

Radhika AJ

Wanita pembuat kerajinan tangan dari India ini sukses menjual boneka Afika dengan beraneka warna yang terbuat dari koran bekas. Meskipun mempunyai penyakit langka yang membuatnya senantiasa berada di rumah karena tulang-tulangnya terlampau lemah, hal berikut tidak membuat Radhika putus semangat.

Waktu-waktu yang dihabiskan di rumah, ia pergunakan untuk mengasah kapabilitas tangannya untuk membuat beragam kerajinan yang unik. bet365 arabic Beberapa kerajinan yang ia membuat pada lain adalah kartu ucapan, kotak pensil, keranjang, pigura foto, dan yang paling unik boneka Afrika. لعبة سلوتس Semua kerajinannya dibikin dengan bahan dari kertas koran bekas.

Dia menjual kerajinannya menjadi dari keluarganya. Kemudian pemasaran berlanjut menjadi dari mulut ke mulut sampai dengan pemakaian internet. Radhika pun udah mendesain lebih dari 200 boneka Afrika.

Nah, itulah beberapa wirausaha sukses di bidang kerajinan yang sukses baik di Indonesia maupun di luar negri. Semoga artikel di atas memotifasi anda dan terima kasih sudah membaca.

Baca juga  Cara Menyamakan Frekuensi HT Beda Merk