Warna Cat Kamar Tidur Sempit Untuk Kesan Lebih Luas, Check It!

Warna cat kamar tidur sempit– Warna yang pada dasarnya mempunyai dampak yang cukup besar dalam mempengaruhi pikiran, perasaan, bahkan hingga pada tindakan manusia. Karena hal inilah yang kemudian membuat pemilihan warna dalam sebuah arsitektur menjadi cukup krusial karena juga mempengaruhi mood serta sensasi yang akan ditimbulkan.

Jika berbicara tentang pemilihan warna yang ada dalam dunia arsitektur tentu meliputi hampir semua bagian di dalam rumah, tak terkecuali kamar tidur. Khususnya kamu yang mempunyai ukuran kamar tidur yang mungil, pemilihan warna cat kamar tidur sempit harus dilakukan secara hati-hati agar tidak makin menimbulkan kesan sesak dan tidak leluasa.

Lalu bagaimana cara menyiasati kamar tidur dengan ukuran yang sempit agar terlihat luas dengan permainan warna? Berikut adalah rekomendasi warna cat untuk kamar tidur bagi anak perempuan ataupun cat kamar tidur anak laki-laki yang dapat kamu jadikan referensi.

1. Warna Cat Untuk Kamar Tidur Sempit Putih Cemerlang

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://i.pinimg.com/

Contoh warna cat untuk kamar tidur yang sempit berikutnya adalah dengan menerapkan cat brewarna putih pada seluruh bagian ruangan. Warna putih yang pada dasarna menjadi pilihan favorit untuk orang-orang yang menginginkan kesan lebih luas pada ruangan mereka karena mampu memancarkan pencahayaan secara sempurna ke seluruh ruangan.

Kamu juga bisa menambahkan perabot yang memiliki warna-warna terang seperti warna yang dimiliki oleh bunga-bunga pada saat musim semi untuk memberi kesan ysng lebih hidup.

2. Warna Netral dan Kalem

Sumber: https://i.pinimg.com/

Contoh warna cat untuk kamar tidur yang berukuran sempit pertama ialah dengan menerapkan cat berwarna netral. Penggunaan kombinasi warna cat kamar tidur netral yang tentunya kalem pada dasarnya merupakan perpaduan yang paling aman karena akan sangat cocok dengan segala bentuk desain ruang.

Baca Juga: Warna Cat Dinding Ruang Tamu Yang Menarik, Check It!

Kamu juga bisa mengombinasikan kamar tidur yang berwarna netral dengan perabot yang berwarna-warni dan juga memiliki detail garis vertikal ataupun horizontal untuk menghadirkan kesan yang lebih kuat.

3. Go Creative with Mural

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://i.pinimg.com/

Contoh warna cat untuk kamar tidur yang sempit lainnya ialah dengan menggunakan teknik mural yang juga bisa menonjolkan kreativitas penghuninya. Gambar mural yang disarankan untuk kamar tidur sempit adalah gambar-gambar yang mempunyai warna-warna pastel seperti halnya dengan pantai yang mempunyai warna pasir dan laut ataupun warna langit yang lembut.

Kamu juga bisa menggunakna mural jalan raya yang luas dan juga panjang, pegunungan berwarna hijau yang menyejukkan mata, atau pemandangan kota.

4. Warna Cat Untuk Kamar Tidur Sempit Honeydew yang lembut

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://lh3.googleusercontent.com/

Dengan menggunakan warna putih yang cerah merupakan cara yang paling mudah dan juga ampuh untuk membuat kamar tidur kamu yang sempit menjadi terlihat dan terasa lebih luas. Namun dengan demikian tidak ada salahnya kalo kamu ingin memberikan sebuah sentuhan warna selain warna putih yang cerah untuk dikombinasikan, seperti dengan halnya menyandingkan warna putih yang cerah dengan warna hijau yang lembut milik Honeydew seagai contoh warna cat kamar tidur yang sempit.

Honeydew sendiri merupakan warna peralihan antara warna kuning lemon dengan hijau lime. Warna hijaunya yang lembut memang sangat cocok jika digunakan sebagai trim untuk kamar berwarna putih milikmu dan tidak akan membuat mata kamu sakit saat melihatnya karena gabungan kedua warnanya masih dalam batas yang lembut untuk dipandang. Hadirnya warna honeydew ini juga akan menghadirkan rasa kesegaran tersendiri pada kamar tidurmu.

5. Kombinasi merah putih

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://www.cari-kos.com/

Bila sebelumnya kamu sudah menggunakan kombinasi antara warna putih dan abu-abu yang khas dengan pelajar SMU sebagai contoh warna cat untuk kamar tidur yang sempit. Oleh karena itu kali ini kamu bisa menggunakan kombinasi antara warna merah dan juga putih yang merupakan warna dari bendera Indonesia.

Terapkanlah kombinasi antara warna merah dengan putih yang membentuk garis vertikal pada salah satu bagian dinding di kamar tidurmu. Kemudian pada dinding yang lainnya terapkanlah cat berwarna putih agar detail dari cat yang membentuk garis vertikal merah dan putih sebelumnya terlihat lebih menonjol. Warna merah dan putih yang radiant ini juga akan mebuat kamar tidur kamu yang nampak sempit akan terlihat lebih luas.

6. Ungu pastel yang lembut

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://i.pinimg.com/

Warna pastel yang memang terkenal dengan warnanya yang lembut dan tentunya akan menghadirkan kesan tenang. Apabila digunakan sebagai warna utama pada cat dinding, terutama untuk warna cat dinding di kamar tidur. Salah satu contoh dari warna pastel yang bisa kamu coba terapkan pada dinding kamar tidurmu yakni warna ungu pastel atau warna ungu lavender.

Bagi kamu yang ingin menghadirkan kesan yang feminine pada kamar tidurmu tapi merasa bahwa warna pink atau warna merah muda sudah terlalu mainstream, maka warna ungu pastel atau warna lilac semacam ini bisa kamu jadikan sebagai pilihan warna alternatif. Kamu juga bisa menggunakan warna putih atau juga warna ungu yang lebih tua pada perabotan kamar tidur yang kamu gunakan.

7. Warna Monokrom

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://jawaracorpo.com/

Warna monokrom juga dapat kamu jadikan sebagai contoh warna cat untuk kamar tidur yang sempit. Juga bisa dipakai untuk menciptakan nuansa kamar yang luas dan juga elegan. Kamu juga bisa memadukan warna ini dengan unsur yang geometris dan juga sederhana untuk memberikan kesan lebih hidup pada ruanganmu.

8. Warna Cat Untuk Kamar Tidur Sempit Pastel Blue

Sumber: https://i.pinimg.com/

Warna biru juga diketahui bisa menghadirkan rasa yang tenang dan juga rileks bagi saraf, serta bisa memberikan kesan yang stabil, penuh harapan dan aman. Warna biru pastel satu ini juga bisa kamu kombinasikan dengan warna putih agar kamar kamu semakin terlihat luas.

Kamu juga bisa berkreasi dengan menggunakan perabotan compact dan juga multifungsi. Agar dapat menghemat ruangan sehingga kamar yang tadinya sempit dapat disulap menjadi lebih efisien dengan penggunaan yang maksimal.

9. Kombinasi putih abu-abu

warna cat kamar tidur sempit
Sumber: https://i.pinimg.com/

Tema seragam sekolah yang khas dengan pelajar SMU yaitu warna kombinasi antara warna putih dan abu-abu. Warna ini juga dapat kamu jadikan sebagai contoh warna cat pada kamar tidur yang sempit sangat patut untuk dicoba lho. Warna putih dan abu-abu juga dapat kamu aplikasikan pada masing-masing dinding kamar tidur kammu secara terpisah untuk menciptakan warna dimensi.

Terapkan pula warna putih dan juga abu-abu pada perlengkapan yang kamu gunakan di kamar tidurmu.  Seperti pada karpet, cover matras, bantal, kursi, dan juga bingkai foto.

Warna putih juga dapat kamu gunakan sebagai detail pada perabotan kamu yang berukuran besar. Misalnya tempat tidur, laci atau lemari pakaian untuk memperkuat aksen. Dengan menggunakan tema warna putih dan abu-abu sebagai warna cat kamar tidur. Diharapkan agar semangat jiwa muda masa putih abu-abu dapat tersalur pada diri kamu.

10. Warna Cat Untuk Kamar Tidur Sempit Cream blue

Sumber: https://obs.line-scdn.net/

Contoh warna cat untuk kamar tidur yang sempit selanjutnya yaitu dengan menggunakan warna krem yang dikombinasikan dengan warna biru tua. Warna krem juga bisa digunakan sebagai warna dasar untuk seluruh permukaan dinding kamar tidurmu.

Sementara warna biru tua juga dapat digunakan sebagai trim yang membingkai warna krem. Warna biru yang senada juga dapat kamu terapkan pada perabotan yang kamu gunakan. Perpaduan warnanya yang kontras namun harmonis akan menjadikan kamar tidur sempit Anda terlihat lebih ceria dan penuh semangat.