Vertical Garden Dari Botol Bekas

Posted on

Salah satu cara untuk memperindah rumah Anda adalah dengan membuat sebuah taman vertikal dari botol bekas. Selain dapat membuat rumah Anda terlihat lebih indah, taman vertikal ini juga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar Anda. Berikut ini adalah cara membuat taman vertikal dari botol bekas di rumah Anda:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Botol Bekas

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Anda akan membutuhkan beberapa botol bekas, tanah, bibit tanaman, dan potongan kawat yang biasanya digunakan untuk mengikat sejumput bunga.

2. Bersihkan Botol Bekas

Botol Bekas

Setelah Anda mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membersihkan botol bekas. Botol bekas yang digunakan sebaiknya dipilih yang berukuran sedang atau besar sedangkan botol bekas yang kecil dan terlalu pendek sebaiknya tidak digunakan. Karena, saat proses penyiraman tanaman, tanah akan cenderung basah dan akan mudah mengalir keluar dari botol yang kecil, selain itu jarak antara bibit satu dengan yang lain terlalu rapat, sehingga area pembiakan menjadi sempit dan tidak cukup berkembang.

3. Potong Botol Bekas

Botol Bekas

Jika botol telah bersih, langkah selanjutnya adalah memotong botol bekas menjadi dua bagian. Bagian atas akan menjadi tempat untuk menanam, sedangkan bagian bawah akan menjadi tempat untuk menampung air. Anda juga bisa memotong setiap botol menjadi beberapa bagian sehingga dapat membuat beberapa pohon bonsai yang unik.

Baca juga  Cara Membuat Tempat Peralatan Mandi Dari Botol Bekas

4. Pasang Kawat

Botol Bekas

Setelah botol dipotong, langkah selanjutnya adalah memasang kawat di bagian atas botol. Kawat ini berfungsi sebagai tempat penyangga bibit tanaman yang nantinya akan Anda tanam. Pastikan kawat cukup kuat dan mampu menopang bibit tanaman yang Anda pilih nanti.

5. Isi dengan Tanah dan Tanam Bibit

Botol Bekas

Setelah Anda memasang kawat, langkah selanjutnya adalah mengisi dua bagian botol bekas dengan tanah. Bagian yang lebih kecil akan diisi dengan air, sedangkan bagian yang lebih besar akan diisi dengan tanah. Setelah tanah diisi, Anda bisa menanam bibit tanaman yang dipilih sebelumnya.

6. Tempelkan Botol ke Tembok atau Pagar

Botol Bekas

Setelah siap, taman vertikal yang Anda buat bisa langsung ditempelkan pada tembok atau pagar di rumah Anda. Pastikan taman vertikal tersebut berada di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari agar bibit tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

7. Lakukan Perawatan Teratur

Botol Bekas

Agar bibit tanaman di taman vertikal tersebut tetap tumbuh dan berkembang, Anda perlu melakukan perawatan teratur. Jangan lupa untuk menyiram taman vertikal tersebut setiap hari dan memberikan pupuk yang dibutuhkan agar bibit tanaman bisa tumbuh dengan baik dan nantinya menjadi hiasan yang indah bagi rumah Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat taman vertikal dari botol bekas yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Selain itu, taman vertikal tersebut juga bisa menambah nilai estetika pada rumah Anda.

View more articles about Bulls

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *