45+ Vas Bunga Dari Cangkang Telur

Posted on

Apakah kamu tahu bahwa cangkang telur dapat digunakan sebagai media semai bagi tanaman? Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari cangkang telur untuk pertumbuhan tanaman kamu. Berikut adalah empat manfaat cangkang telur untuk tanaman yang perlu kamu ketahui.

Cangkang Telur Sebagai Media Semai

Media Semai

Cara menggunakan cangkang telur sebagai media semai sangat mudah. Pertama, bersihkan cangkang telur dari isinya dengan memecahkan cangkang tersebut. Kemudian, isi cangkang telur dengan tanah atau kompos lalu tanam benih di dalamnya. Kamu bisa menempatkan cangkang telur yang sudah diisi dengan tanah di atas pot atau lokasi semai yang telah disediakan. Cangkang telur yang diisi dengan tanah ini dapat memberikan perlindungan yang cukup bagi benih agar tumbuh dengan baik.

Cangkang Telur Sebagai Pupuk Alami

Pupuk Alami

Tahukah kamu bahwa cangkang telur juga dapat digunakan sebagai pupuk alami? Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan cangkang telur dan memadukannya dengan tanah atau kompos yang akan digunakan sebagai media tanam. Cangkang telur mengandung kalsium yang bermanfaat bagi pertumbuhan akar tanaman. Kalsium juga penting dalam membantu mengurangi keasaman tanah yang berlebihan dan memperbaiki struktur tanah yang rusak.

Cangkang Telur Sebagai Pengusir Hama Tanaman

Pengusir Hama Tanaman

Hama seperti ulat, kutu, atau siput sering menyerang tanaman dan menyebabkan kerusakan. Cangkang telur yang dihaluskan dapat digunakan sebagai pengusir hama alami. Caranya yaitu dengan menaburkan beberapa cangkang telur yang telah dihaluskan ke sekitar tanaman yang ingin kamu perlindungi. Hal ini akan membuat hama merasa terganggu dan memilih untuk pergi ke tempat lain.

Baca juga  Tabel Pemberian Pakan Ayam Broiler

Cangkang Telur Sebagai Dekorasi Taman

Dekorasi Taman

Selain bermanfaat untuk tanaman, cangkang telur juga dapat dijadikan dekorasi untuk taman atau ruang hijau. Kamu bisa membuat pot mini dengan menggunakan cangkang telur yang telah diisi dengan tanah dan tanaman yang kecil. Kamu juga bisa menyusun cangkang telur yang diisi dengan tanah dan sedikit air untuk membuat sebuah tempat untuk menanam kaktus atau tanaman kecil lainnya.

Itulah empat manfaat cangkang telur untuk tanaman yang perlu kamu ketahui. Selain bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman, cangkang telur juga memiliki nilai artistik sebagai dekorasi taman atau ruang hijau. Jangan ragu untuk mencoba menggunakan cangkang telur sebagai media semai atau pupuk alami untuk tanamanmu.

Temukan postingan lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *