Umur Jagung Manis

Posted on

Hey teman-teman, kali ini aku pengen berbagi informasi tentang cara menanam jagung manis agar bisa berbuah besar dan enak. Jagung manis memang menjadi salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang manis, jagung manis juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Langkah Pertama: Persiapan Lahan

Menanam Jagung

Sebelum menanam jagung, pastikan kamu telah mempersiapkan lahan terlebih dahulu. Lahan harus diratakan dan dibersihkan dari rumput dan sampah lainnya. Pastikan juga lahan yang kamu gunakan mendapat sinar matahari yang cukup dan memiliki drainase yang baik untuk menghindari genangan air. Kamu bisa membuat bedengan dengan membuat parit agar tetesan air lebih mudah keluar dari lahan.

Langkah Kedua: Pemilihan Bibit Jagung Manis

Bibit Jagung Manis

Pemilihan bibit jagung manis yang baik sangat penting untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Pilih bibit yang masih segar dan memiliki kualitas yang baik. Kamu bisa memilih bibit jagung manis hibrida yang biasanya lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Pastikan bibit yang kamu pilih tidak mengandung bibit jagung lainnya untuk menghindari hasil yang tidak sesuai dengan harapan.

Langkah Ketiga: Penanaman Bibit Jagung Manis

Penanaman Bibit Jagung Manis

Setelah mempersiapkan lahan dan bibit, saatnya menanam bibit jagung manis. Buat lubang sekitar 5-10cm dan tanam bibit jagung manis dengan jarak antar bibit sekitar 30cm. Pastikan bibit jagung manis ditanam dengan posisi yang benar dan tidak terbalik. Siram bibit jagung manis dengan air secukupnya, jangan terlalu banyak agar tidak membuat bibit jagung mati karena kebanjiran.

Baca juga  Ciri Ciri Produk Kerajinan Kulit Jagung

Langkah Keempat: Perawatan Tanaman Jagung Manis

Perawatan Tanaman Jagung Manis

Supaya tanaman jagung manis tumbuh subur dan berbuah lebat, perawatan tanaman sangat penting dilakukan. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan tanaman jagung manis antara lain :

  • Penyiraman dilakukan secara teratur agar tanaman tidak kekurangan air
  • Pemupukan dilakukan dengan pupuk organik yang diberikan secara merata pada tanaman
  • Pembubunan dilakukan untuk melindungi akar dari terik matahari dan menghindari genangan air pada akar
  • Pembersihan gulma dan hama secara teratur agar tanaman tidak terserang hama dan penyakit

Langkah Kelima: Pemanenan Jagung Manis

Pemanenan Jagung Manis

Setelah 70-90 hari setelah penanaman, jagung manis siap untuk dipanen. Cara memanen jagung manis cukup mudah, kamu hanya perlu memetik tongkol jagung manis dari batangnya. Jagung manis akan terasa lezat dan manis jika dipanen saat sudah matang. Selain itu, jagung manis juga akan lebih kaya akan nutrisi dan vitamin jika dipanen saat sudah matang.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan jika ingin menanam jagung manis. Selain menghemat pengeluaran untuk membeli jagung manis di pasar, kamu juga bisa menikmati jagung manis yang lebih segar dan enak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *