Ukuran lapangan tenis

Ukuran lapangan tenis standar Nasional dan Internasional

Olahraga
Ukuran lapangan tenis

Ukuran lapangan tenis standar Nasional dan Internasional serta beberapa jenis permukaan lapangan tenis yang mungkin masih belum Anda ketahui.

Tenis merupakan salah satu jenis permainan atau olahraga yang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Meskipun olahraga tenis tidak setenar badminton atau sepak bola akan tetapi olahraga ini cukup menyenangkan. Olahraga tenis membutuhkan stamina yang cukup Prima karena olahraga jenis ini ini biasanya menuntut para pemain untuk lari ke kanan dan ke kiri mengejar bola yang yang melesat begitu cepat. Olahraga tenis dilakukan di sebuah lapangan terbuka dengan menggunakan raket yang menyerupai badminton akan tetapi dengan ukuran yang lebih besar dan kokoh.

Nah bagi Anda yang merupakan penggemar olahraga tenis ada baiknya untuk mengetahui ukuran lapangan tenis standar Nasional dan Internasional berikut ini:

Ukuran lapangan tenis

Sekilas Bentuk lapangan tenis hampir mirip dengan lapangan badminton yaitu memiliki ukuran persegi panjang dengan terdapat di bagian tengah sebagai pemisah. Net tenis lapangan secara umum memiliki tinggi yang sedikit lebih pendek dibandingkan badminton. Di mana net ini biasanya lebih kuat karena harus menghalau bola tenis yang ukurannya besar dan cepat.

Berikut ketentuan ukuran lapangan tenis standar Nasional dan Internasional:

  1. Lapangan tenis yang sesuai standar setidaknya memiliki panjang 23,77 meter
  2. Lebar lapangan untuk permainan tunggal : 8,23 meter
  3. Lebar lapangan untuk permainan ganda : 10,97 meter
  4. Sedangkan jarak Antara garis servis sampai dengan net harus : 6,4 meter
  5. Dan jarak Antara garis dalam untuk permainan tunggal dengan garis luar untuk permainan ganda harus: 1,37 meter.

Beberapa jenis lapangan tenis

Setelah kita mengetahui mengenai ukuran lapangan tenis ada baiknya kita mencari tahu beberapa jenis dari permukaan lapangan tenis tersebut. Karena ada banyak model atau jenis dari lapangan tenis yang biasa digunakan dalam pertandingan Nasional dan Internasional, berikut beberapa contohnya:

1. Lapangan semen

Jenis lapangan tenis yang pertama adalah lapangan semen. Biasanya lapangan jenis ini memiliki permukaan yang keras karena terbuat dari bahan semen yang dicor. Sementara beberapa lapangan tenis internasional terkadang di bagian permukaan lapangan semen ini juga dilapisi dengan bahan sintetis untuk membuat permukaan lebih halus dan nyaman saat digunakan. Menggunakan lapangan tenis jenis ini biasanya membuat bola lebih kencang dibandingkan dengan permukaan rumput atau tanah liat.

Lapangan cepat membuat bola memantul lebih cepat. Pemain tenis harus bergerak cepat dan bermain dengan pukulan pendek karena kecepatan bola menyisakan sedikit waktu bagi pemain untuk melakukan persiapan. Itu artinya, di lapangan cepat, pemain tenis harus agresif, dan lebih sering mendekati jaring. Permainan servis yang kuat juga penting bagi para pemain di lapangan tenis jenis ini. Servis yang cepat dan efektif dapat membantu pemain memulai poin secara agresif dan mempertahankan kontrol.

2. Lapangan rumput

Sesuai dengan namanya lapangan rumput tentunya memiliki permukaan yang berbahan rumput. Lapangan tenis jenis ini biasanya memiliki kecepatan bola yang tinggi seperti halnya lapangan yang terbuat dari bahan semen. Dengan demikian lapangan rumput kurang cocok digunakan bagi mereka yang masih baru belajar permainan tenis. Karena berbahan rumput permukaan lapangan jenis ini juga memiliki tingkat perawatan yang sulit sehingga biasanya lebih mahal.

3. Lapangan tanah liat

Sebagai seorang penggemar tenis pasti anda kenal dengan Rafael Nadal. Ya Rafael Nadal merupakan salah satu rajanya lapangan tanah liat. Dengan karakteristik lapangan yang sedikit lebih lambat dibandingkan dengan jenis lapangan semen, biasanya menggunakan lapangan jenis ini membuat rally dalam permainan lebih lama. Hal ini dikarenakan bola tidak mudah mati sehingga lapangan tanah liat sangat cocok digunakan bagi mereka yang masih baru belajar bermain tenis.

Meskipun namanya lapangan tanah liat, akan tetapi bahan yang digunakan tidak 100% terbuat dari bahan tanah mentah melainkan terkadang juga menggunakan batu bata yang dihancurkan kemudian dipadatkan.

Lapangan lambat seperti lapangan tanah liat ini biasanya membuat bola memantul lebih tinggi dan lebih lambat. Oleh karena itu, pemain akan memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pukulan sehingga bola tidak mudah mati. Di lapangan tanah liat, penambahan poin biasanya lebih lama, sehingga pertandingan juga membutuhkan waktu yang lebih lama pula. Secara umum, lapangan tanah liat membuat pemain tenis lebih mudah lelah setelah pertandingan dibandingkan di lapangan rumput atau permukaan keras. Selain itu pemian juga lebih menyukai bermain pada area garis belakang dan menunggu bola daripada mendekat ke jaring.

4. Lapangan rumput sintetis

Lapangan rumput sintetis biasanya terbuat dari berbagai bahan yang berbeda termasuk rumput sintetis dan karet keras. Lapangan tenis rumput sintetis biasanya dapat dilepas sehingga hanya bersifat sementara atau tidak permanen. Biasanya lapangan tenis jenis ini akan membuat pemian lebih cepat dalam bergerak.

Lapangan rumput sintetis juga dapat digunakan sebagai lapangan tenis luar di daerah-daerah seperti Hawaii. Seringkali, lapangan rumput sintetis menggunakan pembalut di atasnya untuk menyerap kelembapan sehingga memungkinkan lapangan digunakan saat kondisi sedang hujan.

Ukuran net tenis lapangan

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa permainan tenis lapangan Ini juga membutuhkan net. Net ini hampir mirip dengan net badminton akan tetapi lebih pendek dan mendekat ke tanah. Ukuran dari net tenis lapangan yang sesuai standar nasional dan internasional adalah:

  1. Tinggi tiang net tenis lapangan harus: 1,07 mater
  2. Tinggi net tenis lapngan pada bagian ujung yaitu: 1,07 meter
  3. Sedangkan pada bagian tengah tinggi net 0,914 meter
  4. Untuk diameter dari kabel kawat pengikat net maksimal sekitar: 0,8 cm
  5. Maksimal lebar dari kawat net tersebut yaitu : 5 cm
  6. Sedangkan untuk tebal pita di bagian pinggir net tenis lapangan kurang lebih: 5 hingga 6,35 cm
  7. Untuk jarak antara tiang sampai garis pinggir harus: 0,914 meter

Ukuran raket tenis

Salah satu komponen yang tidak kalah penting dalam permainan tenis adalah rake. Raket yang digunakan sebaiknya harus sesuai standar sehingga tidak melanggar ketentuan yang telah diberlakukan dalam permainan tenis.

Baca Juga: Ukuran meja tenis (pingpong) sesuai standar Internasional

Sebenarnya lebar kepala pada raket bervariasi ada yang memiliki lebar 93 hingga 135 inci persegi. Sedangkan yang paling standar atau umum digunakan adalah 97 sampai 100 inci. Semakin besar kepala pada raket tenis akan memberikan kekuatan atau kecepatan yang lebih akan tetapi tentunya Anda juga membutuhkan otot yang lebih kuat untuk menggunakan raket ini.

Sedangkan untuk panjangnya sendiri rata-rata raket tenis memiliki ukuran sekitar 26 hingga 29 inci. Biasanya raket yang memiliki ukuran lebih panjang memberikan jangkauan yang lebih luas.

Nah demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan tenis dan beberapa jenis lapangan yang digunakan dalam olahraga yang satu ini. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan bagi anda terutama dalam dunia olahraga tenis.