Ukuran lapangan takraw Standar Nasional dan Internasional

Ukuran lapangan takraw
Ukuran lapangan takraw
image by wikimedia.org

Ukuran lapangan takraw Standar Nasional dan Internasional serta informasi mengenai olahraga yang satu ini secara lengkap. Sepak takraw merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Dari si permainan sepak takraw sebenarnya hampir mirip dengan bola voli akan tetapi menggunakan kaki. 

Jadi bisa dikatakan sepak takraw hampir mirip dengan perpaduan antara bola voli dan juga sepak bola karena menggunakan kaki. Bagi anda para penggemar permainan sepak takraw tentunya ingin mengetahui seluk beluk permainan yang satu ini. 

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah ukuran lapangan takraw. Lantas berapakah ukuran lapangan takraw beserta tinggi net dari permainan ini?. Berikut ulasannya untuk anda.

Ukuran net takraw

Pertama yaitu ukuran tinggi dari net sepak takraw. Dalam permainan sepak takraw putra tinggi net yang digunakan yaitu memiliki ketinggian sekitar 1, 55 m pada bagian samping. Sedangkan pada bagian tengah minimal 1,52 m. 

Sedangkan untuk tim Putri tinggi net sepak takraw yaitu 1, 45 m pada bagian samping dan 1,42 m pada bagian tengahnya. Untuk lebar dari net sepak takraw sendiri yaitu sekitar 70 cm dengan panjang net 6,1 m.

Sedangkan jarak antara tiang net dengan garis yang berada di tepi yaitu 0,3 m. Ukuran dari jala atau jaring yang digunakan dalam sepak takraw yaitu biasanya berbentuk persegi dengan diameter sekitar 6 sampai 8 cm.

Nah setelah anda mengetahui ukuran dari net permainan sepak takraw sekarang mari kita bahas sedikit mengenai ukuran dan bahan bola takraw itu sendiri.

Ukuran bola takraw

Selain net salah satu komponen yang wajib dalam permainan sepak takraw adalah bola. Berbeda dengan permainan sepak bola, bola yang digunakan dalam sepak takraw ini memiliki ukuran yang tentunya jauh lebih kecil. Lantas berapakah ukuran tepatnya?

Bola sepak takraw biasanya memiliki diameter keliling sekitar 42 sampai 44 cm. Ukuran ini biasanya merupakan standar bagi pria, sedangkan untuk wanita memiliki ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 43 sampai 45 cm. Mungkin hal ini bertujuan untuk memudahkan wanita dalam mengontrol bola dengan ukuran yang sedikit lebih besar. 

Selain pada ukuran yang lebih besar, biasanya bola yang digunakan untuk sepak takraw Putri juga memiliki tekstur yang sedikit lebih lunak dibandingkan dengan bola yang digunakan untuk sepak takraw pria. 

Untuk jumlah lubang yang terdapat dalam bola sepak takraw biasanya memiliki sekitar 12 lubang. Untuk beratnya sendiri biasanya berkisar antara 170 hingga 180 gram untuk pria dan 150-160 g untuk wanita. 

Pada bagian bahannya sendiri bermacam-macam ada yang menggunakan plastik ada juga yang menggunakan rotan yang dianyam. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing diantaranya adalah bola yang berbahan rotan biasanya lebih lunak dibandingkan dengan yang berbahan plastik. Akan tetapi untuk pertandingan internasional biasanya menggunakan bola berbahan plastik karena lebih awet dan juga kuat. 

Ukuran lapangan takraw

Informasi yang selanjutnya adalah ukuran lapangan sepak takraw. Lapangan sepak takraw memiliki bentuk persegi panjang seperti halnya lapangan bola voli dan badminton. Akan tetapi yang paling mencolok dari lapangan sepak takraw adalah terdapatnya beberapa garis yang berbentuk bulat pada bagian tengah. Kedua bulatan di pada bagian tengah di kedua sisi ini merupakan tempat untuk melakukan servis pada permainan takraw. 

Untuk ukurannya panjang lapangan takraw biasanya sekitar 13,40 meter dengan lebar 6,10 meter. Ukuran diameter dari tempat servis permainan takraw yaitu 0,3 m. Untuk daerah bebas penonton dari garis terluar biasanya memiliki ukuran 2 m.

Nah tadi ulasan mengenai ukuran lapangan takraw semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda seputar olahraga yang satu ini. Terima kasih banyak telah membaca artikel dari cara processor.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →