Teknik serta ukuran lapangan lompat jauh sesuai standar disertai gambar

Ukuran lapangan lompat jauh
ukuran lapangan lompat jauh

Ukuran lapangan lompat jauh standar nasional dan internasional disertai gambar serta teknik yang baik untuk melakukannya agar lompatan dapat maksimal.

Lompat jauh merupakan salah satu olahraga yang sebenarnya sangat simpel. Meskipun demikian ternyata permainan lompat jauh juga membutuhkan teknik yang perlu diketahui. Teknik ini dibutuhkan untuk meningkatkan lompatan agar lebih jauh.

Bagi anda yang senang dengan olahraga lompat jauh berikut kami sajikan mengenai informasi lengkap seputar olahraga yang satu ini. 

Ukuran lapangan lompat jauh

Seperti olahraga jenis lainnya lompat jauh juga membutuhkan tempat atau lapangan yang nantinya akan digunakan. Berikut ukuran tempat lapangan lompat jauh yang sesuai standar:

  1. Panjang lapangan lompat jauh adalah 9 m;
  2. Sedangkan untuk lebar lapangan lompat jauh yaitu 2,75 m;
  3. Lebar lintasan awal pada lapangan lompat jauh sekitar 1,22 meter;
  4. Sedangkan untuk lebar papan tumpu lapangan lompat jauh yaitu 20 m;
  5. Untuk panjang papan tumpu dari lapangan lompat jauh 1,22 meter.

Mengenai olahraga lompat jauh

Lompat jauh merupakan tergolong sebagai jenis olahraga yang masih dalam kategori atletik. Olahraga ini sangat membutuhkan kecepatan lari dan juga kekuatan kaki untuk mendapatkan lompatan yang jauh.

Beberapa hal yang sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan lompatan dalam olahraga ini diantaranya adalah kecepatan kekuatan serta kelenturan. Selain itu, stamina atau kemampuan daya tahan tubuh sangat penting sekali dalam olahraga atletik ini. Terlebih lagi jika pertandingan harus dilakukan hingga beberapa babak.

Menurut para peneliti olahraga lompat jauh lebih mengutamakan speed atau kecepatan dibandingkan dari ancang-ancang atau sprint. Sehingga orang yang memiliki kecepatan lari belum tentu dapat melakukan lompatan jauh dengan baik. 

Setelah anda mengetahui ukuran lompat jauh dan teknik yang dibutuhkan untuk melakukannya. Sekarang kita akan mencari tahu bagaimana sejarah olahraga lompat jauh ini dimulai.

Sejarah lompat jauh

Olahraga lompat jauh telah lama diperkenalkan terutama oleh bangsa yunani kuno. Bahkan olahraga ini diyakini telah dikenalkan hingga 2800 tahun yang lalu. Di olimpiade kuno olahraga lompat jauh sudah dikenalkan dan menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup populer.

Dipopulerkannya olahraga lompat jauh awalnya ditujukan untuk meningkatkan ketangkasan para prajurit perang di yunani. Setelah olahraga ini cukup populer makan lompat jauh dipertandingkan pertama di olimpiade kuno hingga olimpiade modern saat ini.

Olahraga lompat jauh awalnya tidak dilakukan seperti saat ini dimana pemain harus membawa beban saat melakukan lompat jauh. Cadil olahraga lompat jauh pada zaman yunani kuno lebih sulit dibandingkan yang saat ini kita ketahui. Beban yang dibawa oleh para pelompat jauh tersebut dinamakan halteres.

Beberapa teknik melakukan lompat jauh

Sebelum melakukan olahraga lompat jauh tentu ada beberapa teknik yang perlu anda perhatikan agar lompatan bisa maksimal. 

Teknik awalan lompat jauh

Teknik awal yang dilakukan untuk memulai lompat jauh adalah dengan cara berlari kencang. Ini merupakan salah satu teknik awalan yang sangat penting sekali agar lompatan bisa maksimal. Biasanya saat sebelum melakukan lompatan para atlet harus berlari setidaknya 40 sampai 45 meter untuk melakukan ancang-ancang.

Teknik menumpu dalam lompat jauh

Teknik menumpu ini juga sangat penting karena jauhnya lompatan anda akan sangat ditentukan dari teknik tersebut. Teknik menumpu dilakukan dengan melakukan tolakan menggunakan kaki yang terkuat dengan cara mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Untuk membuat teknik menumpu ini maksimal sebaiknya saat melakukannya badan anda jangan terlalu. Selain itu tumpuan harus kuat, cepat, serta aktif agar lompatan bisa benar-benar jauh. 

Teknik melayang dalam lompat jauh

Setelah kita mempelajari teknik menumpu dalam olahraga lompat jauh sekarang kita akan membahas sedikit mengenai bagaimana teknik yang baik saat melayang. Salah satu faktor yang sangat penting untuk membuat teknik melayang yang baik adalah dengan melakukan keseimbangan. Untuk menjaga keseimbangan dengan baik anda bisa mengayunkan kedua tangan saat melayang diudara. 

Teknik mendarat

Teknik yang teratur dalam melakukan olahraga lompat jauh adalah bagaimana cara mendarat yang baik. Proses mendarat ini juga sangat penting sekali karena jauh tidaknya lompatan anda juga akan ditentukan oleh bagaimana anda mendarat.  Baca juga artikel terkait Ukuran lapangan kasti sesuai standar serta peraturan singkatnya

Dalam melakukan teknik pendaratan sebaiknya tangan anda jangan sampai jatuh duluan. Karena yang akan dihitung dari lompatan jauh adalah bagian tubuh mana yang paling awal menyentuh tanah. 

Selain itu, jika kaki anda yang lebih dulu menyentuh tanah akan tetapi pantat dan tangan anda menyentuh tanah juga, maka yang akan dihitung adalah bagian terdekat tersebut. Inilah pentingnya menjaga keseimbangan saat melakukan pendaratan dalam olahraga lompat jauh.

Demikian tadi ulasan mengenai ukuran lapangan lompat jauh serta teknik yang baik untuk melakukannya. Semoga informasi diatas dapat membantu anda mengetahui bahan yang baik dalam melakukan olahraga lompat jauh.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →