Ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional

Olahraga
Ukuran lapangan bulu tangkis
image: wikimedia.org

Ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional, serta peraturan dalam permainan tersebut yang diulas secara lengkap dan mendalam.

Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia setelah sepak bola. Hal ini tidak terlepas dari prestasi bulu tangkis Indonesia sendiri di Kancah internasional. Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan kekuatan dan fisik yang prima. Karena olahraga jenis ini membuat para pemain terus memukul bola tanpa henti.

Sekilas tentang bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup terkenal sehingga masuk dalam pertandingan taraf internasional termasuk SEA Games, Olimpiade dan Asian Games. Salah satu komponen yang harus dimiliki untuk permainan bulu tangkis ini adalah lapangan. Ya karena tempat atau lapangan yang digunakan sangat penting sekali untuk menunjang permainan bulu tangkis tersebut.

Sayangnya, ternyata banyak ukuran lapangan yang digunakan permainan bulu tangkis tidak sesuai standar Internasional. Hal ini membuat calon atlet agak sedikit kesulitan saat bertanding di pertandingan resmi Yang bertaraf Nasional atau Internasional.

Nah bagi Anda yang menyukai permainan bulu tangkis ada baiknya bermain di lapangan yang sesuai standar Internasional agar nantinya anda lebih mudah menyesuaikan. Salah satu hal yang paling penting untuk melihat standar lapangan adalah ukurannya. Berikut informasi mengenai ukuran lapangan bulu tangkis yang sesuai standar Nasional dan Internasional.

Ukuran lapangan bulu tangkis secara keseluruhan

Lapangan bulu tangkis atau badminton memiliki ukuran persegi panjang dengan permukaan yang rata. Di bagian tengahnya terdapat pemisah yaitu net atau jaring yang yang memiliki ketinggian 1,505 m. Ketentuan ukuran lapangan bulu tangkis adalah:

  1. Lapangan bulu tangkis tidaknya memiliki panjang sekitar 13,40 meter
  2. Lebar lapangan harus 6,10 meter
  3. Sedangkan jarak antara garis net hingga ke garis servis harus 1,98 meter.
  4. Ukuran jarak garis tempat servis tengah dengan garis samping lapangan harus 3,05 meter.
  5. Jarak antara garis samping pada permainan tunggal dengan garis pinggir lapangan : 0,46 meter.
  6. Sedangkan untuk ukuran net harus memiliki ketinggian 1,55 meter.
  7. Net terbuat dari jaring dengan lubang kecil sehingga membuat kok tidak bisa menembus masuk ke area lawan.
  8. Sedangkan lebar net yaitu sama dengan lebar lapangan bulu tangkis tersebut

Ukuran lapangan bulu tangkis untuk permainan tunggal

Biasanya di dalam lapangan bulu tangkis terdapat dua garis dimana garis tersebut diperuntukkan permainan ganda dan juga tunggal. Untuk permainan tunggal biasanya menggunakan garis yang di dalam dengan ukuran lebar hanya 4,72 meter saja. Sedangkan untuk bagian belakang maka menggunakan garis kedua atau garis paling belakang.

Ukuran raket bulu tangkis

Ukuran raket bulu tangkis
image: pexels.com

Raket pemain bulu tangkis biasanya terbuat dari logam ringan seperti aluminium atau fiber. Dimana raket ini tersebut memiliki jaring di tengah dengan bahan senar. Kualitas dari raket permainan bulu tangkis tergantung kekuatan logam dan juga jenis senar yang digunakan. Semakin kuat dan ringan maka semakibn bagus. Termasuk seberapa kencang pemasangan senar juga bisa menjadi salah satu tolak ukur kualitas raket bulutangkis.

Biasanya nya raket permainan bulu tangkis memiliki berat sekitar 150 gram. Akan tetapi terkadang bisa kurang atau lebih tergantung dari kebutuhan masing-masing pemain. Untuk ukurannya sendiri biasanya panjang dari raket pemain bulu tangkis sekitar 66 sampai 68 cm dengan lebar antara 19 sampai 22 cm.

Ukuran shuttlecock bulu tangkis

Satu lagi komponen yang paling penting dalam permainan bulu tangkis adalah kok. Kok atau shuttlecock dalam permainan bulu tangkis biasanya terbuat dari bahan seperti kayu yang dibungkus dengan gabus tipis. Di samping dari shuttlecock biasanya terdapat sejumlah bulu yang berfungsi untuk menyeimbangkan laju shuttlecock. bulu dari shuttlecock ini biasanya berjumlah sekitar 14 sampai 15 helai. Untuk diameter dari kepala shuttlecock sendiri biasanya memiliki ukuran sekitar 25-27 mm. Sedangkan untuk ukuran tinggi dari bulu shuttlecock sekitar 64 hingga 73 mm. Kok atau shuttlecock ini biasanya memiliki berat sekitar 4,73 gram sampai dengan 5 gram.

Peraturan permainan bulutangkis

Setelah anda mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis tidak lengkap rasanya jika anda belum tahu mengenai peraturan permainan bulu tangkis tersebut. Berikut beberapa peraturan bulu tangkis mulai dari servis dan juga game dalam permainan.

Permainan bulu tangkis biasanya selesai dalam 2 kali kemenangan di mana satu game atau set nya terdiri dari 21 poin. Meskipun Hanya dua kali kemenangan atau maksimal 3 set permainan bulu tangkis bisa menjadi sangat lama karena di dalam permainan bulu tangkis terdapat pergantian bola. Beda halnya dengan permainan tenis meja yang langsung mendapat poin saat lawan gagal mengembalikan bola.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan para pemain bulu tangkis adalah saat melakukan servis. Nah untuk itu berikut beberapa ketentuan dari servis permainan bulutangkis:

Ketentuan servis bulu tangkis

Servis harus dilakukan di area atau kotak yang sudah ditentukan dengan ketentuan:

  1. Saat melakukan servis pada permainan bulu tangkis maka tinggi daun raket harus tidak boleh lebih dari pegangan raket.
  2. Saat melakukan servis pada permainan bulu tangkis maka posisi kok saat dipukul harus berada di bawah pinggang. Itu artinya anda tidak boleh melakukan servis terlalu tinggi.
  3. Saat melakukan servis kaki tidak boleh melompat
  4. Kaki tidak boleh bergerak sebelum kok dipukul
  5. Saat melakukan servis pada angka genap maka seorang pemain akan berada pada kanan kotak. Begitu sebaliknya saat berada pada poin ganjil maka pemain bulu tangkis akan melakukan servis pada kotak sebelah kiri.

Peraturan dalam hal penilaian bulu tangkis

Dalam permainan bulu tangkis atau badminton entah itu permainan ganda ataupun tunggal maka 1 game terdiri dari 21. Saat mencapai game point maka harus ada selisih 1 poin. Sehingga saat pada waktu kemenangan maka selisih angka akhir 2 poin. Jika kedua pemain bulu tangkis berada di poin 20 20 maka pertandingan akan diberikan tambahan 2 poin, begitu seterusnya.

Biasanya dalam permainan bulu tangkis menggunakan format dua kali kemenangan atau maksimal 3 set. Jika seorang pemain dapat mengalahkan lawannya hanya dalam 2 set atau game berturut-turut maka permainan tidak dilanjutkan pada saat ketiga.

Baca juga: Ukuran lapangan futsal standar Nasional dan Internasional

Kesalahan dalam permainan bulu tangkis

Nah setelah Anda mengetahui mengenai ukuran lapangan bulu tangkis dan juga beberapa peraturan dasar maka ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Memukul shuttlecock sebelum menyeberangi net. Salah satu hal yang dilarang dalam permainan bulu tangkis adalah saat kita menyerobot satelkok dari lawan yang belum melewati net. Jika kita melakukan hal ini maka lawan akan diberikan poin karena dianggap sebagai sebuah pelanggaran dalam permainan bulutangkis.
  2. Saat permainan sedang berlangsung seorang pemain menyentuh net. Dalam permainan bulu tangkis ataupun voli menyentuh net merupakan sesuatu pelanggaran. Jadi saat melakukan sebuah pukulan dalam permainan bulu tangkis maka anda harus berhati-hati jangan sampai raket menyentuh net.
  3. Menyentuh satelkok dua kali. Dalam permainan bulu tangkis Anda harus mengembalikan shuttlecock dengan satu kali pukulan. Jadi anda tidak boleh memukulnya kembali saat shuttlecock sudah sempat mengenai raket Anda. Hal ini juga berlaku untuk permainan ganda. Jadi saat rekan Anda menyentuh shuttlecock akan tetapi tidak sampai pada area lawan maka anda tidak boleh menambah pukulan lagi.
  4. Melakukan servis saat pemain lawan belum siap. Dalam permainan apapun entah itu bulu tangkis atau tenis meja, ataupun tenis lapangan maka saat melakukan servis Anda harus Melihat posisi lawan. Saat lawan sudah benar-benar siap maka Anda boleh melakukan servis.

Nah demikian tadi beberapa ulasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis, raket, shuttlecock, sampai dengan peraturan dalam permainan bulu tangkisyang mungkin masih belum banyak diketahui orang.