Ukuran Kandang

Posted on

Puyuh petelur menjadi salah satu komoditas yang cukup menjanjikan untuk dijadikan usaha sampingan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memulai usaha ini adalah ukuran kandang yang sesuai. Berikut ini adalah contoh ukuran kandang yang dapat digunakan untuk puyuh petelur:

Ukuran Kandang

Kandang puyuh petelur

Ukuran kandang yang sesuai untuk puyuh petelur adalah 50 cm x 50 cm x 25 cm. Kandang ini dapat menampung sekitar 5-7 ekor puyuh dewasa. Pilihlah kandang yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti besi atau kayu.

Selain ukuran kandang, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat memulai usaha puyuh petelur, antara lain:

Tempat Membeli Bibit Puyuh

Bibit puyuh

Anda dapat membeli bibit puyuh di tempat peternakan atau toko pertanian terdekat. Pastikan bibit yang dibeli berasal dari peternakan yang terpercaya dan sehat.

Pakan yang Sesuai

Pakan puyuh

Puyuh petelur membutuhkan pakan yang kaya akan protein, seperti campuran biji-bijian dan pelet pakan yang tersedia di toko pertanian. Berikan pakan secara teratur dan pastikan air minum tersedia sepanjang waktu.

Perawatan Kesehatan

Perawatan kesehatan puyuh

Periksa kesehatan puyuh secara rutin dan pastikan mereka tidak terkena penyakit. Jika ada tanda-tanda penyakit, seperti bulu rontok atau kurang aktif, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

Memulai usaha puyuh petelur memang membutuhkan perencanaan yang matang dan perawatan yang baik. Namun, jika dikelola dengan baik, usaha ini dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Baca artikel lainnya seputar Kandang

Baca juga  Ukuran Kandang Puyuh Petelur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *