Ukuran Kandang Bebek Petelur 50 Ekor

Posted on

Banyak di antara kita yang ingin memulai usaha peternakan bebek pedaging. Namun, untuk dapat mencapai hasil yang optimal, diperlukan perencanaan yang matang terlebih dahulu. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah kandang bebek pedaging. Berikut adalah beberapa cara membuat kandang bebek pedaging sistem kering yang dapat Anda coba.

Cara Membuat Kandang Bebek Pedaging Sistem Kering dengan Tipe Parit Tengah

Tipe Parit Tengah

Kandang bebek pedaging dengan tipe parit tengah merupakan salah satu jenis kandang yang cukup populer. Tipe ini cocok untuk pemula yang ingin memulai usaha peternakan bebek pedaging karena mudah dalam pembuatan dan perawatannya.

Pada tipe ini, kandang memiliki parit di tengah untuk menampung kotoran bebek dan urine. Parit ini dilengkapi dengan pipa untuk memudahkan pengalihan limbah agar dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Selain itu, pada tipe ini juga terdapat lantai dari semen dengan kemiringan 3-5% agar air limbah dapat mengalir ke parit dan tidak menumpuk di dalam kandang.

Untuk membuat kandang bebek pedaging tipe parit tengah, Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana seperti kayu, bambu, dan triplek. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan bahan-bahan seperti kayu, bambu, dan triplek sesuai dengan desain kandang yang ingin dibuat. Pastikan bahan yang digunakan berkualitas dan tahan lama untuk dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  2. Buatlah rangka kandang menggunakan kayu atau bambu. Pastikan rangka kandang terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh agar dapat menahan beban bebek yang berat.
  3. Pasang triplek atau kayu sebagai lantai kandang dengan kemiringan 3-5%. Pastikan lantai kandang tertutup rapat agar kotoran dan urine bebek tidak merembes keluar.
  4. Buat parit di tengah kandang untuk menampung kotoran dan urine bebek. Pastikan parit dilengkapi dengan pipa yang dapat digunakan untuk membuang limbah kandang.
  5. Buatlah pintu pada sisi depan kandang untuk memudahkan akses dalam memberi makan dan merawat bebek. Pastikan pintu terbuat dari bahan yang kokoh dan mudah dibuka dan ditutup.
  6. Buatlah ventilasi udara pada sisi atas kandang untuk memastikan sirkulasi udara yang baik di dalam kandang. Pastikan ventilasi berukuran cukup besar agar udara segar dapat masuk ke dalam kandang.
  7. Pasang tempat makan dan minum pada sisi yang tepat di dalam kandang. Pastikan tempat makan dan minum tertata rapi agar bebek tidak saling berebut untuk mendapatkan makanan dan minum.
  8. Sebelum dimasukkan ke dalam kandang, pastikan bebek diberi vaksin dan dicek kondisinya terlebih dahulu. Jangan lupa memberi makan dan minum secara teratur serta membersihkan kandang dari kotoran dan urine bebek secara berkala.
Baca juga  Kandang Ayam Bambu Bongkar Pasang

Cara Membuat Kandang Bebek Pedaging Sistem Kering dengan Tipe Longitudinal

Tipe Longitudinal

Selain tipe parit tengah, terdapat juga tipe kandang bebek pedaging sistem kering dengan tipe longitudinal atau panjang. Tipe ini cocok untuk lahan yang sempit atau dalam kandang yang tinggi.

Pada tipe ini, kandang memiliki lantai solid yang dilengkapi dengan kemiringan yang sama dengan tipe parit tengah. Kotoran dan urine bebek akan jatuh ke lantai dan masuk ke dalam parit di bawah kandang. Parit ini dilengkapi dengan pipa untuk membuang limbah kandang.

Untuk membuat kandang bebek pedaging tipe longitudinal, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan bahan-bahan seperti kayu, bambu, dan triplek sesuai dengan desain kandang yang Anda inginkan.
  2. Buatlah rangka kandang menggunakan kayu atau bambu. Pastikan rangka kandang terbuat dari bahan yang berkualitas dan kokoh agar dapat menahan beban bebek yang berat.
  3. Pasang triplek sebagai lantai kandang dengan kemiringan 3-5%. Pastikan lantai tertutup rapat dan tidak merembes.
  4. Buatlah parit di bawah kandang untuk menampung kotoran dan urine. Pastikan parit dilengkapi dengan pipa yang dapat digunakan untuk membuang limbah kandang.
  5. Buatlah ventilasi udara pada sisi atas kandang agar sirkulasi udara di dalam kandang baik.
  6. Buatlah pintu pada sisi depan kandang agar mudah dalam memberi makan dan merawat bebek.
  7. Pasang tempat makan dan minum yang rapi untuk memudahkan akses bebek dalam mengambil makanan dan minuman.
  8. Sebelum dimasukkan ke dalam kandang, pastikan bebek diberi vaksin dan dicek kondisinya terlebih dahulu. Jangan lupa memberi makan dan minum secara teratur serta membersihkan kandang dari kotoran dan urine bebek secara berkala.

Cara Membuat Kandang Bebek Pedaging Sistem Kering dengan Tipe Sistem Gabungan

Tipe Sistem Gabungan

Anda juga dapat membuat kandang bebek pedaging dengan tipe sistem gabungan antara tipe parit tengah dan longitudinal. Dalam tipe ini, satu sisi kandang terdapat parit tengah dan satu sisi lagi tanpa parit.

Baca juga  Kandang Kolibri

Untuk membuat kandang bebek pedaging tipe sistem gabungan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan bahan-bahan seperti kayu, bambu, dan triplek sesuai dengan desain kandang yang diinginkan.
  2. Buatlah rangka kandang menggunakan kayu atau bambu. Pastikan rangka kandang terbuat dari bahan yang kokoh dan dapat menahan beban bebek yang berat.
  3. Pasanglah triplek sebagai lantai kandang dengan kemiringan 3-5%. Pastikan lantai tertutup rapat agar kotoran dan urine bebek tidak merembes keluar.
  4. Buatlah parit di satu sisi kandang untuk menampung kotoran dan urine. Pastikan parit dilengkapi dengan pipa yang dapat digunakan untuk membuang limbah kandang.
  5. Buatlah pintu pada sisi depan kandang agar mudah dalam memberi makan dan merawat bebek.
  6. Pasanglah ventilasi udara pada sisi atas kandang agar sirkulasi udara di dalam kandang baik.
  7. Pasang tempat makan dan minum yang rapi agar bebek dapat mengambil makanan dan minuman dengan mudah dan teratur.
  8. Sebelum dimasukkan ke dalam kandang, pastikan bebek diberi vaksin dan dicek kondisinya terlebih dahulu. Jangan lupa memberi makan dan minum secara teratur serta membersihkan kandang dari kotoran dan urine bebek secara berkala.

Berbasis pada jenis-jenis tipe kandang bebek pedaging yang telah dijelaskan di atas, maka diharapkan Anda dapat membuat kandang bebek dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan jenis tipe kandang bebek pedaging sesuai dengan kebutuhan dan lahan yang tersedia. Dengan membuat kandang sendiri dengan tipe yang sesuai, maka diharapkan dapat menghasilkan bebek pedaging yang berkualitas dan sesuai dengan harapan.

Temukan postingan lainnya tentang Kandang

Baca juga  Kandang Ayam Dari Besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *