Udang Dan Timun Laut

Posted on

Simbiosis adalah sebuah interaksi antara dua spesies yang memiliki efek yang berbeda terhadap setiap individu pada spesies tersebut. Ada tiga jenis simbiosis yang dikenal di alam yaitu mutualisme, komensalisme dan parasitisme. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai simbiosis beserta contohnya, khususnya pada mutualisme dan komensalisme.

Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme terjadi ketika dua spesies saling mendapatkan manfaat dari hubungan tersebut. Ada dua jenis simbiosis mutualisme, yaitu obligat dan fakultatif. Simbiosis mutualisme obligat biasanya dijumpai pada hubungan antara tumbuhan dengan arbuskula, sedangkan simbiosis mutualisme fakultatif biasanya dijumpai pada hubungan antara lebah dengan bunga.

Contoh simbiosis mutualisme obligat adalah hubungan antara tumbuhan dan arbuskula. Arbuskula adalah jamur tanah yang hidup bersimbiosis dengan akar tumbuhan. Arbuskula memberikan nutrisi yang diperoleh dari tanah untuk tumbuhan dan sebaliknya tumbuhan memberikan glukosa sebagai sumber karbon bagi arbuskula. Selain itu, jamur arbuskula juga membuat koloni di dalam tanah yang memperbaiki struktur tanah agar lebih baik dalam menyerap sari-sari makanan.

Simbiosis Mutualisme

Arbuskula dan Tumbuhan

Contoh simbiosis mutualisme fakultatif adalah hubungan antara lebah dan bunga. Lebah mendapatkan nektar dari bunga dan sebaliknya bunga mendapatkan penyerbukan dari lebah. Selain itu, lebah juga membawa serbuk sari dari bunga ke bunga lain sehingga memperbaiki variabilitas genetik tumbuhan. Keuntungan lainnya adalah bunga menjadi lebih produktif dalam menghasilkan buah saat terjadi simbiosis mutualisme ini.

Simbiosis Mutualisme

Kumbang dan Bunga

Contoh lain simbiosis mutualisme adalah hubungan antara kumbang dan bunga. Kumbang mendapatkan makanan dari bunga dan sebaliknya kumbang membantu bunga untuk melakukan penyerbukan. Hubungan simbiosis mutualisme antara kumbang dan bunga ini memegang peranan penting dalam menjaga keragaman hayati pada tumbuhan di alam.

Baca juga  Bawang Merah Besar

Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme terjadi ketika satu spesies mendapatkan manfaat dari hubungan tersebut, sedangkan spesies lainnya tidak mendapatkan manfaat atau kerugian. Contoh simbiosis komensalisme adalah hubungan antara crabeater seal dengan orca. Crabeater seal melarikan diri dari predator dan berlindung di balik badan orca. Hal ini memberikan perlindungan dari predator untuk crabeater seal walaupun orca tidak mendapatkan manfaat dari hubungan tersebut.

Simbiosis Komensalisme

Crabeater seal dan Orca

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian simbiosis beserta contoh simbiosis mutualisme dan komensalisme. Semoga penjelasan ini dapat membantu anda memahami bagaimana hubungan antar spesies di alam.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *