Tumis Brokoli Wortel Bakso

Posted on

Ini adalah salah satu resep tumisan favorit saya: tumis brokoli, buncis, dan wortel. Bahan-bahannya mudah didapatkan, dan rasanya sangat enak. Saya sering membuatnya untuk makan siang atau makan malam, tergantung pada kesibukan saya dan keluarga.

Tumis Brokoli, Buncis, dan Wortel

Tumis Brokoli, Buncis, dan Wortel

Bahan:

  • 1/2 brokoli, potong-potong
  • 100 gram buncis, potong-potong
  • 2 wortel, potong korek api
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan brokoli dan buncis. Tumis hingga setengah layu.
  4. Masukkan wortel, garam, dan merica bubuk. Tumis hingga semua bahan matang.
  5. Sajikan tumisan brokoli, buncis, dan wortel dengan nasi hangat.

Selamat mencoba!

Manfaat Brokoli, Buncis, dan Wortel

Brokoli, buncis, dan wortel adalah jenis sayuran yang sangat sehat dan bergizi. Berikut adalah beberapa manfaat dari masing-masing sayuran:

Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, kalsium, dan kalium. Brokoli juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut sulforaphane, yang memiliki efek anti-inflamasi dan anti-kanker.

Buncis

Buncis mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, folat, dan kalium. Buncis juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi buncis secara teratur dapat membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Baca juga  Stuffed Paprika

Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin K, vitamin C, kalium, dan serat. Wortel juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut carotenoid, yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Cara Membuat Tumis sayuran yang Enak

Tumis sayuran adalah salah satu cara terbaik untuk menyajikan sayuran yang enak dan bergizi. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat tumisan sayuran yang enak:

Pilih sayuran yang segar

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pilihlah sayuran yang segar dan berkualitas baik ketika membeli bahan-bahan. Bersihkan sayuran dengan baik sebelum digunakan.

Gunakan minyak goreng yang sedikit

Gunakan minyak goreng dengan sedikit, agar sayuran tidak terlalu berminyak dan lebih sehat. Tumis bawang putih hingga harum sebelum menambahkan sayuran, sehingga tumisan akan lebih berkualitas dan enak.

Gunakan bumbu yang tepat

Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya agar tumisan tidak terlalu asin atau tidak cukup gurih. Bumbui tumisan dengan bumbu lain yang disukai, seperti kecap manis, saus tiram, atau kecap asin.

Tumis sayuran pada suhu yang tepat

Tumis sayuran pada api sedang agar tidak terlalu cepat layu atau terlalu cepat matang. Tumis sayuran secara merata hingga terlihat matang dan memiliki tekstur yang enak.

Kesimpulan

Tumis brokoli, buncis, dan wortel adalah tumisan sayuran yang enak dan sehat. Sayuran ini sangat bergizi dan kaya akan vitamin dan mineral, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Cobalah membuat tumisan ini di rumah, dan rasakan sensasi rasa segar yang dimilikinya. Selamat mencoba!

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Baca juga  Wortel Vektor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *