Tugas Manager Pemasaran

Posted on

Tugas manager pemasaranMarketing manager yaitu salah satu jabatan struktural di sebuah tim marketing perusahaan. Ia yaitu pemimpin semua kampanye pemasaran perusahaan dan mengatur semua taktik pemasaran yang diwujudkan.

Peran yang sungguh-sungguh besar ini menghasilkan marketing manager sebagai salah satu posisi vital di sebuah perusahaan. Tanpa seorang marketing manager yang handal, sebuah perusahaan bisa jadi akan kesulitan menjual produknya dengan bagus.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai apa itu manager pemasaran, tugas manager pemasaran dan juga skill yang dibutuhkan oleh manager pemasaran atau manager marketing. Simak selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Model Poni untuk Wajah Kotak

Apa Itu Manager Pemasaran

tugas manager pemasaran
Sumber: https://www.dictio.id/

Untuk menjual sebuah produk membutuhkan cara yang tak gampang. Kecuali patut bersaing dengan produk lain, pemasaran juga mengharuskan sebuah produk untuk bisa diandalkan masyarakat.

Dibutuhkan juga sebuah ketrampilan untuk membuat suatu produk yang kiranya laku di pasaran. Nah, pada suatu tim pemasaran juga biasanya dipimpin oleh seorang marketing manager.

Ia bisa saja bisa bertanggung jawab atas beberapa produk di perusahaan hal yang demikian atau hanya pada sebuah produk. Secara umum, dia berperilaku sebagai konseptor dan evaluator.

Untuk mengerjakan pengerjaan pembuatan konsep, dia berprofesi sama dengan semua tim yang berhubungan dengan produk. Sementara, untuk pengerjaan evaluasi, umumnya dia hanya berhubungan dengan tim marketing.

Pada beberapa perusahaan, seorang marketing manager hanya berperaan sebagai evaluator. Kecuali itu, dia juga memberikan laporan terhadap CMO atau CEO berhubungan taktik-taktik yang telah dijalankan tim marketing untuk menjual sebuah produk.

Baca juga: Perbedaan Xiaomi Note 7 dan Note 7 Pro

Tugas Manager Pemasaran

tugas manager pemasaran
Sumber: https://www.dictio.id/

Peran yang sungguh-sungguh besar menuntut seorang marketing manager mempunyai keahlian-keahlian yang terbilang cukup rumit.

Ia tak hanya patut mengetahui data penjualan dan pengguna, namun juga memahami taktik-taktik marketing.

Kecuali dua hal hal yang demikian, berikut beberapa tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan yang akan dijalankan dalam peran hal yang demikian.

1. Memimpin inisiasi promosi produk

Demikian utama yang dijalankan oleh teladan pada posisi ini yaitu menginisiasi promosi produk. Untuk memulai inisiasi produk, diperlukan data penjualan dan pengguna.

Dari data hal yang demikian, akan ditetapkan produk mana yang perlu diinisiasi ulang untuk membetuli penjualan.

2. Mengoordinasikan taktik pemasaran

Strategi diperlukan untuk menentukan supaya pengerjaan marketing berhasil. Di sini peran seorang marketing manager menjadi penting karena melalui intuisinya, dia akan mengetahui taktik apa yang patut dijalankan oleh perusahaan untuk menjual produknya.

3. Memegang budget untuk tiap kampanye/iklan

Tiap kampanye yang dijalankan oleh tim marketing mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Nah, di sinilah tugas marketing manager untuk menentukan tiap iklan yang mempunyai tujuan besar bahkan mempunyai budget lebih sedikit diperbandingkan iklan dengan tujuan kecil.

4. Memonitor pertumbuhan perusahaan

Tiap pengerjaan marketing yang dijalankan oleh perusahaan pasti akan diukur. Salah satu evaluasinya yaitu mengenai pertumbuhan perusahaan, mulai dari tingkat kepercayaan pengguna terhadap produk yang dipasarkan sampai seberapa jauh pengguna mau terus memakai produk hal yang demikian.

5. Mencoba pengerjaan marketing baru

Untuk memperbesar kemungkinan menggaet calon pengguna. Progres seleksi ini menjadi tugas marketing manager. Ia patut mencari hal baru, mulai dari taktik sampai channel marketing, dan menyeleksi kemungkinan yang akan terjadi.

Baca juga: Apa Manfaat Menjadi Seorang Wirausaha? Berikut ini Ulasannya…

Skill yang Dibutuhkan oleh Marketing Manager

tugas manager pemasaran
Sumber: https://wptips.rbchosting.com/

Seorang marketing manager dituntut mempunyai banyak skill karena bergantung pada bermacam-macam-macam elemen. Di sini, kami akan menerangkan tiga skill utama yang berdasarkan Career Builder diperlukan untuk bisa mengerjakan peran ini dengan bagus.

1. Traditional marketing

Ada beberapa hal yang cukup penting untuk dimiliki oleh seorang marketing manager. Beberapa di antaranya yaitu penulisan, perencanaan, perundingan, dan budgeting. Tiga skill yang disebut terakhir sungguh-sungguh penting karena menjadi hal dasar.

Perencanaan diperlukan oleh posisi ini karena menyangkut promosi. Tanpa perencanaan yang bagus, pengerjaan promosi tak akan berjalan optimal. Tak hanya perencanaan, pengerjaan promosi juga membutuhkan perundingan dan anggaran karena berhubungan dengan harga dan penempatan dari sebuah promosi.

2. Komputerisasi marketing

Perkembangan zaman membuat pengerjaan marketing jadi lebih luas. Perusahaan tak perlu menjual produknya secara tatap muka dengan pembeli. Nah, disinilah alasan mengapa skill digital marketing menjadi cukup penting.

Skill digital marketing yang perlu dimiliki oleh mereka yaitu Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan Social Media. Ketiga menjadi keperluan dasar karena ketiganya yaitu hal umum dalam menjual produk secara digital.

3. Keahlian umum

Sama seperti peran lainnya, ada beberapa skill umum yang patut dimiliki oleh seorang marketing manager. Beberapa di antaranya yaitu manajemen waktu, kerjasama tim, dan rinci terhadap banyak hal.