Tugas Manager Keuangan

tugas manager keuangan

tugas manager keuangan

Tugas Manager Keuangan – Saat bekerja didalam perusahaan maka terdapat banyak sekali hal yang sebenarnya bagian-bagian sistem kerja yang terdiri untuk membantu jalannya kegiatan kerja.

Salah satu bagiannya yang paling penting yaitu seorang divisi keuangan dan manajer keuangan yang mengelola laporan keuangan perusahaan. Sebenarnya, manajer keuangan dalam divisi keuangan menjadi center untuk perusahaan itu dapat tetap bekerja dan berkembang.

Bagaimana tidak? Seluruh dana operasional menjadi tanggung jawab dari pengelolaan manajer keuangan, oleh karena itu jangan mengabaikan kinerjanya.

Contohnya saja dalam mencari kandidat manajer keuangan maka perlu mencari yang berkompeten dan berdedikasi untuk kemajuan perusahaan.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin menjadi seorang manajer pengelola keuangan dan bekerja dalam divisi itu perlu sekali memahami penjabaran berikut!

Mengenal Pengertian Manajer Keuangan juga Divisi Keuangan

Pada ulasan diatas membahas mengenai pentingnya manajer keuangan dan divisi keuangan di dalam jalannya suatu perusahaan. Namun, apa sebenarnya pengertian dari manajer keuangan dan divisinya.

Jadi pengertian dari manajemen keuangan adalah sebuah kegiatan untuk mengelola keuangan perusahaan, lalu di dalamnya terdiri dari perencanaan untuk memperoleh pendanaan.

Jadi manajemen keuangan sendiri mempunyai tujuan untuk mengalokasikan dana juga mengelola aset perusahaan dengan tujuan tertentu. Sedangkan, untuk manajer keuangan adalah seorang individu yang bekerja untuk menciptakan strategi tersebut, mengelola dan mengaplikasikannya.

Selain manajer, jalannya keuangan perusahaan tentunya banyak dipengaruhi oleh divisi khusus keuangannya yang ada. Dimana artian dari divisi bidang pendanaan ini memiliki tugas untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan semua sumber daya perusahaan yang ada.

Arti dari sumber daya perusahaan itu seperti produk, karyawan yang dimiliki hingga lokasi bangunan kerjanya. Seluruh pengelolaan dan kegiatan ini dipakai untuk tujuan sebagai pendukung kemajuan kerja dengan efisien juga efektif.

tugas manager keuangan

Apa Saja Tugas Manajer Keuangan?

Nah setelah memahami pengertian dari manajer keuangan juga divisinya, maka Anda perlu juga untuk mengetahui tugasnya bukan? Apa saja tugas manager keuangan? Mari simak berikut ini!

1. Bekerja Sama dengan Manajer Lainnya

Tugas manajer dari divisi keuangan yang penting sekali untuk dipahami yaitu dapat bekerja sama dengan manajer lainnya.

Keahlian bekerja sama dengan rekan lainnya pastinya akan membantu perusahaan untuk berkembang dan meminimalisir kegagalan kerja dan keuangan. Oleh karena itu, seorang manajer perlu komunikatif terhadap rekan lainnya.

2. Membuat Perencanaan Umum Keuangan Perusahaan

Tugas lainnya yang dibebankan pada konsep kerja divisi ini yaitu harus mampu membuat sebuah perencanaan umum keuangan perusahaan.

Contohnya saja merencanakan keuangan dalam periode tertentu, seperti 1 tahun kerja atau periode bulanan kerja. Manajer dan divisi ini harus mempunyai keahlian untuk menyusun perencanaan untuk selanjutnya dikembangkan atau dievaluasi bersama sebelum diterapkan.

3. Menjalankan Roda Perusahaan Seefektif dan Seefisien Mungkin

Tugas lainnya yang harus diemban yaitu dapat menjalankan sebuah roda perusahaan dengan efektif dan efisien. Kemampuan ini diharuskan supaya perusahaan yang dipimpin ini tidak mengalami pembengkakan gaji karyawan atau tidak bekerja berlebihan.

Roda perusahaan harus berjalan efisien untuk memperoleh pendapatan yang mumpuni demi pengembangan lanjutan.

tugas manager keuangan

4. Mengambil Keputusan dalam Investasi

Tugas manajer keuangan lainnya yang harus dilakukan dalam membantu menjalankan perusahaan yaitu mampu mengambil keputusan dalam investasi.

Didalam menjalankan suatu perusahaan, maka tentunya ada kegiatan kerjasama investasi dengan rekan lainnya bukan? Nah, dalam mengambil keputusan investasi ini manajer harus bisa menghandle-nya dengan syarat investasi itu menguntungkan.

5. Bertanggung Jawab dalam Berbagai Keputusan Pembiayaan yang Ada

Mengambil keputusan pembiayaan operasional perusahaan juga tidak bisa dilakukan dengan semena-mena tanpa perhitungan. Tugas pengambilan keputusan pembiayaan ini menjadi salah satu tugas lainnya dari divisi ini.

Keputusan pembiayaan yang diambil oleh seorang manajer harus memberi keuntungan bagi perusahaan dalam operasionalnya, lho.

Baca Juga: Contoh Copywriting

6. Menghubungkan Perusahaan pada Pasar Keuangan

Tugas lainnya yang lumayan berat dari manajer keuangan yaitu bekerja menghubungkan perusahaan yang ada pasar keuangan. Jangan sampai perusahaan yang ada justru tidak berkembang dan tidak dapat bersaing dalam persaingan kerja.

Jadi divisi bidang keuangan dan seorang manajer ini wajib berinovasi dan bekerja aktif dalam menghubungkan perusahaan yang ada pada pasar.

7. Bertugas Memajukan Keuangan Perusahaan

Tugas dari manajer divisi berikutnya yaitu memajukan keuangan dari perusahaan. Jangan sampai pengelolaan dana menjadi salah tempat dan menyebabkan kerugian. Pendapatan, pengeluaran, laba hingga rugi harus dicatat dan menjadi tanggung jawab manajer untuk dikelola.

Tugas Manager Keuangan pada Divisi Keuangan

Tidak hanya tugas yang harus diemban oleh seorang manajer divisi keuangan, namun juga ada tanggung jawab yang harus dikerjakan. Lantas, apa saja tanggung jawab yang dibebankan? Berikut ini adalah uraiannya!

1. Mengkoordinasikan Pengontrolan Dana Perusahaan

Tugas manager keuangan yang pertama yaitu mengkoordinasikan pengontrolan dana perusahaan. Jangan sampai setiap divisi kerja perusahaan mempunyai biaya operasional yang diluar kemampuan perusahaan. Kontrol keuangan wajib dikerjakan oleh manajer keuangan dan divisinya.

2. Mengelola Fungsi Akuntansi yang Ada

Tidak hanya bertugas mengontrol dana perusahaan, tanggung jawab yang dibebankan yaitu mampu mengelola fungsi akuntansi yang ditetapkan.

Jangan sampai malah menyalahi dari peraturan dan sistem akuntansi kerja perusahaan yang telah ditetapkan. Pengelolaan dan pengawasan fungsi ini menjadi penting supaya menjaga keteraturan keuangan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Bisnis Startup

3. Merencanakan dan Mengembangkan Sistem Keuangan Perusahaan

Tanggung jawab seorang manajer divisi bidang keuangan selanjutnya yaitu merencanakan juga mengembangkan sistem keuangan didalam perusahaan.

Strategi keuangan yang tepat tentunya akan membuat keuangan perusahaan semakin berkembang. Sistem keuangan yang dikembangkan secara tepat juga akan membuat kemajuan dalam perusahaan yang dikelola.

4. Memastikan Jalannya Efisiensi Kerja Perusahaan

Tugas manager keuangan lainnya yaitu harus mampu menjamin jalannya kinerja perusahaan secara efisien.  Tidak boleh bertele-tele, tidak boleh menyia-nyiakan waktu kerja yang kurang efektif dan membengkakan keuangan perusahaan.

Manajer divisi keuangan harus mampu menjaga kinerja perusahaan tetap penuh kesesuaian, efektif juga efisien.

5. Bertanggung Jawab Menjaga Pengelolaan Pajak Perusahaan

Namanya suatu perusahaan, maka dalam prosesnya tentu akan dikenakan sebuah pajak kerja. Nah, tanggung jawab manajer dan divisi ini harus bisa mengelola pajak perusahaan yang ada supaya dibayarkan tepat waktu. Jangan sampai pembengkakan terjadi supaya menghindari perusahaan dari denda pajak yang dibebankan.

6. Menjaga Arus Kas, Utang dan Piutang

Untuk tanggung jawab manajer divisi yang terakhir yaitu harus bisa menjaga arus kas, utang dan piutang yang dimiliki. Jadi, usahakan jangan sampai jumlah kas yang ada mengalami nilai Rp. 0,- yang akan merugikan.

Selain itu, harus menjaga arus utang perusahaan supaya tidak terlalu bengkak dan juga keuangan perusahaan supaya tidak dihutang berlebihan.

Baca Juga: Tujuan Strategi Pemasaran

Kesimpulan

Jadi, di dalam suatu perusahaan, manajer keuangan dan divisi bidang keuangan adalah salah satu unit kerja yang paling penting.

Mengapa demikian? Hal ini karena divisi keuangan mampu menjadi tenaga operasional yang bekerja mengelola bidang keuangan perusahaan. Dimana divisi tersebut akan mengelola dana keluar, operasional, masuk dan perihal dana lainnya.

Itulah tugas manager keuangan yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan Anda.