Tomat Rampai Lampung

Posted on

Pada suatu hari, saya menemukan sebuah foto yang sangat lucu. Foto ini menampilkan sebuah buah rampai yang terbuat dari tomat khas Sumatera. Lucu ya! Saya sangat tertarik dengan gambar tersebut karena buah rampai yang saya tahu selalu terbuat dari berbagai macam buah-buahan seperti anggur, apel, nanas, dan sebagainya.

Namun, setelah melihat gambar ini, saya jadi tergoda untuk mencoba membuat buah rampai yang unik ini. Saya ingin mencoba sensasi yang berbeda dari buah rampai yang biasa kami makan. Sebenarnya, belum tentu enak sih, tapi setidaknya akan terasa berbeda dan menghibur.

Tanpa pikir panjang, saya mulai mencari resep dan cara membuat buah rampai tomat khas Sumatera. Ternyata, buah rampai ini cukup mudah dibuat. Yang dibutuhkan hanyalah tomat, gula, dan air. Kemudian diaduk hingga mengental dan terbentuk seperti buah rampai.

Lalu, saya mencoba membuatnya. Awalnya, terasa cukup asing karena tidak biasanya menggunakan tomat sebagai bahan utama dessert. Namun, setelah mencoba, rasanya tidak buruk-buruk amat. Rasanya unik, asam manis dari tomat sangat bercampur dengan rasa manis gula. Satu hal yang pasti, buah rampai tomat khas Sumatera memang unik dan patut dicoba.

Untuk menginspirasi Anda, saya ingin membagikan foto dan resep mengenai buah rampai tomat khas Sumatera ini. Yuk, mari kita coba dan rasakan sensasinya!

Bahan-bahan:

  • 500 gr tomat (potong-potong menjadi kecil)
  • 1/2 gelas gula pasir (100 gr)
  • 1/2 gelas air (100 ml)

Cara membuat:

  1. Haluskan tomat.
  2. Masukkan tomat, gula, dan air ke dalam panci.
  3. Masak dengan api kecil hingga mengental.
  4. Diamkan hingga dingin.
  5. Bentuk rampai dengan sendok atau alat pembentuk buah rampai.
  6. Simpan di dalam kulkas hingga benar-benar dingin atau sajikan langsung dengan taburan keju cheddar atau parutan kelapa di atasnya.
Baca juga  Saus Tomat Sachet Kecil

Itulah resep yang bisa Anda coba di rumah. Meski terlihat cukup sederhana, namun rasanya sangat unik dan menyegarkan. Buah rampai tomat khas Sumatera ini cocok sebagai hidangan penutup setelah makan, sebagai teman kopi atau teh di siang hari, atau sebagai camilan ketika sedang bersantai.

Sekarang, jika Anda ingin membuatnya lebih menarik lagi, coba tambahkan bahan-bahan lain untuk memperkaya sensasi rasa. Misalnya, bisa ditambahkan potongan anggur atau pir ke dalam adonan. Atau, bisa juga diberikan taburan wijen atau almond di atasnya.

Dalam memasak, kejelian dan keberanian dalam mencoba adalah yang terpenting. Beranilah mencoba hal baru seperti resep buah rampai tomat khas Sumatera ini yang unik dan menghibur. Selamat mencoba!

Simak artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *