biji kopi terbaik untuk espresso

Tips Memilih Biji Kopi Terbaik Untuk Espresso

Posted on

Menikmati kopi sudah menjadi kebiasaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang saat ini. Kapanpun, orang akan meminum kopi, baik saat beristirahat di depan TV, maupun sambil bekerja. Saat ini, kopi sudah menjadi minuman favorit berbagai masyarakat. Baik pria, wanita, remaja, dewasa, bahkan lansia sekalipun.

Ketika minum kopi, tentu ada hal yang kita inginkan. Salah satunya adalah mendapatkan kopi dengan cita rasa nikmat dan beraroma kuat. Kalau tidak, kenikmatan yang kita dapatkan ketika minum kopi akan berkurang.

Biji Kopi Terbaik Untuk Espresso

Tentunya untuk mendapatkan biji kopi terbaik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini beberapa tips memilih biji kopi terbaik untuk espresso dengan benar:

  • Perhatikan Kapan Biji Kopi Disangrai

    Kopi yang kita nikmati tentu telah disangrai. Salah satu ciri biji kopi terbaik untuk espresso adalah memiliki jangka waktu maksimal 2 bulan setelah disangrai. Kalau lebih dari itu, kualitas aroma dan rasa dari biji kopi tersebut akan berkurang.

  • Perhatikan Wadah Penyimpanan

    Tentunya Anda harus menyiapkan wadah penyimpanan yang tepat untuk menjaga kualitas kopi. Salah-salah, biji kopi yang Anda miliki akan cepat membusuk.

    Wadah penyimpanan yang baik biasanya menggunakan bahan aluminium. Penggunaan bahan aluminium untuk menyimpan biji kopi dapat mencegah oksigen masuk ke dalam biji kopi, sehingga biji kopi tidak mudah teroksidasi dan mengalami penurunan kualitas.

    Kalau Anda menggunakan wadah yang digunakan untuk menyimpan kopi tidak terbuat dari aluminium, bisa dipastikan bahwa biji kopi tersebut sudah tidak berkualitas lagi.

  • Aroma Kopi Yang Dihasilkan

    Salah satu cara memeriksa kualitas biji kopi adalah dengan cara menciumnya. Aroma kopi yang dihasilkan sebanding dengan kualitas dan cita rasa yang dihasilkan oleh kopi saat diseduh. Salah satu ciri biji kopi yang berkualitas tinggi akan memiliki aroma kopi yang sangat kuat. Sehingga, jika aroma biji kopi kurang kuat atau bahkan tidak tercium, maka kualitas biji kopi sudah menurun.

  • Jenis Kopi yang Digunakan

    Dua jenis biji kopi yang terkenal adalah Arabika dan Robusta. Namun dalam espresso, biasanya lebih banyak menggunakan biji kopi Arabika.

Bagi penikmat kopi, kopi Arabika memiliki wangi citrus, floral, dan segala macam wangi yang lainnya. Namun begitu dijadikan espresso, tidak semua bau tersebut akan menonjol.

Hal itu terjadi karena metode pembuatan espresso melibatkan air panas dengan suhu yang cenderung stabil dan tekanan dari mesin. Suhu yang konsisten, proses tekanan air, dan waktu ekstraksi yang singkat akan membuat rasa paling kuat dari biji kopi Arabika terekstrak dengan baik dalam waktu yang singkat.

Itulah tadi beberapa tips memilih biji kopi terbaik untuk espresso. Tentu harga biji kopi yang berkualitas akan lebih tinggi. Namun, rasa kopi tersebut tidak bisa dianggap remeh.

Baca juga  Manfaat Rebus Daun Sirsak