Tempat Pakan Ayam Otomatis Dari Paralon

Posted on

Halo semuanya, saya ingin berbagi tentang cara membuat tempat pakan ayam yang praktis dan kapasitasnya besar. Banyak orang yang tidak sadar bahwa membuat tempat pakan ayam yang baik adalah penting untuk kelangsungan hidup mereka. Tidak hanya memberikan makanan yang seimbang, tapi juga mengurangi stres ayam karena yang telah memakan atau tidak memakan makanan yang disediakan.

Membuat Sendiri Tempat Pakan Ayam Kapasitas Besar dan Praktis

Tempat pakan ayam kapasitas besar

Untuk membuat tempat pakan ayam kapasitas besar yang praktis, ada beberapa bahan yang harus dimiliki. Pertama, cari wadah yang digunakan sebagai tempat pakan, bisa menggunakan drum bekas yang tidak terpakai atau kayu bekas yang sudah tidak terpakai.

Kedua, cari bahan yang dibutuhkan untuk rangka atau kerangka tempat pakan, bisa menggunakan besi atau kayu. Besi dan kayu dapat dibeli di toko bangunan terdekat.

Ketiga, gunting kawat dan gunting besi untuk memotong besi. Hal ini penting karena akan digunakan untuk pengait tempat pakan yang akan dibuat.

Selanjutnya, prototipe tempat pakan ayam kapasitas besar dapat dibuat menggunakan beberapa material. Pertama adalah menggunakan kayu bekas. Dalam hal ini, gunakan empat bilah kayu untuk membuat sebuah kotak. Ini akan menjadi tempat pakan ayam. Atur dua bilah kayu di segi panjang dan dua bilah kayu pada segi lebar dan susun dan ikat menggunakan paku dan palu. Pastikan semua sisi menjadi kokoh. Kemudian, pasang kerangka di dalam kotak yang sudah jadi.

Pada bagian atas tempat pakan ayam, buat pengait menggunakan besi. Potong besi berukuran 4cm dan bentuk menjadi dua garpu yang sama panjang. Satukan pada kedua sisinya menggunakan kawat. Jangan lupa, pastikan pengait dalam posisi yang benar dan kokoh.

Baca juga  Ayam Kasuari

Setelah pengait selasai dibuat, sekarang saatnya mengatur pakan pada tempat yang sudah dibuat sebelumnya. Tempat pakan akan dipasang pada atap. Untuk membuatnya, potonglah besi berukuran 5-6cm lalu bentuk menjadi garpu menggunakan gunting besi. Gunakan kawat untuk mengikat garpu pada tempat yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, atap tempat pakan dapat dipasang pada rangka yang sudah jadi. Pastikan tempat pakan sudah tidak mudah bergoyang atau bergerak.

Sekarang tempat pakan ayam kapasitas besar sudah jadi. Untuk mempermudah pengisian makanan, lubangi tepi tempat pakan menggunakan bor atau alat yang bisa menggali. Untuk membuat tutup tempat pakan, buatlah tutup dengan kayu dan pasangkan pengait pada bagian sisi dan tempatkan pada tempat pakan. Jangan lupa pula untuk membuat lubang pada tutup yang berukuran sedikit lebih kecil dari biji-bijian yang akan dimasukkan ke dalam tempat pakan.

Nah, itulah cara mudah membuat tempat pakan ayam kapasitas besar dan praktis. Dengan cara ini, Anda tidak hanya bisa mengurangi stres pada ayam, tetapi juga membuat pakan baik dan seimbang untuk mereka. Selamat mencoba!

Temukan postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *