Tembolok Ayam

Posted on

Pernahkah anda mengalami masalah pada ayam pelung anda? Salah satu penyakit yang sering ditemukan pada ayam pelung adalah tembolok keras. Tembolok keras atau disebut juga penyakit impaksi kelenjar prekloaka ini bisa membuat ayam pelung anda menderita dan bahkan mati. Namun, jangan khawatir karena ada cara mengobati penyakit tembolok keras pada ayam pelung.

Sebelum membahas cara mengobati, akan lebih baik jika kita mengetahui apa itu tembolok keras. Tembolok keras adalah penyakit yang disebabkan oleh kotoran yang mengendap dan membentuk massa keras pada bagian tembolok atau daerah kelenjar prekloaka ayam. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh pakan yang mengandung banyak serat atau pakan yang berlebihan. Serat pada pakan ayam yang berlebihan, terutama pada pakan yang berupa pelepah sawit, bisa mengakibatkan kotoran ayam menjadi banyak dan susah dikeluarkan.

Jika ayam pelung anda terkena penyakit tembolok keras, maka gejala yang muncul adalah ayam tersebut akan sulit untuk buang air besar. Ayam pelung juga akan terlihat lesu, tidak nafsu makan, dan suka diam saja. Kondisi ayam pelung yang semakin parah bisa berakibat pada kematian.

Maka dari itu, penting untuk segera mengobati ayam pelung yang terkena penyakit tembolok keras. Berikut adalah beberapa cara mengobatinya:

1. Berikan pakan yang mengandung banyak air
Pakan yang mengandung banyak air, seperti sayur-sayuran hijau, bisa membantu mempercepat proses keluarnya kotoran ayam. Sayur-sayuran hijau juga bisa membantu melancarkan pencernaan ayam dan mencegah pembentukan massa pada tembolok.

2. Berikan pakan yang mengandung banyak serat larut
Pakan yang mengandung banyak serat larut, seperti dedak atau bekatul, juga bisa membantu melancarkan pencernaan ayam dan mencegah pembentukan massa pada tembolok. Namun, jangan berikan pakan yang terlalu banyak karena bisa mengakibatkan kotoran ayam menjadi lebih banyak dan membentuk massa yang lebih besar.

Baca juga  46+ Pengawetan Telur

3. Berikan probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang bisa membantu menghancurkan massa pada tembolok ayam pelung. Berikan probiotik pada air minum ayam pelung anda setiap hari selama 5-7 hari berturut-turut.

4. Berikan minyak mineral atau minyak ikan
Minyak mineral atau minyak ikan bisa membantu melunakkan massa pada tembolok ayam pelung sehingga mudah dikeluarkan. Teteskan 2-3 tetes minyak pada air minum ayam pelung setiap hari selama 3-4 hari.

5. Lakukan pembersihan kandang secara rutin
Pembersihan kandang yang rutin bisa membantu mencegah terjadinya penyakit tembolok keras. Pastikan kandang ayam pelung anda selalu bersih dan kering agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang bisa mengakibatkan pembentukan massa pada tembolok.

Itulah beberapa cara mengobati penyakit tembolok keras pada ayam pelung. Selain cara-cara di atas, anda juga bisa mengompres tembolok ayam pelung dengan air hangat atau memberikan makanan yang mengandung enzim pencernaan seperti papain yang terdapat pada pepaya. Namun, jika kondisi ayam pelung anda sudah sangat parah, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan ayam pelung anda dengan memberikan pakan yang seimbang dan bersih serta melakukan pembersihan kandang secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan ayam pelung anda.

Temukan artikel lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *