Tembok Berjamur

Posted on

Halo semuanya! Apakah tembok rumah Anda sering lembab dan berjamur? Nah, tidak perlu khawatir karena kami punya solusinya untuk Anda. Simaklah cara mengatasi tembok lembab dan berjamur secara alami dan mudah berikut ini!

1. Gunakan Garam Halus

Tembok Lembab

Caranya cukup mudah. Ambil 1 kg garam halus dan taburkan di permukaan tembok yang lembab. Diamkan selama beberapa hari atau sampai garam benar-benar menyerap kelembaban pada tembok. Setelah itu, sapukan tembaga sulfat atau bisa juga menggunakan tembok yang dicat dengan cat anti-jamur.

2. Air Kapur Sirih

Tembok Berjamur

Campurkan satu liter air kapur sirih dengan 10 liter air bersih. Kemudian oleskan larutan ini ke tembok atau plafon yang berjamur. Biarkan hingga mengering dan jangan dicuci. Penggunaan kapur sirih ini tergolong ampuh karena memiliki sifat antiseptik dan melawan beberapa jenis jamur penyebab kelembaban.

3. Cuka

Tembok Berjamur

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 1 liter cuka dan 4 liter air. Gunakan kain lap bersih untuk menggosokkan ke permukaan tembok yang bermasalah. Anda bisa mengulanginya sebanyak 3 kali dalam seminggu hingga kelembaban hilang sempurna.

4. Teh Celup

Tembok Lembab

Siapa sih yang tidak tahu teh celup? Ternyata selain sebagai minuman lezat, teh celup dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi dinding lembab. Caranya yaitu dengan mencelupkan kantong teh ke dalam air hangat selama kurang lebih 10-15 menit. Kemudian, gosok-perlahan-lahan kantong teh tadi ke dinding atau plafon yang lembab. Lakukan cara ini beberapa kali hingga kelembaban dan jamur hilang.

5. Kain Basah

Tembok Berjamur

Cara terakhir ini cukup mudah, yaitu dengan menggunakan kain basah dan tisu kecil. Cukup rendam kain atau tisu dengan air, lalu usapkan ke permukaan tembok yang bermasalah. Anda bisa melakukan langkah ini seminggu sekali. Tisu atau kain basah digunakan untuk membersihkan bagian yang lembab dan kotor akibat jamur.

Baca juga  Struktur Jamur Kuping

Nah, itu tadi cara mengatasi tembok lembab dan berjamur secara alami dan ampuh yang bisa diaplikasikan di rumah dengan cepat dan mudah. Selain itu, sebelum melakukan pengobatan, jangan lupa periksa dulu bagian tembok yang bermasalah dan kenali penyebabnya agar Anda bisa menghindari kelembaban tersebut di masa yang akan datang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Terima kasih sudah membaca!

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *