Telur Serangga Di Kaca

Posted on

Perjalanan panjang keserakahan manusia akan sumber daya alam telah menyebabkan sejumlah spesies binatang yang menjadi bagian penting dalam ekosistem bumi terancam keberadaannya. Namun, sebaliknya, keragaman keanekaragaman hayati hewan dari kelompok serangga masih saja terlihat muncul kepermukaan. Salah satu contohnya adalah telur-telur menakjubkan yang dihasilkan oleh serangga. Meski begitu, keindahan visual telur-telur serangga seringkali terlupakan di tengah-tengah hebohnya manusia dalam memburu dan mempertahankan keberlangsungan hidup mereka. Oleh karenanya, kami menghadirkan beberapa jenis telur serangga yang memukau mata.

1. Telinga Kupu-Kupu Siput

Telinga Kupu-Kupu Siput

Telinga Kupu-kupu siput memiliki telur yang amat sangat unik di dunia serangga. Habis pecah, telur-telur terlihat menyerupai sepasang helm bulat kecil, lengkap dengan sepasang horn-like ‘antena’ yang menonjol. Tidak hanya itu saja, telur yang berserakan di dedaunan atau cabang juga memiliki panjang yang mencapai 7-14 milimeter. Inilah yang membuat telur kupu-kupu siput sangat menarik untuk diamati.

2. Telur Capung Blendung

Telur Capung Blendung

Telur capung blendung memiliki bentuk panjang, memanjang dengan banyak tonjolan yang menyerupai bulan sabit. Sudut antar tonjolan sangat tajam, dan binatang ini biasanya menempatkan telurnya di balik batang dan daun-daun. Telur capung blendung sangat kecil, seperempat milimeter saja, tapi mereka memiliki warna-warni yang mencengangkan. Warna yang menawan seperti marun, hijau, dan keemasan membuatnya menjadi telur dengan visual yang menarik.

3. Telur Hama Kayu

Telur Hama Kayu

Telur hama kayu memiliki samar-samar warna hijau kebiruan yang pun terlihat sangat menarik. Telur ini digantung secara berkelompok pada dahan atau temporari. Sulit untuk membedakan satu telur dengan telur yang lain, tetapi jika diamati dengan jeli bisa terlihat besar dan memanjang. Biasanya ukuran telur hama kayu sekitar 2-3 milimeter, dengan lengkungan yang bulat pada bagian bawah telur.

Baca juga  14+ Telur Sapu Sapu

4. Telur Kumbang Ladybird

Telur Kumbang Ladybird

Telur kumbang ladybird dapat ditemukan di tumbuhan-tumbuhan yang banyak ditemukan di kebun atau hutan. Telur ini berbentuk bulat dan terlihat sangat mengkilap. Mereka bergerombol bersama dan biasanya diletakkan di bawah beberapa daun atau bunga. Telur kumbang Ladybird memiliki ukuran yang sangat kecil yakni 1 milimeter dan sangat lembut, sehingga penting untuk menghindari telur ini agar tidak rusak ketika hendak dilihat.

5. Telur Bug Eye

Telur Bug Eye

Telur bug eye sangat indah dipandang mata. Sebagai spesies lalat green lacewing, telur ini berukuran cukup besar, yaitu sekitar 2,5 milimeter. Memiliki warna hijau cerah, telur ini terlihat sangat bersinar dengan kelembutan. Telur dibawa oleh induknya dan menempatkannya dengan sangat hati-hati di beberapa daun, tempat di mana larva akan menetas dan berkembang.

6. Telur Kumbang Kupu-Kupu

Telur Kumbang Kupu-Kupu

Telur kumbang kupu-kupu memiliki warna abu-abu yang sangat tipis. Selain itu telur ini juga terlihat bersinar. Tidak seperti telur serangga lainnya, biasanya telur kumbang kupu-kupu di tempatkan di dekat spesies makanan nya. Sementara itu, ukuran telur kumbang kupu-kupu cukup kecil, yaitu sekitar 2 milimeter.

Itulah beberapa jenis telur menakjubkan dari dunia serangga. Keseruan dan keragaman dunia serangga masih menjadi objek penelitian hingga saat ini. Semoga kita semua bisa lebih menghargai keberadaan flora dan fauna di sekitar kita dan tetap menjaga keragaman hayati hewan serangga untuk generasi-generasi mendatang!

Baca postingan lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *