19+ Telur Keong

Posted on

Seiring berkembangnya teknologi dan kesadaran akan pentingnya menjaga keragaman hayati, banyak masyarakat yang mulai mengembangkan budidaya hewan ternak yang berbeda dari biasanya. Salah satunya adalah kegiatan budidaya keong sawah, khususnya untuk produksi telur keong sawah yang kental dengan citarasa unik.

Telur Keong Sawah, Apa Itu?

Bagi beberapa orang, mencicipi telur keong sawah terdengar aneh dan eksotik karena jarang dibudidayakan dan tidak banyak ditemukan di pasaran. Namun sesungguhnya, budidaya keong sawah yang menghasilkan telur didukung oleh perkembangan teknologi dan riset yang menghasilkan keuntungan ekonomi bagi peternak.

Dalam hilir mudiknya, ada sejumlah peternak yang menekuni kegiatan budidaya keong sawah. Salah satu produknya adalah telur keong sawah, yang biasanya dijual dalam kemasan plastik transparan. Bentuk telur keong sawah sendiri sangat khas, berukuran lebih kecil dan lonjong dibandingkan telur ayam. Tidak hanya itu, untuk memudahkan konsumen membedakan, umumnya produsen menandai dengan warna khusus di telur keong sawah tersebut, seperti merah atau hijau.

Cara Membuat Telur Keong Sawah

Agar dapat menghasilkan telur keong sawah, peternak harus memiliki stok indukan keong sawah yang cukup yang dapat dijadikan sumber reproduksi. Telur yang dihasilkan kemudian dierami dengan metode tertentu sehingga menghasilkan telur yang siap dikonsumsi. berikut adalah langkah-langkah pembuatan telur keong sawah:

  1. Persiapkan telur keong sawah yang cukup dengan kualitas baik.
  2. Telur keong sawah ditempatkan dalam wadah khusus untuk ditukar giliran setiap beberapa jam untuk menjaga suhu dan kelembaban yang sesuai.
  3. Proses ini berlangsung selama sekitar 13-15 hari hingga telur menetas dan menghasilkan telur keong sawah yang siap dikonsumsi.
  4. Telur kemudian diolah dengan memasaknya hingga matang.
Baca juga  Perkembangan Embrio Pada Telur Bebek

Keunggulan Telur Keong Sawah

Meskipun masih tergolong barang yang jarang di jumpai di pasaran, telur keong sawah memiliki keunggulan tersendiri.

Hasil Nutrisi yang Mahal

Terlebih, mengkonsumsi telur keong sawah ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Sebagai sumber protein, telur keong sawah dapat menjadi alternatif bagi orang yang tak suka makan telur ayam. Protein yang terkandung di dalam telur keong sawah diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan, merangsang pertumbuhan dan perkembangan serta memperkuat sistem imun.

Bisa Menjadi Produk Alternatif

Telur keong sawah juga memiliki potensi sebagai produk alternatif karena proses produksinya yang masih terbilang jarang. Sebuah studi dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro menunjukkan bahwa kegiatan budidaya keong sawah mampu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menambah pendapatan peternak. Apabila budidaya keong sawah ditunjang dengan teknologi yang modern dan melakukan terobosan dalam hal pembenihan serta pemberian pakan, maka akan memperkuat posisi peternak dalam persaingan bisnis.

Peran dalam Mempertahankan Keragaman Hayati

Budidaya keong sawah juga memiliki peranan penting dalam menjaga keragaman hayati. Keong sawah dianggap sebagai spesies yang tidak berbahaya dan memiliki manfaat ekologis seperti memakan tumbuhan air dan mengontrol populasi serangga. Dalam perkembangan bisnis, kegiatan budidaya keong sawah dapat menjaga keragaman hayati tanpa membebani ekosistem.

Apa saja Manfaat Telur Keong Sawah?

Karena memiliki elemen nutrisi yang baik, mengkonsumsi telur keong sawah juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang diketahui dari mengkonsumsi telur keong sawah adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Produk telur keong sawah kaya akan kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Tubuh memerlukan kalsium untuk membentuk dan memelihara tulang. Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh. Konsumsi telur keong sawah dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Baca juga  Kandang Yang Umum Digunakan Pada Budidaya Unggas Petelur Adalah

Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan protein di dalam telur keong sawah membantu meningkatkan stamin dan daya tahan tubuh. Protein juga bermanfaat dalam pembentukan massa otot dan meningkatkan kinerja organ-organ penting di dalam tubuh, seperti pembentukan sel darah merah dan otak.

Penutup

Telur keong sawah bisa menjadi alternatif bagi keluarga yang ingin mencoba produk yang jarang dijumpai. Mengkonsumsi telur keong sawah memang terbilang eksotik, tetapi keberadaannya bukan hanya sekadar sesuatu yang unik dan langka. Telur ini ternyata memiliki banyak potensi sebagai produk bisnis alternatif sekaligus memperkuat keberadaan spesies keong sawah sebagai sosok yang berkaitan dengan pelestarian ekosistem.

Baca artikel lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *