Telur Campur Tepung

Posted on

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini peluang usaha sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Kondisi ekonomi yang serba sulit membuat banyak orang termasuk saya mencari peluang usaha yang mudah dan menguntungkan. Setelah browsing di internet dan mencari peluang usaha yang baik, saya menemukan sebuah peluang usaha yang sangat menarik dan memiliki prospek yang sangat bagus. Peluang usaha tersebut adalah usaha tepung telur.

Tepung Telur

Peluang Usaha Tepung Telur Dan Analisa Usahanya - Agrowindo

Tepung telur adalah tepung yang terbuat dari telur yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bubuk halus. Banyak dijumpai di berbagai kue dan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tepung telur sangat berguna sebagai pengganti telur mentah dalam membuat berbagai jenis kue, roti, dan makanan lainnya yang membutuhkan telur sebagai bahan dasar utamanya.

Analisa Usaha Tepung Telur

Menjadi pengusaha tepung telur memang bisa menjadi peluang usaha yang baik. Akan tetapi, Anda harus melakukan analisa bisnis untuk memastikan bahwa usaha ini dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Berikut ini adalah analisa bisnis mengenai usaha tepung telur:

Pasar

Tepung telur memiliki pasar yang sangat besar. Pasar tepung telur dapat ditemukan di pasar tradisional, supermarket, dan toko-toko kue dan roti. Untuk meningkatkan pasar, Anda bisa memasarkan secara online atau melalui media sosial.

Bahan Baku

Biaya bahan baku adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menghitung keuntungan usaha tepung telur. Bahan baku tepung telur bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional atau pasar modern. Biasanya harga bahan baku tepung telur berkisar Rp30,000 – Rp50,000 per kg.

Baca juga  Susu Telur Madu

Cara Pembuatan

Untuk membuat tepung telur, telur ayam diambil putih dan kuningnya, kemudian diaduk dan dikeringkan. Kemudian, telur yang sudah dikeringkan tersebut dihaluskan menjadi tepung. Tepung tersebut kemudian disaring dan dikemas dalam kemasan plastik.

Modal Awal

Modal awal untuk memulai usaha tepung telur tergantung dari besarnya skala bisnis yang ingin dijalankan. Modal awal tersebut digunakan untuk membeli bahan baku, alat dan mesin, serta kemasan.

Keuntungan

Berdasarkan analisa pasar, harga tepung telur berkisar Rp50.000 – Rp70.000 per kg. Dengan margin keuntungan sebesar 30%, maka dapat diperoleh keuntungan bersih sekitar Rp15.000 – Rp21.000 per kg.

Tips Sukses Berbisnis Tepung Telur

Tidak hanya analisa bisnis saja yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis tepung telur. Ada beberapa tips sukses berbisnis tepung telur yang perlu Anda ketahui:

1. Membuat Produk dengan Kualitas yang Baik

Membuat produk dengan kualitas yang baik merupakan kunci utama dalam berbisnis tepung telur. Pastikan kualitas tepung telur yang Anda buat benar-benar baik dan sesuai dengan standar yang berlaku.

2. Menjaga Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk sangat penting dalam mempertahankan pelanggan Anda. Pastikan kualitas tepung telur yang Anda produksi tetap baik meski dalam jumlah yang besar.

3. Menentukan Harga yang Bersaing

Menentukan harga yang bersaing menjadi salah satu faktor yang dapat menarik minat konsumen. Akan tetapi, jangan menurunkan harga secara terlalu rendah sehingga membuat keuntungan menurun.

4. Pemasaran

Lakukan pemasaran secara efektif agar produk Anda dapat dikenal oleh konsumen. Anda bisa memasarkan produk tepung telur melalui media sosial, situs web, atau melalui bazar.

5. Inovasi Produk

Anda harus selalu berinovasi mengenai produk yang Anda buat agar tetap menarik minat konsumen. Anda bisa mengembangkan jenis tepung telur yang unik dan menjadi ciri khas dari produk Anda.

Baca juga  Tongseng Ayam Santan Kara

Dalam berbisnis, tentu ada risiko yang harus Anda hadapi. Akan tetapi, dengan analisa bisnis yang matang, kerja keras, dan kreatifitas dalam berinovasi, menjalankan bisnis tepung telur bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Temukan artikel lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *