Telur Cacing Ascaris Lumbricoides

Posted on

Banyak penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kita. Salah satunya adalah cacing gelang atau ascaris lumbricoides. Cacing ini dapat hidup dan berkembang biak di dalam usus manusia dan hewan, dan dapat menimbulkan berbagai gejala yang tidak menyenangkan.

Telur Ascaris Lumbricoides

Gambar Telur Ascaris Lumbricoides

Telur Ascaris Lumbricoides memiliki ukuran sekitar 55-75 mikrometer dan berbentuk oval. Telur ini biasanya ditemukan di dalam tinja manusia yang telah terinfeksi oleh cacing tersebut. Telur ini dapat bertahan hidup di tanah selama beberapa minggu dan kemudian dapat menginfeksi manusia atau hewan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Cara Penularan Ascaris Lumbricoides

Ascaris lumbricoides adalah parasit yang sangat mudah menyebar. Penularannya dapat terjadi melalui makanan atau minuman yang telah tercemar oleh telur cacing ascaris. Selain itu, telur cacing ascaris juga dapat tersebar melalui tanah yang tercemar oleh tinja manusia atau hewan yang terinfeksi.

Gejala Ascaris Lumbricoides

Gambar Stomach Pain

Cacing ascaris dapat hidup di dalam tubuh manusia tanpa menimbulkan gejala yang besar. Namun, jika infeksi berat terjadi, gejala yang muncul dapat meliputi demam, sakit perut, mual, muntah, dan penurunan berat badan. Cacing ascaris juga dapat menyebabkan obstruksi usus atau gangguan pernapasan jika cacing tersebut pindah ke sistem pernapasan.

Pencegahan Ascaris Lumbricoides

Salah satu cara pencegahan infeksi ascaris adalah dengan menjaga kebersihan yang baik. Hindari memakan makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Selain itu, hindari melakukan kontak langsung dengan tanah yang tercemar oleh tinja manusia atau hewan.

Baca juga  Nasi Ayam Crispy Black Pepper Sauce Solaria

Pengobatan Ascaris Lumbricoides

Jika Anda terinfeksi cacing ascaris, dokter dapat memberikan obat-obatan tertentu untuk membunuh cacing tersebut. Obat dikonsumsi dalam beberapa dosis selama beberapa hari hingga cacing benar-benar mati dan dikeluarkan dari tubuh melalui feses.

Jaga kebersihan dan kesehatan Anda, hindari terinfeksi ascaris lumbricoides. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Simak artikel lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *